7 Kriteria Jasa Catering yang Bagus

Bisnis Jasa- Cara memilih jasa katering yang berkualitas bagus untuk acara resepsi pernikahan, pesta ulang tahun, aqiqah, seminar dll memang gampang-gampang susah. Karena semua penyedia jasa catering pasti mengklaim usahanya yang paling bagus, terbaik dan aman terpercaya. Namanya juga bahasa promosi, pasti keunggulan yang ditonjolkan. Kenyataan? Buktikan dulu...
tips cara memilih jasa catering yang baik untuk acara resepsi pernikahan

Jadi bigung pilih catering mana yang paling baik? Tenang, sebelum menentukan perusahaan katering mana yang akan kita pakai, yuk kenali kriteria jasa catering yang bagus itu bagaimana. Biar tidak salah pilih. Karena kesalahan memilih jasa penyedia aneka menu masakan, bisa membuat acara yang kita gelar jadi berantakan.

Ini dia 7 kriteria atau ciri-ciri usaha jasa catering yang baik. Recomended buat yang sedang mencari tempat pesan paket menu makanan, minuman guna disajikan pada para tamu undangan pesta. Atau bagi karyawan dan anak kost yang mencari catering harian berlangganan (rantangan).

Kriteria 1: Rasa masakannya enak

Tips memilih katering yang tepat adalah dengan cara mencicipi rasa masakannya. Jika lidah kita berdecap akan kelezatannya, masukkan dalam daftar pilih. Tapi bila rasanya kurang enak, abaikan saja. Kalau lidah kita saja tidak cocok, kemungkinan tamu Anda juga punya penilaian sama.

Anda bisa survey cita rasa dari berbagai acara yang Anda hadiri. Misalnya pas kondangan di resepsi pernikahan teman dan merasa hidangannya lezat, Anda bisa minta kartu nama pada si penyedia jasa catering tersebut. Atau bisa tanya pada si tuan rumah dimana dia pesan makanan tersebut.
 
Anda bisa juga pesan katering dari rumah makan langganan yang biasa Anda datangi. Biasanya restoran, rumah makan atau warung juga melayani pesanan untuk acara pesta. Cara ini paling direkomendasikan karena rasa masakan dari rumah makan relatif lebih stabil, tidak berubah-ubah. Soalnya dimasak oleh koki yang tiap hari bekerja memasak makanan yang sama

Kriteria 2: Direkomendasikan oleh banyak orang

Perusahaan katering yang direkomendasikan banyak orang, biasanya memenuhi kriteria sebagai penyedia jasa katering yang bagus. Rasa makanannya enak, harganya murah, pelayanannya memuaskan serta profesional.

Caranya, kita tanya pada pelanggan atau orang-orang yang pernah pesan di sana. Atau cari informasi usaha katering bersangkutan di sosial media atau googling di internet. Ketik nama perusahaan dan nama kota dimana katering tersebut berada di pencarian disertai kata memuaskan atau mengecewakan. Contoh: “katering A Jakarta memuaskan atau mengecewakan?”

Dari situ kita bisa melihat komentar-komentar pelanggan apakah banyak yang merasa puas atau sebaliknya, kecewa berat. Ya, meskipun cara ini tidak bisa menjamin 100% untuk mengukur kualitas usaha katering tersebut benar-benar bagus. Setidaknya bisa jadi bahan pertimbangan dalam memilih jasa katering yang baik

Kriteria 3: Sudah lama beroperasi dan ternama

Biasanya usaha yang sudah lama berdiri dan terkenal memiliki kualitas memadai. Bukan berarti usaha katering yang baru berdiri seumur jagung itu tidak berkualitas. Banyak juga kok pendatang baru di dunia bisnis kateringan dikelola secara profesional. Tidak kalah soal mutu masakan serta pelayanan prima

Namun dari segi pengalaman, setidaknya pemain lama sudah tidak diragukan lagi dalam menerima pesanan masakan dari pelanggan. Sehingga jika terjadi sedikit masalah, mereka akan cepat tanggap mengendalikan keadaan.

Contohnya, saat tamu undangan pada acara pernikaan tenyata melebihi perkiraan. Tuan rumah pasti bingung dan pesan menu tambahan secara mendadak.

Pengusaha catering pemula mungkin akan bingung menghadapi situasi seperti ini. Kan masak itu butuh proses, tak secepat mengucap bim salabim. Tapi bagi pengelola yang berpengalaman, itu bisa diatur. Dengan memanfaatkan relasi bisnisnya, mereka akan cepat memenuhi permintaan dadakan.
Dan ini akan memberi rasa tenang pada konsumen

Kriteria 4: Pelayanannya bagus dan memuaskan

Kriteria pelayanan memuaskan itu jika memenuhi 4 syarat utama. Yaitu kecepatan, ketepatan, keramahan dan kenyamanan. 4 hal inilah yang diharapkan konsumen terhadap penyedia jasa. Uraian Selengkapnya bisa dibaca: Pelayanan prima terhadap pelanggan

Cara gampang untuk menilai apakah pelayanan jasa katering tersebut  baik atau tidak, kita bisa mengetesnya dari awal. Coba datang ke kantornya, hubungi lewat telpon atau whatsApp dan pura-pura jadi calon pelanggan yang super cerewet.

