Bisnis Jasa Hosting yang Inspiratif

Pembaca yang budiman, selamat datang di bisnisjasa.id. Blog yang mengulas tentang seluk beluk dunia usaha di bidang jasa. Bisnis yang selama hampir 15 tahun saya tekuni hingga saat ini. Sebuah proses panjang demi mencari rezeki halal guna mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga.

Saya memang bukan pengusaha besar dengan omzet milyaran rupiah sebulan. Bisnis jasa bengkel las milik saya masih sekelas usaha mikro kecil menengah (UMKM). Tapi saya coba memberanikan diri untuk berbagi info dan pengalaman, baik suka maupun duka selama mengelola bisnis kecil-kecilan di bidang jasa melalui blog ini.

Jujur, awalnya ada perasaan malu untuk berbagi pengetahuan dengan khalayak. Apa sih yang bisa dibanggakan dari pebisnis yang belum sukses? Tapi sebuah moment inspiratif memotivasi saya untuk membuat blog ini. Siapa tahu ada manfaat bagi pembaca.

sumber gambar: rumahweb.com
Inspirasi bermula dari email pemberitahuan yang dikirim oleh Rumahweb Indonesia. Perusahaan jasa layanan hosting tempat saya menyewa domain untuk blog lama saya. Customer service mengumumkan ada lomba ucapan selamat ulang tahun ke 15 perusahaan dengan hadiah domain (dot)id gratis bagi 100 pemberi ucapan pertama di facebook. Hadiah utamanya 10 camera digital.

Saya iseng ikut membuat gambar ucapan selamat dan memostingnya di akun facebook dengan hastag yang telah ditentukan. Dan nama saya termasuk salah satu pemenang hadiah domain gratis. Hanya dalam waktu singkat setelah saya mengkonfirmasi data diri, domain dengan alamat www.bisnisjasa.id ini langsung diaktifkan oleh pihak penyelenggara yaitu rumahweb tanpa syarat belibet.

Sebuah layanan prima bagi konsumen dari perusahaan di bidang jasa.

Ini jadi sumber inspirasi bagi saya. Bahwa memberi bonus kecil buat pelanggan itu secara psikologis menambah nilai lebih pada imej perusahaan. Memang, secara nominal harga sebuah domain itu tidak mahal. Tapi itu cukup membuat konsumen berpikir, “ini lho contoh perusahaan yang bisa dijadikan langganan untuk order berikutnya.”

Satu hal yang tak terpikirkan sebelumnya oleh saya yang sama-sama bergerak di bidang jasa. Strategi jitu yang layak untuk dicoba. Dengan format dan bentuk yang berbeda tentu saja, menyesuaikan jenis bisnis jasa yang digeluti.

Dalam menjalankan usaha jasa, kepuasan pelanggan adalah hal penting, sejajar dengan laba. Jika customer merasa puas dengan pelayanan yang kita berikan, mereka akan memberikan keuntungan berlipat dalam jangka panjang.

Contoh konkritnya seperti hal di atas. Persaingan dalam bisnis jasa penyedia layanan hosting, domain dan pembuatan website di Indonesia cukup ketat. Banyak usaha sejenis bersaing memperebutkan pangsa pasar dengan harga produk jasa yang ditawarkan hampir sama. Tapi soal pelayanan, belum tentu. Sejauh pengalaman saya, rumahweb ini yang terbaik dalam hal pelayanan.

Saya bisa bilang begini karena sebelumnya sudah memakai jasa dari 2 perusahaan hosting berbeda. Jadi bisa membandingkan mana hosting yang bagus. Saya menemukan rumahweb juga dari rekomendasi rekan blogger yang merasa puas dengan layanannya yang fast response.

gambar: rumahweb.com
Kesimpulannya:
“Konsumen yang merasa puas adalah marketing paling handal tanpa harus dibayar”
Mereka akan merekomendasikan bisnis kita pada teman, keluarga atau kolega dengan sukarela. Secara tidak langsung mempromosikan bisnis kita tanpa minta komisi. Dan rujukan dari orang yang mereka kenal secara baik biasanya lebih ampuh daripada iklan apapun. Pelanggan loyal semacam ini juga akan kembali untuk order berikutnya.

Postingan ini bukan review berbayar. Rumahweb tak pernah meminta saya mengatakan hal yang baik-baik saja dengan imbalan tertentu. Mereka sama sekali tak tahu saya menulis ini. Saya melakukannya dengan senang hati karena merasa mendapat inspirasi dari “hadiah kecil” yang mereka berikan.

Semoga postingan ini dan juga artikel-artikel saya tentang bisnis jasa selanjutnya bermanfaat. Syukur kalau bisa memberi inspirasi bagi pembaca yang tertarik memulai dan terjun ke dunia wiraswasta. Sekecil apapun usaha kita, pengusaha itu tetaplah seorang boss. Oke boss?
This Is The Oldest Page
Facebook Comments

0 komentar



This Is The Oldest Page