Broker Skripsi: Bisnis Sampingan Mahasiswa Menggiurkan

Makelar skripsi – Jadi broker / calo skripsi merupakan bisnis sampingan menguntungkan yang cocok bagi para mahasiswa. Hasilnya lumayan untuk menambah uang saku. Bahkan jika ditekuni, bisa menghasilkan income tinggi, lebih dari cukup buat biaya kuliah. Alternatif kerja dan usaha sambilan yang menjanjikan plus menggiurkan

Dikatakan bisnis sampingan, karena broker adalah pekerjaan freelance. Perantara yang menghubungkan client dengan biro jasa pembuatan skripsi. Ini bisa dilakukan oleh mahasiswa – mahasiswi di sela-sela jam kuliah. Artinya, tujuan utama menuntut ilmu di kampus tidak terganggu, usaha juga tetap jalan. Sambil belajar, bisa menghasilkan banyak uang buat modal tabungan masa depan. Lebih asyik lagi kalau ngajak pacar berbisnis bersama. Enak, kan?

analisa kerja / usaha freelance bagi mahasiswa yg menggiurkan

Broker skripsi adalah salah satu contoh jasa makelar yang banyak dibutuhkan dan banyak peminatnya di area sekitar kampus. Analisa untung ruginya, mari kita diskusikan

Bagaimana Prospek Jadi Makelar Skripsi?

Biro jasa pembuatan skripsi adalah jasa yang paling dicari mahasiswa tingkat akhir S1 / S2. Aturan memang menyebutkan bahwa tugas menyusun skripsi, tesis, makalah atau sejenisnya harus dikerjakan langsung oleh mahasiswa bersangkutan. Tapi, rahasia umum membuktikan, banyak yang malas untuk membuat sendiri. Mahasiswa pemalas lebih suka beli skripsi pada pihak ketiga. Apalagi yang kuliah cuma sekedar buat nyari titel sarjana

Ini merupakan peluang emas (atau ironi emas?) yang bisa dikonversikan menjadi kerja usaha sampingan. Terlepas praktek usaha seperti ini dibenarkan atau tidak, yang jelas banyak anak muda sukses menjalankan bisnis jasa pembuatan skripsi.

Pokoknya selagi perguruan tinggi mensyaratkan menyusun skripsi, tesis dan tugas akhir kuliah lain sebagai syarat kelulusan, bisnis ini tetap prospektif. Jadi tak perlu khawatir soal potensi pangsa pasar - Baca juga ide usaha rental persewaan

Apa Keuntungan Jadi Broker Skripsi?

Keuntungan lain dari profesi broker skripsi dan kerja makelar pada umumnya adalah
  1. Tidak perlu pintar menulis, menganalisa, membuat penelitian dsb karena kamu hanya sebagai perantara saja
  2. Tidak terikat jam kerja sehingga tak menganggu kegiatan belajar mengajar di kampus
  3. Kerjanya bebas, tak ada aturan yang mengikat.
  4. Tak butuh tempat khusus. Bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tak ada yang mengontrol, apalagi mendikte. Cocok buat yang tak suka mentaati perarturan.
  5. Tidak ada target khusus. Kamu tak akan dimarahi oleh atasan jika hasil kerjanya tak mencapai target.
  6. Tak perlu memiliki produk sendiri, tak butuh modal besar atau bisa dibilang tanpa modal
  7. Penghasilan tak terbatas. Karena kerja freelance, penghasilannya tergantung hasil yang dicapai. Jadi kalau mau income besar, ya harus usaha lebih giat.
  8. Bisa sambil makelaran produk lain. Jadi mana saja yang kelihatannya bisa dikomersilkan, bisa disabet guna meraup penghasilan  

Bagaimana Tahapan dan Cara Kerja Broker Skripsi?

Yang jadi pertanyaan mungkin begini. “Jangankan membuatkan skripsi orang lain, menulis tugas kuliah sendiri saja malas, Om...”

Jangan khawatir. Jika kamu juga termasuk kategori mahasiswa pemalas, bisa juga kok memanfaatkan fenomena ajaib dalam bidang pendidikan ini. Kamu tak perlu buka biro jasa sendiri. Cukup menjadi broker, makelar or calonya saja. Mudah sekali, bukan?

Caranya, kamu bisa ikuti langkah-langkah ini

1. Tawarkan Kerja Sama Dengan Biro Jasa Pembuatan Skripsi

Datang pada pemilik atau pengelola biro jasa pembuatan skripsi yang kamu ketahui. Tanyakan apakah mereka memberikan imbalan pada perantara? Kalau iya, berapa persen komisi, provisi, fee, uang transport atau apapun kalian menyebut istilah untuk upah broker yang akan kamu terima?

Perjelas juga bagaimana mekanisme atau sistem kerjasamanya. Apakah berdasar prosentase (sistem persenan) atau mereka mematok harga dan kita cari keuntungan sendiri?