Jika pemilik atau customer servicenya melayani setiap pertanyaan Anda dengan bahasa yang ramah dan sopan, berarti kesan pertama sudah baik. Sebaliknya, jika mereka menanggapi pertanyaan menjengkelkan Anda dengan ketus, langsung menutup telepon atau mengabaikan chat kita... Ya, nilai sendiri pelayanan macam apa itu?

So, bagi para pengelola jasa katering, jangan mudah terpancing emosi dengan calon konsumen yang cerewet, menanyakan hal yang sudah dijelaskan secara berulang-ulang atau hal menjengkelkan lain. Layani saja dengan ramah. Bisa jadi itu calon konsumen yang menyamar pura-pura o’on untuk menguji pelayanan Anda. Yang sabar ya boss...

Kriteria 5: Berani memberi garansi dan kompensasi

Pilih jasa katering yang berani memberikan garansi dan kompensasi jika tidak sesuai perjanjikan. Misalnya sisa pembayaran tidak usah dibayar jika ternyata masakan yang dikirim tidak tepat waktu. Jaminan uang kembali jika ternyata jenis masakan yang dikirim tidak sesuai pesanan. Akan menanggung biaya pengobatan jika masakannya menyebabkan keracunan pada tamu undangan

Penyedia jasa yang berani memberi jaminan seperti ini layak diperhitungkan untuk dijadikan pilihan utama. Mereka pasti akan berusaha menyajikan yang terbaik. Sebab jika tidak, akan rugi membayar kompensasi atas keteledorannya. Seandainya terjadi, mereka juga akan berpikir 1000 kali untuk mengingkari. Bisa tambah rugi besar jika hal itu dishare di sosial media.

Kriteria 6: Memiliki banyak variasi menu masakan
Variasi makanan dan minuman yang disediakan akan memberikan pelanggan banyak pilihan memesan masakan sesuai selera. Contoh: Ada konsumen dari Jogja pesan gudeg, siap! Ada orang Padang pesan menu rendang, oke! Ada tacik asal Cina pesan paket capcay, no ploblem! Ada tuan Thakur ingin pesan masakan India, acha-acha!

Beberapa perusahaan katering besar di Jakarta, Surabaya, Bandung dll mempunyai menu andalan tersendiri. Tapi mereka juga menyediakan menu khas dari berbagai daerah atau negara secara lengkap. Ini untuk mengakomodasi keinginan semua orang dari berbagai golongan. Sehingga bisa menyasar pangsa pasar yang luas.

Catering serba bisa ini sangat cocok untuk melayani langganan bulanan. Dengan banyaknya pilihan, menu makanan yang dikirim tiap hari dari pagi, siang sampai malam bisa berbeda-beda. Sehingga pelanggan tidak bosan makan itu-itu melulu.

Kriteria 7: Menggunakan bahan berkualitas sesuai standart kesehatan

Jasa katering yang baik, hanya akan memasak bahan makanan yang memenuhi standart kesehatan. Mulai dari beras, sayur, daging, telur, ikan dan bumbu untuk meracik masakan mengedepankan aspek gizi dan kualitas. Peralatan masak seperti kompor, wajan, dandang, piring, sendok harus terbuat dari bahan yang tidak mudah terkontaminasi dengan makanan. Jadi hasilnya benar-benar higienis dan terjaga kebersihannya.

Saat memesan, usahakan mengintip isi dapurnya dulu. Dari tampilan perabotan dapurnya pasti langsung ketahuan hasil masakannya layak dikonsumsi atau tidak. Kalau melihat tempat masaknya saja sudah terlihat jorok, bagaimana hasil masakannya? Membayangkan saja bisa bikin perut terasa mual.


Nah itu tadi 7 ciri-ciri atau kriteria dari usaha jasa catering yang berkualitas. Ketujuh unsur tadi bisa kita jadikan tolok ukur dalam memilih jasa katering yang kualitasnya bagus. Tapi tentu saja mutu berpengaruh terhadap harga. Maunya sih mendapatkan harga murah tapi bermutu tinggi. Ya, kalau saya sih ingin yang bagus dan gratis!

Semoga info dan tips sederhana ini bermanfaat. Memberikan solusi bagi calon pelanggan dalam memilih dan menentukan jasa katering yang bagus. Mengedukasi pada pengusaha jasa di bidang kuliner agar memberikan layanan terbaik sesuai kebutuhan pelanggan. Mana pilihan terbaik Anda?
Facebook Comments

0 komentar