Sikap dan Ucapan Bos Ini Bikin Sebel Karyawan

Kata-kata, ucapan dan sikap boss yang tidak pantas pada karyawan ini harus dihindari oleh pimpinan perusahaan (pengusaha). Karena bawahan juga manusia yang punya hati dan perasaan. Mereka bisa tersinggung, sebel, jengkel, sakit hati dan marah jika diperlakukan kurang manusiawi oleh atasan.

Memang, pegawai kadang melakukan kesalahan dalam bekerja. Dan sudah jadi kewajiban seorang atasan (direktur, manajer, kepala bagian, mandor, pemilik perusahaan) untuk menegur dan menasehati bawahannya. Namun tak perlu menggunakan kata-kata kalimat kasar yang bisa menyinggung perasaan untuk menegurnya. Ucapan tak pantas justru berdampak kurang baik

Inilah sikap dan ucapan menyebalkan bos (atasan) yang bikin sakit hati karyawan (bawahan). Tapi sebelum mengupas tindakan dan kata-kata juragan yang bikin kuping panas dan sebel anak buah, sebaiknya kita ketahui dulu apa efek negatif dari sikap kelewat batas tersebut

Dampak buruk dari sikap dan ucapan atasan yang tidak manusiawi terhadap bawahan

Ada 3 pihak yang dirugikan akibat kesalahan yang dilakukan seorang bos dalam bersikap dan bertutur kata terhadap karyawannya. Pertama: diri sendiri. Kedua karyawan, bawahan atau pegawainya. Dan ketiga: perusahaan miliknya atau organisasi bisnis yang dipimpinnya. Terkait: Kebiasaan buruk yang harus dihindari pebisnis
 

Dampak negatif bagi atasan itu sendiri

  1. Dibenci dan dimusuhi oleh bawahannya sendiri secara sembunyi-sembunyi
  2. Wibawanya sebagai atasan jatuh dimata bawahannya. Mereka cenderung pura-pura menaruh rasa hormat di depan tapi meludah di belakang
  3. Digunjingkan tidak baik oleh karyawan sehingga jika ada pihak luar yang mendengar, beresiko menjatuhkan kredibilitasnya di masyarakat
  4. Membahayakan keselamatan diri sendiri dan keluarganya jika bawahan yang dendam berbuat nekad. Ingat, banyak kasus kejahatan berawal dari motif rasa dendam dan sakit hati 

Efek negatif bagi karyawan

  1. Semangat kerja karyawan turun. Mereka jadi malas bekerja karena merasa hasil jerih payahnya tidak dihargai sama sekali
  2. Membuat karyawan merasa tidak nyaman dan tidak betah sehingga berusaha melamar ke tempat lain. Atau sibuk berpikir keras bagaimana cara berbisnis sampingan bagi karyawan yang bisa dilakukan sambil bekerja sehingga jika hasilnya besar, bisa langsung resign.
  3. Karyawan jadi minder, tidak percaya diri
  4. Karyawan merasa tertekan sehingga tidak bisa fokus terhadap pekerjaannya
  5. Kreatifitas karyawan tidak berkembang karena takut salah dan dimarahi
  6. Membentuk mental penjilat bermuka dua, suka cari muka dan saling fitnah / menjatuhkan antar sesama karyawan. Di depan bos, pada sok sibuk dalam bekerja. Tapi dibelakang, suka mencibir
  7. Membuat suasana kantor jadi kurang kondusif. Masing-masing karyawan bekerja penuh ketegangan seolah duduk di atas bom waktu

Akibat buruk terhadap perusahaan

  1. Kerjasama dan komunikasi antar karyawan dan antar divisi perusahaan kurang lancar karena masing-masing ingin terlihat menonjol dan saling melempar tanggung jawab
  2. Akibat dari koordinasi yang kacau balau, kegiatan usaha jadi terganggu
  3. Biaya produksi dan operasional perusahaan jadi membengkak karena waktu kerja terpangkas untuk menyelesaikan masalah teamwork
  4. Karena biaya operasional tinggi, otomatis laba keuntungan usaha berkurang
  5. Sikap pimpinan perusahaan yang bikin karyawan sakit hati
  6. Mungkin para bos besar pemimpin perusahaan tidak sengaja atau tidak menyadari bahwa sikapnya selama ini sangat menyebalkan bagi karyawannya. Maklum, tidak ada orang yang berani mengkritik, menyindir, mengingatkan maupun menasehati bahwa apa yang dilakukan tersebut salah. Sehingga si boss berpikir sikapnya tersebut sudah benar

