Usaha Jasa Sambilan Ini Cocok Buat IRT

Ide usaha sampingan buat emak-emak. - Halo ibu-ibu rumah tangga yang budiman. Maaf menyita waktunya sebentar. Dalam kesempatan ini admin bisnisjasa.id akan berbagi info ide peluang usaha sambilan skala kecil. Ini bisnis nyata, modalnya kecil, bisa dijalankan sambil momong putra putri di rumah dan hasilnya langsung dapat dinikmati. Bukan bisnis scam yang menjanjikan profit besar selangit tapi harus merekrut sekian puluh member dulu baru cair komisinya.

Jenis-jenis usaha sederhana di bidang jasa ini relatif mudah dan cocok dijalankan oleh kaum istri atau IRT (ibu rumah tangga). Hasilnya juga cukup lumayan buat membantu suami mencari penghasilan tambahan. Hitung-hitung nambah jatah uang belanja harian. Dan yang terpenting jenis usaha ini bisa dilakukan dari rumah sebagai kerja sambilan / free time tanpa meninggalkan peran utama sebagai istri dan ibu bagi anak-anaknya.

Mungkin ibu berpikir untuk memulai bisnis itu harus punya modal besar. Tak selalu demikian, mam. Banyak jenis usaha bisa dijalani dengan modal kecil kok. Dengan cara menyisihkan sedikit uang belanja, kita bisa mencoba berbisnis. Siapa tahu berawal dari usaha sampingan nantinya tumbuh menjadi perusahaan besar. Kan bagus bisa jadi sumber pemasukan serta menciptakan lapangan kerja bagi tetangga samping kiri kanan.
kumpul saat acara arisan PKK sambil ngobrolin soal bisnis
ngumpul sambil ngobrol soal bisnis
Contoh bisnis rumahan yang cocok bagi kaum mama, ibu rumah tangga sebagai usaha sampingan bisa disimak dalam daftar usaha ini:


Jasa Membungkus Kado

Usaha jasa membungkus kado, menghias barang lamaran, mengemas parcel dan pernak-pernik sejenis memiliki peluang yang lumayan. Modalnya cukup ketrampilan tangan dalam seni melipat kertas dan menghias. Peralatan yang diperlukan juga alat sederhana dengan harga terjangkau, seperti: gunting, staples, lem, penggaris, cutter.

Pangsa pasar yang dibidik awalnya tetangga kanan kiri rumah dulu. Jika hasilnya bagus, lama kelamaan orang akan berdatangan untuk membungkus kado ulang tahun ke tempat kita. Ibu juga bisa jalin kerjasama dengan event oraniser yang biasa menyelenggarakan acara pesta. Kalau punya modal besar, bisa dikembangkan jadi bisnis parcel.

Jasa Rias Pengantin Panggilan

Khusus untuk usaha ini memang dibutuhkan keahlian khusus dalam bidang tata rias wajah. Kalau tertarik mendalami bisnis ini, sebaiknya mengikuti les di tempat kursus.

Usaha di bidang kecantikan prospek jangka panjangnya sangat menjanjikan. Karena semua wanita ingin tampil cantik, apalagi dalam moment special seperti pernikahan, wisuda, ulang tahun dll pasti butuh jasa tukang make up panggilan.

Modal yang dibutuhkan guna membeli perlengkapan make up dibawah 5 jutaan. Menabung beberapa bulan pasti terbeli. Tak beratlah kalau mau sedikit berhemat. Tapi kalau ibu ingin mengembangkan usaha jadi salon permanen ya lumayan besar modalnya. Tak masalah, hasil dari usaha tukang rias panggilan bisa dipakai menyicil beli perlengkapan.

Strategi mencari pelanggan bisnis rias pengantin hampir sama dengan usaha catering. Keduanya biasanya memang satu paket dalam kebutuhan pesta.

Jasa Penjahit

Jasa penjahit pakaian juga cocok dijalankan oleh kaum hawa ibu rumah tangga. Anda bisa terima pesanan pembuatan baju – celana untuk pria, wanita, anak-anak, seragam sekolah.

