Cara Jitu Jualan Produk Wanita Laris Manis

Cara memasarkan dan menjual produk barang / jasa pada kaum wanita, khususnya ibu-ibu rumah tangga itu kata sebagian sales penjualan merupakan pekerjaan susah-susah mudah. Apalagi bagi pebisnis pemula yang belum punya pengalaman marketing. Butuh strategi jitu agar jualan online maupun offline produk kebutuhan wanita yang ditawarkan laris manis diserbu pelanggan
strategi promosi pemasaran bisnis produk cewek paling efektif
sale! produk paling dicari kaum wanita
Karena meskipun terkenal sebagai makluk yang hobi belanja, cewek juga dikenal suka ribet dalam urusan memilih produk yang hendak dibeli. Apalagi menyangkut barang keperluan mereka sendiri. Itu kalau kita tidak tahu rahasia menaklukkan hati wanita. Kalau sudah menemukan kelemahannya, jangan tanya berapa keuntungan yang bisa diperoleh dari peluang usaha menjalankankan bisnis dagang produk wanita ini

Lalu bagaimana strategi promosi, pemasaran serta cara menjual produk dan jasa kebutuhan wanita yang efektif? Ini tips jitu cara sukses jualan produk wanita di online shop, toko konvensional atau direct selling. Contoh barang dan jasa dengan target penjualan kaum ibu rumah (IRT), wanita karier, waria dan remaja putri diantaranya adalah:
  1. Produk fashion dan aksessoris wanita -> pakaian, tas, sepatu, hijab, kalung, gelang
  2. Kosmetik -> alat make up, bedak, lipstik, parfum, krim pemutih kulit wajah serta produk kecantikan wanita lain
  3. Jasa di bidang perawatan kecantikan wanita -> contoh: klinik kecantikan, salon rias wajah, salon rambut, jasa body spa serta jasa bidang lain yang banyak dibutuhkan wanita seperti butik, laundry, katering, kursus masak, les rias pengantin dsb
  4. Produk kesehatan -> obat pelangsing, alat terapi kesehatan
  5. Alat masak -> contohnya panci, wajan, kompor, piring, kitchen set serta peralatan dapur lain
  6. Perlengkapan perabot rumah tangga -> meja, kursi sofa, rak, seprei, taplak, tirai, mesin cuci, hiasan rumah serta peralatan rumah tangga sejenis
Cari dan sebutkan sendiri contoh produk yang biasa dicari dan berhubungan erat dengan kehidupan sehari-hari kaum perempuan. Saya kan pria sejati, tugasnya hanya membayar saja. Jadi silahkan pilih mana yang kamu suka. Asalkan... harganya jangan terlalu mahal! hehehe... Baca juga bisnis sampingan yang cocok bagi ibu rumah tangga

Tips 1: Kenali pola belanja kaum wanita

Langkah pertama yang penting sebelum memasarkan produk kebutuhan wanita adalah kita harus paham betul apa yang disukai dan tidak disukai kaum hawa saat belanja. Dari sini kita bisa menyusun strategi yang tepat agar barang dagangan fashion, kosmetik, jamu pelangsing serta produk keperluan wanita yang kita jual laris manis

Hal ini terkait dengan sifat karakteristik kaum perempuan dalam menentukan barang atau jasa yang ingin mereka beli. Pola perilaku kaum ibu dan remaja putri saat belanja yang “bikin susah sekaligus senang” para penjual yang memasarkan produk kebutuhan wanita itu contohnya adalah:
  1. Suka pada merek yang memberikan banyak pilihan varian produk yang ditawarkan meskipun sebenarnya dia sudah punya gambaran produk yang cocok dengan seleranya -> model, warna, harga
  2. Suka membanding-bandingkan harga produk yang satu dengan yang lainnya
  3. Cenderung mencari harga paling murah dengan kualitas paling bagus
  4. Suka dengan event diskon, big sale, cuci gudang, obral, harga coret serta kata-kata istilah yang berkonotasi iming-iming potongan harga murah lain
  5. Mudah tergoda dengan produk menarik yang kadang tidak terlalu penting untuk dibeli
  6. Bangga membeli produk yang membuat mereka nampak spesial serta bisa “dipamerkan” pada teman, tetangga dan komunitasnya