Contoh sikap atasan (Bos) yang dibenci dan bikin sebel bawahan

Nah, apa saja sikap, tindakan dan tingkah laku yang tidak pantas dilakukan oleh atasan terhadap bawahannya? Berikut adalah contoh kecil yang biasa terjadi di kantor
  1. Tidak adil, pilih kasih. Contohnya, terhadap karyawati yang berparas cantik bersikap manis. Tapi pada yang mukanya (maaf) jelek, sikapnya masam persis kayak jeruk purut dicampur cuka
  2. Otoriter. Kalau ngomong tak bisa dibantah, seolah dia yang paling benar layaknya raja memberi titah pada hambanya. Di jidatnya seolah tertulis serangkaian kalimat: “warning! Tidak menerima kritik dan saran!”
  3. Arogan, sombong, congkak, angkuh. Suka merendahkan orang lain seolah dialah manusia paling hebat di dunia ini.
  4. Pelit bin medit alias terlalu perhitungan. Misalnya, tak memberikan uang lembur. Tidak pernah kasih uang THR. Tak pernah memberi sumbangan pada karyawannya yang sedang kesusahan. Tidak mau memberi kasbon. Memotong gaji seenaknya dan lain sebagainya
  5. Terlalu kepo, sok mau tahu urusan pribadi karyawannya yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan pekerjaan.
  6. Suka marah tanpa sebab yang jelas. Suka melampiaskan kekesalan pada karyawannya di kantor. Habis bertengkar sama istri, office boy yang diomeli. Tim bola kesayangannya kalah, sekretaris yang jadi sasaran
  7. Suka mengkambing-hitamkan bawahan atas kesalahan yang dilakukannya sendiri.
  8. Suka memecat karyawan seenaknya sendiri. Bahkan untuk kesalahan kecil saja dia tak segan membubuhkan tanda tangan surat pemberhentian, tanpa pesangon lagi
  9. Selalu datang terlambat alias ngaret saat meeting
  10. Membebankan target yang tidak masuk akal. Contohnya: memberi target penjualan 2 trilliun perbulan, padahal omzet produk yang dijual nilainya tak sampai 1 milliar. Maklum, produk yang dipasarkan itu tahu bulat. Ini hanya misal loh ya...
  11. Suka memerintah diluar tugas yag semestinya. Misal, menyuruh staff keuangan untuk membelikan gorengan. Menyuruh pegawai bagian mareting untuk menjemput selingkuhannya. Dan masih banyak tugas absurd lainnya.
  12. Pak boss yang suka genit pada karyawati yang cantik. Entahlah, ini termasuk sikap menyebalkan atau malah menyenangkan ya?

Kata-kata atau ucapan menyakitkan pimpinan yang bikin sakit hati karyawan

  1. Sering berkata kasar. Misalnya kata-kata (maaf) gundulmu!, matamu!, embahmu! goblock! bodo! Dan sebangsanya ini: “Mengerjakan tugas begini aja tidak becus, dasar bego lu!”
  2. Suka memaki-maki. Maaf, khusus untuk kata-kata ini kami tak berani kasih contoh. Silahkan cari sendiri kosa kata yang termasuk dalam jenis ini
  3. Suka menyindir dengan kata-kata kalimat ucapan nyelekit yang bikin hati jleb!!. Seperti: “wah, hasil kerjamu kok begini? Dulu pernah sekolah di TK mana?”
  4. Suka membanding-bandingkan dengan prestasi karyawan lain. Misalnya: “contoh itu si Rosa, kalau kerja bla bla bla....”
  5. Anti mengucapkan kata “tolong” dan “terima kasih” saat memberi perintah
  6. Silahkan cari contoh kalimat menyakitkan lain dari boss kalian ya. Soalnya kalau ditulis semua disini, tak pantas untuk dibaca

Bagi karyawan, semoga bos Anda tidak demikian. Bagi bos, semoga Anda tidak termasuk pengusaha yang dibenci karyawannya. Manusia tidak ada yang sempurna. Sesekali khilaf dan melakukan sikap serta ucapan tidak pantas, itu manusiawi. Tapi jangan dijadikan kebiasaan. Reputasi buruk seorang pebisnis di mata bawahannya itu bisa menghancurkan diri sendiri serta bisnis yang susah payah kita bangun dari 0.

Demikian beberapa sikap, tindakan, kata-kata dari bos atau pimpinan yang bikin sebel en sakit hati bawahan. Buat pengusaha, kelakuan dan ucapan kasar seperti ini sebaiknya dihindari. Sebab karyawan adalah salah satu aset utama bagi pebisnis. Jadi seharusnya dijaga, mengayomi, memotivasi, menginspirasi dan memberi contoh yang baik bagi pegawai, bukan sebaliknya. Seperti dalam artikel ini: kata-kata atasan untuk memotivasi semangat kerja karyawan.
Facebook Comments

0 komentar