Kalau bisa, jangan menawarkan pada satu biro jasa saja. Semakin banyak semakin baik. Biasanya sih untuk menjalin kerjasama seperti ini sangat mudah. Justru penyedia jasa akan senang karena secara marketing, pemasaran mereka terbantu. Jadi kedua belah pihak sama-sama diuntungkan

2. Buat Urutan Ranking Relasi Bisnis

Langkah selanjutnya adalah membuat daftar ranking masing-masing biro jasa yang berhasil kamu ajak kerja sama. Urut berdasar tempat pembuatan skripsi mana yang mau memberi komisi paling tinggi sampai paling rendah.

Urutan pertama, jadikan itu sebagai mitra bisnis utama agar fee yang kamu terima banyak. Jika relasi utama tak sanggup mengerjakan karena kebanyakan job, kamu bisa melemparnya pada relasi bisnis kedua sebagai langkah alternatif. Begitu seterusnya

3. Cari Calon Client

Mencari calon client bisa jadi langkah paling sulit. Sebab, jarang ada mahasiswa yang terang-terangan butuh jasa untuk mengerjakan skripsi atau tugas-tugas kuliah mereka. Gengsi dong jika ketahuan tidak menyusun sendiri dan beli pada orang lain. Untuk menyiasatinya, gunakan bahasa halus saat menawarkan. Pakai istilah ‘jasa pengetikan skripsi’ kedengarannya lebih manusiawi.

Untuk mencari pelanggan, cara-cara berikut bisa dicoba praktekkan:
  • Menawarkan langsung pada mahasiswa tingkat akhir
  • Jadikan teman sebagai co-broker. Beri pembagian fee kalau ada teman yang berhasil membawa client pada kamu. Di sini status kamu sebagai koordinator makelar atau boss-broker
  • Manfaatkan media online untuk mempromosikannya. Lewat sosmed (fb, twitter, instagram, WA, BBM), forum komunitas (kaskus, bersosial, kompasiana, forum-detik, forum-viva), blog dll. Untuk soal ini, kamu pasti sudah paham. Jadi tak perlu diuraikan lagi penjelasan lengkapnya.
  • Pasang banner di sekitar kampus, kos-kosan dan tempat lain yang sekiranya sering ditongkrongi mahasiswa/wi 

4. Pertemukan Client dengan Penyedia Jasa Skripsi

Setelah berhasil mendapatkan calon konsumen, pertemukan dengan penyedia jasa pembuatan skripsi. Sampai di sini tugas kamu sebagai makelar sudah selesai. Untuk urusan teknis tentang konsultasi, menentukan tema judul, revisi dan masalah ribet lainnya sudah diambil alih oleh pihak biro jasa.

Bagaimana kalau pelanggan tahu jika sebenarnya kamu hanyalah perantara alias calo makelar? Sedapat mungkin kamu jalin hubungan akrab dengan karyawan setempat. Kalau perlu, minta mereka mencantumkan nama kamu sebagai salah satu staff bagian pemasaran. Tujuannya agar seolah-olah kamu memang punya kompetensi di bidang yang dibutuhkan konsumen.

Bukankah itu artinya harus berbohong? Tidak juga. Kamu memasarkan produk berupa jasa orang lain, artinya secara tidak langsung kan bekerja untuk orang tersebut? Statusnya saja yang jadi marketing freelance.

Terima Fee - Komisi

Ini nih yang paling ditunggu. Berapa jumlah komisi yang diterima broker skripsi? Tak ada patokan pasti. Tergantung perjanjian antara makelar dengan pihak penyedia jasa. Untuk harga pembuatan skripsi sendiri bervariasi. Tergantung metode penelitian dan tingkat kesulitan. Tapi biasanya untuk produk jasa, feenya cukup tinggi. Antara 5% sampai kisaran 20%.

Jadi, misalnya harga pembuatan skripsinya 5 juta dan perjanjian feenya 20%, maka komisi yang masuk kantong broker adalah:
5.000.000,- x 20 : 100 = 1.000.000,-
Lumayan buat tambah-tambah kebutuhan anak kuliahan. Nah, kalau sebulan berhasil menjaring 10 konsumen, maka 10 juta akan mengalir dalam rekening.

Kesimpulan

Menjadi broker mungkin bukan pilihan tepat bagi mahasiswa. Apalagi institusi pendidikan juga melarang praktek perjokian, dimana memperjual-belikan skripsi / kekayaan intelektual termasuk di dalamnya. Kamu waktu kecil juga pasti bercita-cita jadi dokter, polisi, presiden, insinyur, dosen, pilot serta profesi bonafid lainnya. Tak ada yang punya cita-cita jadi makelar bukan?


Tulisan ini hanya analisa peluang bisnis sampingan dari broker, makelar, calo dan biro jasa pembuatan skripsi. Kayaknya cocok dijalankan mahasiswa sebagai kerjaan freelance atau yang kepepet butuh uang tambahan. Tapi kami tak menganjurkan atau melarang jika kamu berminat mencobanya. Kalian bisa menilai keuntungan dan kerugian bisnis menggiurkan ini. Buat yang lagi nyarikan bisnis sampingan buat mamanya, boleh direkomendasikan artikel ini: Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga.
Facebook Comments

0 komentar