Kebiasaan kebanyakan wanita (tidak semuanya) inilah yang bikin para bapak atau kaum cowok jadi malas kalau disuruh menemani istri atau ceweknya belanja di mall. Mau beli gayung saja harus keliling pusat perbelanjaan selama berjam-jam. Sudah gitu, yang dibeli sering jauh dari yang direncanakan. Dari rumah niatnya beli sabun mandi doang, pulangnya bawa baju, tas, sepatu dan martabak!

Tips 2: Jual produk yang memanjakan perempuan

Tips buat produsen / perusahaan yang bergerak di bidang industri pembuatan barang kebutuhan wanita. Jika ingin produk yang Anda jual laris manis diserbu pelanggan perempuan, buatlah produk seperti kriteria yang diinginkan kaum emak-emak di atas

Sedangkan bagi pemilik toko konvensional dan online shop (internet marketing), ketepatan memilih produk yang dijual akan mempermudah kita dalam promosi, memasarkan dan menggaet pelanggan. Maka carilah produsen / supplier yang menyediakan produk sesuai kriteria yang “memanjakan” mereka.

Dari gambaran umum pola perilaku belanja kaum perempuan di atas, bisa kita analisa dan simpulkan:
“Produk kebutuhan wanita yang bakal laris terjual itu ciri-cirinya: murah, berkualitas, menarik, memuaskan dan membanggakan”
Bagaimana cara kita tahu produk seperti apa yang mewakili harapan sebagian pelanggan wanita tersebut?

b. Lakukan survey

Melakukan survey pasar secara menyeluruh wajib dilakukan oleh produsen. Dan itu pasti butuh waktu dan biaya tidak sedikit untuk mengetahui produk seperti apa yang paling dibutuhkan konsumen sesuai segmentasi pasar yang dibidik

Tapi bagi pedagang tingkat reseller, ada cara mudah untuk melakukan survey pasar. Misalnya kamu ingin jualan online produk kecantikan. Cobalah survey di toko kosmetik yang menyediakan produk paling lengkap. Perhatikan, produk apa yang paling menarik minat pengunjung?

b. Berpikirlah sebagai konsumen

Posisikan diri kita sebagai konsumen yang ingin membeli barang atau jasa yang kita butuhkan

Misalnya kita ingin terjun jualan produk fashion wanita. Cobalah browsing di online shop besar semacam lazada, blibli, zalora atau marketplace seperti tokopedia, bukalapak dll yang memajang foto produk pakaian. Model dan merk baju apa yang menarik minat kamu untuk membelinya?

Cara ini mungkin tidak akan efektif jika kamu punya selera fashion yang ketinggalan jaman. Tapi setidaknya memberi gambaran contoh produk yang sekiranya laku dipasarkan

Tips 3: Display dagangan anda semenarik mungkin

Cara ketiga agar jualan produk yang berhubungan dengan wanita laris manis adalah dengan mendisplay atau memajang produk tersebut semenarik mungkin. Apalagi jika Anda menyasar target pembeli dari kalangan kelas menengah ke atas

Ini terkait karakteristik wanita yang mudah tergiur dengan sesuatu yang terlihat cantik, bagus, elegan dan menarik perhatian. Bisa jadi cewek yang semula iseng melihat-lihat, “terjerumus” untuk membawanya pulang. Beli maksudnya, bukan ngutil

a. Tips mendisplay produk di toko online yang baik

Jika anda menjual di onlineshop sendiri, pilih tampilan website yang menarik. Tampilkan foto dari produk yang kita jual dengan angle serta kualitas gambar yang bagus. Jangan pasang foto buram yang bikin sakit mata orang yang melihatnya. Atur supaya foto produk kita terlihat menonjol dibanding fitur lainnya

