Cara Jadi Kontraktor Bangunan Sukses Nyaris Tanpa Modal

cara memulai usaha pemborong bangunan kecil bagi pemula
Cara jadi kontraktor / pemborong bangunan sukses bagi pemula – Peluang bisnis di bidang jasa memborong rumah, gedung, real estate dan sejenisnya sudah tidak diragukan lagi. Karena di zaman now, rumah bukan hanya soal kebutuhan akan hunian saja. Banyak orang kaya membangun atau membeli rumah, apartemen, ruko untuk dijadikan lahan investasi properti. Tak heran jika pertumbuhan property bangunan di Indonesia luar biasa pesat. Imbasnya, para kontraktor ikut kecipratan keuntungan dari aktifitas bisnis tanam beton ini

Para pemula sering bertanya. Bagaimana cara jadi kontraktor properti dan jasa renovasi rumah tanpa modal? Atau bagaimana cara agar kuli bangunan bisa memborong bangunan sendiri? Biar ada kemajuan gitu. Siapa tahu bisa jadi kaya punya duit sekarung, punya mobil, punya rumah biar tidak tinggal di kontrakan. Masa iya nguli terus seumur hidup?

Lupakan keinginan cepat dapat duit dengan mudah dari bisnis jasa yang erat kaitannya dengan adukan cor semen, pasir, batu bata plus keringat ini. Realitanya tidak ada bisnis yang 100% gampang dan bisa dijalankan tanpa modal sedikitpun. Itu ngapusi. Bukan niat menyurutkan semangat kamu mengambil peluang usaha. Coba pikir, kalau untuk jadi kontraktor sipil itu mudah, ngapain ada orang yang sudi bermandi peluh jadi tukang atau kuli bangunan?

Sistem kerja pemborong bangunan tanpa modal

Secara teori, untuk menjadi seorang pemborong itu terlihat mudah. Boleh dibilang ada yang nyaris tanpa modal, tergantung sistem borongannya seperti apa. Kebetulan usaha saya masih berhubungan erat dengan dunia bangun membangun rumah. Jadi punya banyak rekan kerja mandor, tukang, kuli juga kontraktor. Berdasar cerita dari rekan-rekan tersebut, setidaknya ada 3 sistem borongan yang umum berlaku yaitu:

1. Sistem makelar proyek

Secara yuridis, sebenarnya tidak ada sistem makelar proyek atau mafia proyek seperti ini. Tapi fakta di lapangan katanya (maaf, saya pura-pura tidak tahu saja biar aman) praktek seperti ini memang sudah biasa. Begini contoh alur sistem atau cara kerjanya yang katanya tanpa modal itu:
Mendirikan badan usaha berbentuk PT atau CV kontraktor (atau pinjam nama perusahaan mili orang lain) -> ikut tender proyek pemerintah -> main dengan orang dalam -> memenangkan tender -> pekerjaan disubkan / dilempar kepada perusahaan lain -> pekerjaan selesai -> dana cair -> dapat keuntungan
Simpel! Teorinya sih begitu. Tapi saya yakin itu berlaku di zaman old. Kalau jaman kekinian mah tak ada pejabat yang mau disuap or diajak kong kalikong dalam permainan tender proyek besar macam itu. Kecuali... oknumnya pas khilaf!

Memang, kontraktor bangunan model begitu sepintas tampak tidak perlu modal. Cukup punya koneksi kuat maka bisnis berjalan lancar. Tapi untuk membangun hubungan kerja sama dengan orang yes itu tidak butuh banyak uang? Lagipula, cara-cara bisnis kotor macam itu bertentangan dengan kode etik bisnis. Resikonya besar jika kena audit. Dan saya yakin kamu sebagai calon kontraktor muda tidak sudi melamar pacar kamu pakai duit hasil serong kanan kiri seperti itu kan?

2. Sistem borong kerja

Cara kerjanya simpel. Pemborong akan dibayar untuk mengerjakan bangunan sampai selesai. Pembayaran biasanya dilakukan secara bertahap sesuai kemajuan bangunan yang dikerjakan. Sedang urusan penyediaan bahan menjadi urusan pihak klien (bisa pemilik rumah langsung atau kontraktor utama).

Dalam sistem borong kerja, peran pemborong lebih mirip mandor karena tugasnya hanya mengkoordinir tukang dan kuli bangunan saja. Biasa berlaku di kalangan pemborong kecil yang hanya melayani jasa renovasi atau membangun rumah milik perorangan dan sub-kontraktor level terbawah. Untung atau rugi di sini tergantung kemampuan seorang pemborong dalam
  1. Memperkirakan waktu pengerjaan untuk menetapkan harga borongan yang tepat. Kesalahan perhitungan berpotensi merugi karena jika ternyata proses pembangunan molor, maka harga borongannya tidak cukup untuk membayar ongkos tukang
  2. Memilih / mempekerjakan tukang serta kuli bangunan yang benar-benar ahli sehingga hasil kerjanya kuat, rapi dan cepat selesai. Kesalahan merekrut tukang kurang cakap atau pemalas akan membuat pekerjaan molor tidak selesai-selesai.
  3. Kemampuan membaca gambar site plan atau memahami keinginan konsumen. Hasil kerja yang tidak sesuai keinginan konsumen memaksa kita untuk merevisi pekerjaan yang sudah jadi. Otomatis biaya tukang juga bertambah. Belum lagi komplain dari konsumen karena dia juga rugi bahan. So, penting sedikit belajar ilmu arsitektur dan komunikasi dengan konsumen harus terjaga
Ketiga skill tadi mutlak diperlukan jika ingin jadi pemborong pemula yang sukses. Kelihatannya mudah dan tanpa modal, tapi resikonya juga besar. Kesalahan kecil saja bikin usaha rugi.