Jasa penjahit potensi pasarnya jelas. Modalnya kecil, hanya butuh mesin jahit dan sambungan listrik. Idealnya sih harus ada mesin obras juga biar pekerjaan lancar. Namun apabila belum mampu beli bisa diatasi dengan cara diobraskan di luar.

Untuk skala lebih besar, ibu bisa mengembangkan usaha dari tukang jahit biasa jadi konveksi besar yang memproduksi pakaian secara massal. Siapa tahu kan dengan “naik pangkat” bisnis konveksi Anda jadi brand internasional macam Lea, Levi’s, Gabrielle dll

Jasa Laundry

Ini bisnis rumahan yang lagi ngetrend di kalangan kaum IRT. Membuka usaha jasa laundry kiloan cocok buat yang tinggal di dekat perkantoran, kampus atau perumahan. Orang yang tak punya waktu untuk mencuci dan setrika sendiri merupakan market empuk.

Modal awal jasa laundry skala kecil masih di bawah 10 jutaan untuk membeli 1 buah mesin laundry. Biaya operasionalnya yang agak lumayan untuk bayar tagihan listrik, air, sabun, pewangi dll. Tapi sepadan dengan keuntungan yang dihasilkan.

Untuk pemasaran juga relatif mudah. Cukup pasang papan nama di depan rumah (tempat usaha) maka warga sekitar akan datang sendirinya. Namun kalau membidik segmen lebih luas ya harus rajin promosi secara offline maupun online dengan memanfaatkan media sosial fb, WA, instagram dll.

Jasa Persewaan Alat Rumah Tangga

alat penyedot debu ini dapat direntalkan
Jika bunda memiliki peralatan rumah tangga yang lengkap, tak ada salahnya mengkomersilkannya. Caranya dengan menyewakan pada pelanggan.

Barang apa saja yang laku disewakan? Kalau sapu lidi, serbet, kemoceng, alat pel dan sejenis itu, semua rumah pasti sudah punya. Buat apa nyewa di tempat lain?

Peralatan yang dibutuhkan tapi tak semua orang memilikinya. Contohnya, vacum cleaner / alat penghisap debu, alat pembersih sofa, alat potong rumput, mesin poles porselen dll. Alat dapur berukuran besar semisal panci, wajan, alat presto, oven, blender juga dibutuhkan pelanggan. Terutama saat mereka punya hajat dan ingin masak sendiri dibantu sanak saudara (dalam istilah Jawa dikenal dengan sebutan sinoman, soyo atau rewangan)

Kalau masih sekedar coba-coba, promosikan saja sama tetangga.Kalau pas lagi ngumpul sama ibu-ibu di acara kumpulan PKK, coba tawarkan. Contohnya dengan kata-kata promosi khas ala emak emak ini: ” Eh, Jeng... tahu nggak, saya nyewain alat rumah tangga lho. Kalau butuh, nyewa punya saya saja. Tenang, khusus ibu-ibu di RT sini diskon besar deh. Trus, kalau ibu merekomendasikan pada orang lain dan deal, nanti saya kasih komisi sekian persen.”

Keuntungan menyewakan alat rumah tangga, selain bisa dipakai sendiri, hasilnya juga lumayan lho. Coba deh, kalau sudah merasakan profitnya, pasti pingin menambah item barang buat dijadikan rental alat rumah tangga profesional

Untuk ide usaha di bidang jasa rental barang lain, silahkan melongok di ulasan sebelumnya: 100 ide bisnis rental penyewaan. Kalau bingung dalam menghitung tarif sewa, tak tahu mematok berapa harga sewa yang pantas, mangga intip trik ini: Cara menentukan harga sewa barang

Jasa Les Anak SD

Tahukah ibu, lembaga bimbingan belajar terkenal Primagama itu awalnya di dirikan di teras rumah dengan modal awal 300 ribu rupiah? Itu bukti nyata kalau jasa les-lesan ternyata punya prospek cerah.