Pastikan foto tersebut benar-benar menampilkan gambar produk yang kita jual. Misalnya kita jual baju gamis. Jangan karena kita tak mau repot mengupload foto sendiri lantas main comot foto Nagita Slavina yang kebetulan pakai baju gamis dari google. Selain karena beresiko kena komplain pelanggan karena gamis yang mereka beli tidak sama dengan difoto, kita juga bisa dituntut karena melanggar hak cipta pemilik foto tersebut. Ingat, yang kita jual itu pakaian, bukan gambar poster!

Lengkapi foto produk kamu dengan spesifikasi serta harga yang jelas. Pasang juga fitur yang memudahkan pelanggan mengkalkulasi ongkos kirim ke tempat tujuan. Contohnya memasang tools form dari Tiki atau JNE

Anda bisa mencontoh tampilan online shop terkenal untuk membuat desain web toko online yang menarik

Jika Anda jualan di sosmed atau marketplace, yang bisa Anda lakukan adalah mengupload foto menarik serta yang paling penting, cantumkan harga yang bersaing. Jika harga yang Anda tawarkan kalah bersaing, sebaiknya jangan terlalu berharap banyak bakal dapat order dari market place. Ini tempatnya perang harga, ladies!

b. Tips mendisplay toko offline yang menarik

Jangan baca tips ini jika kamu punya asumsi: itu pedagang di pasar Senen menumpuk barang dagangannya begitu saja tapi ramai pembeli. Ngapain repot mendisplay segala? Tapi jika kamu jualan di mall, masalah display sangat penting. Jika pengaturan tata letak kamu samakan dengan di pasar tradisional untuk menjual produk apa saja, apalagi barang kebutuhan wanita, jangan harap ada yang beli

Usahakan mendesain layout toko kamu sedemikian rupa sehingga:
Terlihat menonjol dari toko lain di sekitarnya -> Kamu bisa mengecat dinding toko dengan warna cerah, pasang papan nama, neon box, neon sign dengan desain cantik dan unik
  1. Produk terlihat jelas dari luar toko -> pasang kaca. Jika kamu jual baju, pajang boneka dengan setelan model baju yang lagi ngetrend
  2. Pasang tulisan diskon sampai dengan sekian % (jika memang lagi diskon) atau harga 99.999,- ribu untuk menarik minat pengunjung
  3. Beri kesan luas -> Tempatkan barang yang dijual dengan jarak ideal. Jangan terlalu sempit sehingga pelanggan merasa nyamak (tidak sumpek)

Kamu bisa menyontek tampilan toko lain dan memodifikasi tata ruang / layoutnya sehingga tampil lebih menarik

c. Tips mendesain tempat usaha jasa kebutuhan wanita

Jika kamu tertarik buka bisnis butik, salon kecantikan, klinik kecantikan, tempat spa serta bisnis jasa untuk memanjakan wanita, faktor kenyamanan harus diutamakan dalam mendesain ruangan.

Ruang berAC, musik melow, tempat duduk nyaman, suasana tenang merupakan faktor penting yang membuat para wanita berpikir ulang untuk pindah ke tempat perawatan lain. Faktor lain seperti pelayanan prima, harga terjangkau dan lainnya tentu saja juga penting

