Cara Mencari Pelanggan Tetap Servis HP

Bagaimana cara mencari pelanggan / konsumen tetap pada usaha jasa servis HP, tab, gadged dan alat komunikasi sejenis? Tips pemasaran sederhana ini ditujukan buat kamu yang punya usaha jasa servis elektro rumahan kecil-kecilan. Terutama yang baru buka, mewujudkan peluang usaha modal skill yang cukup prospektif ini namun terkendala masalah sepi pelanggan. Maklum baru merintis sehingga belum dikenal banyak orang yang membutuhkan

Kunci utama agar tempat servis HP ramai dibanjiri pelanggan yang ingin memperbaiki ponsel mereka itu terletak pada kualitas hasil pekerjaan dan pelayanan prima (service excellent) yang kamu berikan. Sama seperti jenis usaha reparasi lain. Contohnya seperti mengelola jasa servis motor. Jika hasil reparasi bagus, berfungsi nyaris sempurna seperti hape baru, akan lebih mudah untuk memasarkan dan membuat usaha servis handphone kamu laris

Namun untuk mendatangkan konsumen lebih banyak, hasil servisan bagus saja tidak cukup. Kamu harus aktif mempromosikan dan memasarkannya. Idealnya sih begitu

Ada banyak strategi pemasaran dan cara mempromosikan jasa servis HP. Kamu bisa memanfaatkan media online maupun offline sebagai sarana promosi. Contohnya pasang iklan gratis atau berbayar di internet. Tempel banner di tepi jalan dan puluhan cara lain. Kamu bisa cari langkah-langkahnya di blog ini karena kami sudah sering mengupasnya

Tapi kali ini bisnisjasa.id akan fokus membahas trik mencari konsumen tetap. Maksudnya mencari pelanggan yang rutin seminggu atau sebulan sekali akan menserviskan HP ke tempat usaha kamu. Jadi tanpa capek promosi sana-sini, garapan mengalir terus. Enak kan?
trik pemasaran usaha tukang servis reparasi handphone tanpa promosi 

Mendatangkan konsumen jasa servis HP tanpa promosi. Mungkinkah?

Memang ada trik supaya usaha ramai tanpa melakukan promosi? Kasih tahu dong om rahasianya. Tapi kayaknya impossible! Lagi pula, bagaimana mungkin orang bisa rutin seminggu sekali memperbaiki HPnya? Kalau HP rusak sesering itu pasti tidak datang ke tempat servis, tapi ke toko HP untuk beli yang baru


Jika kamu berpikir tentang konsumen perorangan, logikanya memang tidak ada orang yang betah menggenggam gadged rongsokan macam itu. Mereka pasti membuangnya lalu beli handphone baru. Minimal tukar tambah dengan samartphone seken yang kondisinya masih lumayan di counter HP

Lalu, bagaimana cara mendapatkan pelanggan tetap? Triknya sederhana saja, tidak serumit rangkaian komponen i-phone yang katanya paling sulit direparasi karena sparepartnya sulit ditemukan

Jalin relasi / kerjasama dengan counter HP

Cara paling efektif mendatangkan handphone rusak untuk diperbaiki di tempat servis HP kamu adalah menjalin kerjasama bisnis dengan toko atau counter jual beli HP. Mengapa? Ini alasannya

Orang yang tidak punya kenalan tukang servis atau belum tahu tempat servis yang bagus, cenderung datang ke counter tempat dia membeli handphone untuk minta tolong memperbaikinya.

Jika masih dalam masa garansi, maka pemilik conter akan membantu mengirim ke service center resmi dari produsen merk HP bersangkutan yang lokasinya paling dekat. Jika masa berlaku garansi produknya telah lewat atau tidak ada garansi resmi, maka akan ditangani sendiri

Tidak semua toko / counter HP memiliki teknisi sendiri untuk melayani perbaikan handphone pelanggannya. Biasanya mereka akan mengarahkan konsumen ke tempat servis yang mereka kenal. Atau menerima HP rusak tersebut untuk dioper pada jasa servis langganannya yang terpercaya. Dalam hal ini peran pihak counter hanya sebagai broker atau perantara

Dengan alasan itulah kita harus memanfaatkan celah tersebut untuk mendapatkan pelanggan tetap.