Dilihat dari modal, sistem borong kerja lebih menguntungkan. Kita hanya butuh cari tukang dan mengawasi mereka bekerja. Tapi coba ketemu dengan konsumen yang memakai gambar jalan alias suka berubah pikiran plus cerewet. Rasanya tuh kayak ditabokin orang gila, nyesek tapi akan disalahkan jika membalas

3. Sistem borongan total

Jika sudah sukses jadi pemborong kecil, langkah selanjutnya adalah naik level jadi kontraktor besar yang menganut sistem borongan total. Artinya, semua urusan mulai dari tenaga kerja sampai bahan kita urus semua.

Untuk itu selain punya kemampuan layaknya seorang pemborong kerja seperti yang sudah dijelaskan, maka kita juga harus menguasai kemampuan yang lebih kompleks. Diantaranya adalah:
  1. Punya kemampuan menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB) serta mampu mengantisipasi kenaikan harga bahan yang bisa tiba-tiba naik. Paling tidak harus menguasai program autocad
  2. Mempunyai link supplier bahan bangunan yang memasok kebutuhan bahan bangunan berkualitas berkualitas dengan harga murah, termasuk juga penyedia jasa sewa peralatan proyek
  3. Menguasai manajemen keuangan, marketing, human resource serta jaringan bisnis luas. Maklum karena bisnis jasa konstruksi bangunan butuh kerja sama team yang solid
  4. Menguasai ilmu arsitektur. Kalau tidak memiliki skill ini, sebaiknya merekrut seseorang yang ahli dalam bidang teknik sipil
  5. Memiliki modal besar
Susah? Tidak juga. Kalau kita sudah terjun sendiri, lambat laun semua hambatan pasti bisa teratasi. Percayalah, pengalaman tidak akan pernah bohong!

Kunci sukses jadi pemborong bangunan

trik langkah jadi pemborong proyek pemerintah tanpa modal
Mendapat proyek besar pasti jadi keinginan semua kontraktor sipil. Namun jika Anda baru memulai merintis usaha dan belum punya banyak pengalaman di bidang jasa membangun gedung rumah, sebaiknya belajar memahami seluk beluknya lebih dulu. Mengambil jasa renovasi rumah kecil-kecilan di tahap awal lebih bagus ketimbang langsung main proyek besar.

Jangan terjebak dalam pola pikir negatif dalam mencari konsumen yang ingin mendirikan rumah secara instant. Apalagi langsung mengirim proposal penawaran membangun hotel, apartemen, kondominium atau gedung bertingkat. Ambisi sih boleh, tapi mengukur kompetensi diri juga penting. Karena selain kendala modal, resiko merugi juga besar jika nekad mengerjakan proyek raksasa tanpa pengalaman cukup
Sebenarnya untuk memulai usaha jasa memborong bangunan itu tidak terlalu susah juga. Karena kemudahan itu akan kita dapat setelah melalui proses pembelajaran. Bahkan rekan saya bisa sukses menggarap proyek-proyek besar dari pemerintah maupun developer properti meskipun tidak punya background pendidikan teknik sipil

Bagaimana caranya meraih keberhasilan jadi kontraktor bidang properti? Berikut liku-liku perjalanan bisnis dan tips sukses dari rekan yang tidak mau disebut namanya tersebut

Menurutnya, kunci sukses jadi kontraktor bangunan itu ada 3 modal utama yang harus dikuasai yaitu:
  1. Mampu meyakinkan dan menjaga kepercayaan dari konsumen
  2. Mampu mengkoordinir tukang dan kuli bangunan dengan baik
  3. Punya kemampuan menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB) mendekati tepat
Jika kamu tertarik ambil peluang jadi pemborong properti muda pemula sukses, pondasi dasar tersebut harus diperkokoh dulu. Sama dengan mendirikan gedung, kekuatan pondasi menentukan seberapa kokok gedung tersebut bertahan menghadapi segala cuaca bahkan banjir atau angin topan. Tapi tenang, pasti ada jalan kok. Atau kamu punya pengalaman menjalankan bisnis ini? Boleh bagi-bagi tips suksesnya dong

Yang jadi masalah bagi pemborong kecil pemula dalam bisnis jasa kontruksi sipil adalah bagaimana cara mendapatkan proyek bangunan. Boro-boro berpikir dipercaya menggarap proyek gede, dapat borongan skala kecil saja susah, om. Kasih tahu dong gimana triknya... Oke, untuk mengatasi kendala tersebut, akan kita pelajari bersama dalam artikel selanjutnya. Sabar ya boss...
Facebook Comments

0 komentar