Tips 4: Jangan segan memuji dalam melayani

Wanita mana yang tak senang kalau dipuji? Jadi jangan segan untuk bernasa-basi dengan kata-kata pujian pada pelanggan. Kata-kata pujian yang umum saja, jangan terlalu lebay.
  • Contoh kata-kata pujian untuk pelanggan yang ingin beli perhiasan. “Gelang ini kalau dipadukan dengan kalung yang ini pasti membuat mbak terlihat makin cantik. Cobain deh”
  • Contoh kata-kata memuji wanita yang ingin membeli pakaian, “baju ini membuat ibu tampil anggun. Bapak pasti terpesona melihatnya.”
  • Contoh kalimat pujian untuk pelanggan habis dirias di salon kecantikan, “ya ampun cantik sekali, jeng.”
  • Contoh kalimat promosi sekaligus memuji calon pembeli produk pelangsing. “Ini produk herbal yang dijamin aman dan ampuh. Coba deh minum dan lihat beberapa minggu. Hasilnya pasti bikin mbak terlihat lebih ramping dan cantik mempesona.”
  • Contoh kata pujian untuk pembeli krim pemutih kulit. “Wah, sekarang kulit jeng Shinta terlihat lebih cerah merona lho setelah memakai produk ini. Mau pesan satu atau dua lagi nih buat persediaan?”

Silahkan cari kosa kata lain untuk menyampaikan pujian pada pelanggan Anda. Tapi usahakan memuji sesuai kondisi yang wajar. Jangan kentara banget ngegombalnya

Pujian kecil semacam ini terbukti ampuh untuk membuat wanita membeli produk yang kamu tawarkan. Coba deh buktikan sendiri. Kalau ternyata trik ini tidak mempan, ya mungkin Anda kurang beruntung!

Tips 4: Lakukan promosi yang tepat

Bagaimana cara mempromosikan produk kebutuhan wanita yang tepat? Ini bagian yang paling panjang. Lain kali kita akan kupas langkah demi langkah secara menyeluruh. Tapi ringkasnya bisa kamu lakukan cara ini:

a. Promosi offline

Melayani pelanggan dengan baik itu merupakan trik promosi paling jitu. Seperti sudah sering saya singgung, pelanggan yang puas akan membantu merekomendasikan produk barang maupun jasa yang kita jual pada kolega mereka. Dan ini sangat efektif mendatangkan konsumen baru

Cara promosi lain yang bisa kita tempuh untuk mendongkrak penjualan bisnis kecantikan, kesehatan, alat rumah tangga, alat dapur dan produk kewanitaan lain adalah:
  1. Cetak brosur -> bagikan di komunitas wanita seperti acara arisan, perkumpulan ibu PKK yang anda ikuti dll
  2. Pasang iklan -> di koran, radio
  3. Pasang pamflet di tempat strategis
  4. Jadi sponsor pada event acara yang erat kaitannya dengan produk yang kita jual
  5. Jadi pemateri di acara yang banyak melibatkan kaum hawa
  6. Pasang sticker nama usaha kita di kendaraan
  7. Aktif di acara radio -> Contohnya kirim salam dengan menyebutkan nama brand di belakang nama kita. Dengan cara ini penyiar radionya akan mengatakan begini. “Ibu Gaby agen daster kirim salam buat blablabla...” Jika sehari 10 kali kita kirim salam di acara radio berbeda, maka 10 kali pula nama brand kita ikut mengudara. Bayangkan jika banyak orang yang balas titip salam ke kita
  8. Bagikan souvenir yang mencantumkan logo dan nama bisnis kita pada pelanggan -> contohnya: bagikan kalender, asbak, gantungan kunci dll

b. Promosi online

Promosi online sangat cocok untuk jenis produk yang dijual secara online maupun offline. Dan saya kira semua wirausahawan sudah biasa menggunakan media online untuk melakukan promosi. Jadi saya ulas sekilas saja ya
  1. Promosi di sosial media dan aplikasi chat -> FB, IG, WA adalah sosmed yang saat ini lagi populer dalam dunia internet marketing
  2. Lakukan direct mail -> kirim email ke daftar pelanggan tetap anda jika ada produk baru atau diskon
  3. SMS marketing -> sama saja dengan direct mail. Hanya saja ini menggunakan media SMS. Meskipun cara ini mulai ditinggalkan dan beralih dengan pesan via grup WhatsApp, Telegram atau Line, tidak ada salahnya dicoba
  4. Daftarkan bisnis kamu di google my business
  5. Pasang iklan di google adwords
  6. Pasang iklan PPC
  7. Bikin website toko online dan optimasikan SEOnya biar anteng nangkring di page one pencarian google