Caranya memulai menjalin relasinya bagaimana?

Saya yakin semua tukang servis HP sudah tahu bagaimana cara mengawali jalinan kerja sama dengan relasi. Dalam ilmu marketing, ini disebut dengan istilah membangun jaringan pemasaran

Tapi bagi yang masih bingung harus memulai dari mana, ikuti langkah-langkah berikut:

1) Datangi counter-counter handphone yang bertebaran dimana-mana. Usahakan cari counter yang besar dan ramai pembeli sehingga kemungkinan dapat banyak “lemparan” order servisan makin besar

2) Jalin hubungan baik terlebih dahulu. Jangan buru-buru mengutarakan maksud tujuan utama. Usahakan mencari waktu yang tepat untuk sekedar ngobrol. Jangan maksa kalau counter pas lagi ramai

3) Setelah kenal, baru lanjut membicarakan kemungkinan kerja sama. Tawarkan beberapa alternatif sistem bagi hasil yang tepat. Apakah pakai sistem komisi atau sistem harga pokok atau keduanya.
-> Sistem komisi artinya kita yang menetapkan harga dan memberikan fee dengan prosentase tertentu. Contoh, jika biaya servis 300 ribu dan kesepakatan fee 10%, maka hak yang harus kita berikan pada pihak counter adalah 30 ribu rupiah
-> Sedang sistem harga pokok adalah: kita hanya menetapkan harga pokok, pihak counter bebas cari untung sendiri dengan menaikkan harga pada konsumen. Contohnya: kita menetapkan harga servis 1 unit HP Samsung S7 sebesar 500 ribu (tergantung kerusakannya). Kalaupun pengelola counter menarik ongkos reparasi 1 juta pada pelanggan, maka yang kita terima ya 500 ribu. Sedang sisanya menjadi hak pihak counter

4) Berikan proposal kerjasama secara tertulis jika perlu. Jelaskan merk handphone dan jenis kerusakan apa saja yang bisa kamu kerjakan. Lengkap dengan perkiraan ongkos servis supaya pemilik counter bisa memberikan perkiraan biaya pada konsumennya

5) Tunjukkan bahwa kita layak dipercaya. Sebab pihak toko handphone pasti tidak mau mengambil resiko menyerahkan barang milik pelanggannya diservis oleh tukang servis yang kapasitasnya meragukan. Kalau ternyata rusaknya makin parah atau dibawa kabur, siapa yang tanggung jawab?
Tidak masalah jika mereka minta proses servis dilakukan di tempat mereka. Lama-lama jika sudah timbul kepercayaan, mereka tentu tidak keberatan kita membawa pulang garapan dan dikerjakan di rumah

Catatan: ini hanyalah salah satu cara pemasaran bisnis jasa servis handphone. Masih banyak strategi lain yang bisa kita terapkan untuk memajukan usaha kita. Silahkan diterapkan jika merasa cocok. Yang jelas, semakin banyak teknik marketing yang kita coba akan semakin baik

Nah itu tadi trik mencari pelanggan tetap bagi tukang servis HP tanpa promosi. Kamu bisa mencoba strategi pemasaran lain yang hasilnya lebih besar. Cobalah jajaki kemungkinan kerjasama dengan produsen smartphone seperti Samsung, Xiomi, Sony, LG, Advance, Evercoss, Vivo dll sebagai mitra service centre mereka. Kalau tidak dicoba, siapa yang tahu hasilnya seperti apa? Jangan lupa baca info menarik di bawah ini ya gaes..
Facebook Comments

0 komentar