Jika lingkungan sekitar tempat tinggal bunda mayoritas penghuninya sibuk, maka peluang pasar membuka jasa les private terbuka lebar. Oang tua yang tak punya banyak waktu mengajari anak, akan mengeleskan anaknya pada penyedia jasa les.

Teras rumah atau ruang tamu bisa dimanfaatkan untuk menampung murid SD. Jadi tak perlu keluar modal banyak.

Agar waktunya tak berbenturan, buat jadwal bergiliran antara jam untuk anak kelas 1-3, kelas 4-5 dan kelas 6. Ibu bisa menjadi tenaga pengajar sendiri atau memanggil guru les ke rumah. Para mahasiswa semester tengah dan akhir biasanya bersedia dibayar miring untuk membimbing peserta les.

Kami menyarankan les anak SD dulu karena materi pelajarannya masih gampang. Nanti setelah usahanya berkembang, bisa nyewa tempat dan membuka bimbel profesional seperti Primagama, Neutron College dll. Kalau sudah punya ruang kelas memadai, baru buka kelas les kursus setingkat SMP, SMA dan kursus keahlian.

Jasa Catering Rumahan

penataan yang rapi dan kelezatan masakan jadi kunci sukses katering

Secara teknis bisnis kateringan bukan hal sulit bagi kaum wanita. Kan tiap hari sudah berkutat memasak di dapur. Ibu dapat menerima pesanan nasi kotak, nasi bungkus, catering harian / ratangan buat karyawan atau menu masakan untuk acara resepsi pernikahan, pesta ulang tahun, aqiqah dll.

Bisnis di bidang kuliner sejenis jasa catering termasuk jenis usaha yang prospeknya menjanjikan sepanjang masa. Karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia. Memang tingkat persaingannya sangat tinggi. Tapi jika hasil masakan Anda lezat mantap dan mematok harga miring, bukan hal sulit untuk tetap survive dalam kondisi apapun.  

Cara memasarkannya secara lengkap bisa ibu lihat pada postingan sebelumnya berjudul: Trik pemasaran katering  
///_^

Itu tadi beberapa contoh usaha nyata yang sekiranya cocok buat dijadikan bisnis sambilan para kaum wanita IRT. Tentunya masih banyak alternatif jenis usaha sampingan lain. Misalnya bisnis online: jadi reseller dropshipper kosmetik, jualan produk fashion di instagram, buka toko kelontong, jualan jajanan anak serta banyak lagi. Kalau dikupas semua, semalaman tak akan kelar J

Penutup

Sebagai istri, tugas utama seorang ibu rumah tangga –biasa disingkat IRT- adalah mengurus pekerjaan rumah. Nyapu, ngepel, bersih-bersih, masak di dapur, nyuci baju, nyeterika, momong anak serta seabreg rutinitas lain. Sedangkan kewajiban suami mencari nafkah dengan bekerja sebagai pegawai kayawan atau berwiraswasta untuk mencukupi kebutuhan keuangan keluarga.

Tidak ada yang salah dengan tradisi tersebut. Untuk menuju keluarga yang sejahtera, suami istri memang harus berbagi tugas. Namun tak ada salahnya kan jika IRT juga berpartisipasi menyelesaikan masalah ekonomi keluarga. Salah satu caranya ya berusaha, coba-coba menjajaki bisnis yang sekiranya cocok. Daripada waktu luangnya dihabiskan buat ngerumpi, melamun, chattingan gak jelas kan? Mending dimanfaatkan mengerjakan hal yang positif dan memberi manfaat.

Memang, tak ada bisnis yang 100% mudah. Termasuk juga contoh jenis usaha sambilan buat kaum IRT di atas. Teorinya sangat gampang. Tapi untuk menyulap usaha sampingan menjadi bisnis besar dengan profit milyaran, tak cukup dilakukan sambil lalu. Harus ditekuni sungguh-sungguh. So, tetap full spirit dan buktikan bahwa “the power of emak-emak” dalam berbisnis bukan sekedar mitos. Oke mom?

Facebook Comments

0 komentar