Banyak sekali sebenarnya media online dan offline yang bisa kita gunakan untuk mempromosikan bisnis kita

Tips 5: Perbanyak item varian produk yang kita jual

Memperbanyak jenis produk yang dibutuhkan wanita memungkinkan jualan kita lebih laku di pasaran. Ini terkait kecenderungan wanita yang suka belanja di tempat yang lengkap. Seperti sudah disinggung di awal artikel: Cewek suka pada toko yang memberikan banyak pilihan varian produk yang ditawarkan meskipun sebenarnya dia sudah punya gambaran produk yang cocok dengan seleranya

Buktikan sendiri. Misalnya ada 2 toko yang menjual barang yang sama berdiri bersebelahan, maka bisa dipastikan toko yang paling lengkaplah yang ramai dikunjungi pembeli

Permasalahan mungkin ada pada modal. Untuk mengisi toko dengan banyak produk pasti butuh dana tidak sedikit. Iya kalau kita kulakan dengan harga cash. Cara mengatasinya adalah, cari distributor atau supplier yang bisa dibayar mundur. Lebih bagus jika menggunakan sistem titip jual

Dengan cara ini kita bisa mengisi barang lengkap tanpa banyak modal berjalan. Dan itu hanya bisa dilakukan setelah usaha kita cukup lama berjalan dan punya track record bagus di mata prodsen. Maksudnya, kredibilitas kita dianggap baik sehingga mendapat kepercayaan dari produsen

Tapi harus diingat, jangan berlaku curang yang membuat nama baik kita jatuh. Contohnya:
  • Sering telat bayar saat jatuh tempo
  • Sering menghilang saat bagian penagihan datang
  • Tidak mau bayar dengan berbagai alasan
  • Menempatkan barang titipan di tempat yang tidak terlihat konsumen dan lebih menonjolkan produk yang dibeli dengan cash

Ketidakjujuran ini cepat atau lambat akan menghancurkan bisnis kita sendiri

Tips 6: Segera naik level

Jangan lama-lama jadi reseller atau penjual eceran. Jika segala sesuatunya telah berjalan lancar, persiapkan bisnis Anda untuk naik pangkat ke level di atasnya yaitu agen, supplier atau distributor. Anda wajib melakukan langkah pengembangan usaha ini jika ingin maju dan sukses. Setidaknya jika lebih nyaman jadi pengecer, bukalah toko cabang di tempat lain

Mungkin prosentasi laba yang diperoleh pengecer lebih besar dari agen. Tapi dari sisi perputaran uang (cash flow) jauh lebih besar. Dengan omzet penjualan besar, otomatis total keuntungan juga jauh lebih besar

Apa saja yang harus dipersiapkan untuk menjadi distributor?
  • Gudang -> untuk yang bergerak di bidang perdagangan
  • Sistem -> sistem manajemen, marketing, IT dan lainnya
  • Karung -> untuk mengantisipasi dompet kita tidak mampu menampung kartu kredit, kartu ATM, nota tagihan serta uang hasil keuntungan kita (hahaha... amin, semoga saja!)
Terkait: Tips memasarkan usaha catering
Demikian tips strategi cara sukses jualan produk kebutuhan wanita agar laris manis. Barang habis, untung berlipat, duit ngumpul segudang. Maaf jika penjelasan panjang lebar tadi bikin pusing ibu dan mbak semua. Saya doakan semoga kalian sukses jadi pengusaha wanita, mompreneur, womanpreneur atau apapun istilahnya. Selamat jualan baju, tas, sepatu, gamis, kosmetik, produk kesehatan, alat rumah tangga, perlengkapan dapur dll. Selamat melayani kaum cantik bagi yang buka bisnis catering, butik, salon, body care serta jasa kecantikan wanita sejenis
Facebook Comments

0 komentar