Cara Mencari Order Bagi Pemborong Pemula

tips strategi promosi pemasaran usaha kontraktor gedung rumah
Strategi cara mencari order borongan renovasi rumah – Untuk mendapatkan proyek bangunan bisa jadi kendala bagi para kontraktor bangunan pemula. Jangankan dapat tender menggarap proyek besar seperti membangun gedung kantor pemerintah, apartemen, hotel, real estate atau perumahan elite. Dipercaya konsumen untuk sekedar renovasi rumah kecil-kecilan saja tidak gampang

Seperti sudah disinggung dalam artikel sebelumnya, cara jadi kontraktor bangunan itu mudah dan (nyaris) tanpa modal. Hanya saja untuk mendapatkan order garapan itu yang tak mudah. Terutama bagi pemborong pemula yang belum punya nama. Biasa, namanya saja baru merintis usaha. Otomatis belum dikenal sehingga susah untuk mendapat kepercayaan dari calon client

Lalu bagaimana tips strategi untuk memasarkan jasa borongan bangunan? Berikut tips singkat cara promosi serta mencari konsumen. Silahkan dicoba

1. Mulai membangun pribadi yang layak dipercaya konsumen

Perlu digaris-bawahi, jasa borong bangunan adalah jenis usaha yang unik. Terutama dalam memasarkan dan mencari konsumen. Berbeda dengan jenis bisnis lain, faktor kepercayaan sangat dominan sebagai bahan pertimbangan calon client dalam memilih pemborong. Itu sebabnya jarang kita temui pelaku jasa pemborong bangunan jor-joran pasang iklan promosi guna menggaet pelanggan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membangun kepercayaan diri sendiri dahulu. Jika kita kurang pede dengan diri sendiri, bagaimana client akan percaya pada kita?

2. Mulai promosikan pada orang yang kenal

Ini merupakan strategi marketing standar bagi pebisnis pemula dan merupakan awal promosi paling mudah. Bagus sebagai tahap belajar mempresentasikan jasa yang kita tawarkan. Kecuali Anda sudah jago dalam hal menghadapi calon konsumen sih tidak jadi soal

Langsung menawarkan jasa borongan sama orang luar mungkin ada rasa grogi. Tapi berbicara dengan teman, saudara, tetangga atau kenalan membuat kita percaya diri. Kemungkinan mereka mempercayai kita juga lebih besar karena sudah kenal sebelumnya. Atau faktor rasa sungkan jadi alasan mereka memanggil Anda saat ingin membangun atau merenovasi rumah.

Makanya, jadi orang itu harus bersikap baik pada sesama. Jangan baik kalau pas lagi butuh. Kalau secara pribadi kita dikenal sebagai sosok yang baik, saat menawarkan produk barang atau jasa borongan tentu akan mendapat feed back yang baik juga. Beda kalau di kampung kita terkenal sebagai orang jahat, siapa yang mau memakai jasa kita. Mereka pasti mikir, jangan jangan ntar dikasih duit malah ditilap lagi...

3. Menjaga Kepercayaan dari konsumen

Satu dua pelanggan awal dalam debut bisnis jasa pemborong merupakan pilar yang harus dijaga tetap kokoh. Jagalah nama baik kita untuk mendapatkan kepercayaan dari kondumen lain. Jika segelintir pelanggan awal sudah kita bikin kecewa, itu alamat kurang baik bagi kelangsungan usaha kita di masa depan

Bagaimana cara menjaga kepercayaan konsumen? Selengkapnya bisa Anda baca di postingan sebelumnya. Atau ini ringkasan singkatnya
  1. Memakai bahan dan takaran sesuai perjanjian. Jangan karena ingin laba besar lantas mencampur semen dan pasir di bawah ukuran standar; memakai besi beton esser terlalu kecil; menggunakan kayu jelek; memasang keramik rejek dll. Intinya jangan membodohi konsumen. Jadilah kontraktor yang jujur, jangan jadi pemborong nakal
  2. Mempekerjakan mandor, tukang dan kuli bangunan yang berpengalaman sehingga hasil kerjanya kuat, rapi dan cepat selesai
  3. Tidak meminta biaya tambahan diluar perjanjian. Jika ada kondisi yang menyebabkan pembengkakan biaya, sebaiknya dibicarakan baik-baik dengan pelanggan. Misalnya karena desain bangunan berubah, faktor cuaca, kenaikan harga material bahan bangunan dll

Menjaga nama baik itu tidak kalah penting dengan menjaga kualitas bangunan itu sendiri. Jadi melayani dan memuaskan pelanggan sesuai keinginan mereka itu wajib hukumnya

4. Minta rekomendasi dari pelanggan

Semua pebisnis pasti tahu bahwa rekomendasi dari konsumen merupakan salah satu pintu gerbang masuknya konsumen yang lain. Apalagi bisnis di bidang jasa, menjadikan pelanggan loyal sebagai marketing merupakan keharusan. Mekanismenya jelas yaitu:
Konsumen puas -> merekomendasikan jasa renovasi / membangun rumah kita pada kenalan mereka -> saat kenalan mereka butuh, kita akan dihubungi -> deal -> proses pengerjaan -> pekerjaan selesai dengan hasil bagus -> pelunasan -> kita mendapat keuntungan; pelanggan puas -> merekomendasikan lagi pada rekan mereka -> nama bisnis jasa borongan kita makin terkenal -> garapan laris manis
Nah, untuk mendapatkan efek viral dari konsumen, maka kita harus menjaga kualitas dan nama baik, seperti sudah kita bicarakan di atas. Dan itu tidak bisa dilakukan dalam semalam seperti Bandung Bondowoso membangun 1000 candi buat Roro Jonggrang.

5. Menjalin kerja sama dengan developer dan kontraktor besar

Cara mencari order dengan menawarkan jasa borongan kita pada developer (pengembang properti) atau kontraktor besar selayaknya kita coba. Nama-nama dan alamat PT perusahaan properti ini bisa Anda cari di google.

Cobalah kirimkan proposal kerja sama sebagai sub-kontraktor. Cantumkan harga yang kompetitif. Sertakan portfolio kita berupa foto-foto serta lokasi rumah yang pernah kita kerjakan. Lebih bagus jika Anda punya website company profile. Selain terlihat profesional juga memudahkan calon relasi untuk melihat informasi lengkap tentang usaha Anda

Developer dan PT kontraktor kelas kakap biasanya tidak mengerjakan semua proyek raksasa sendiri. Mereka juga butuh mitra kerja untuk membangun gedung agar cepat selesai. Dan kriteria mitra kerja yang mereka inginkan itu diantaranya:
  1. Harga borongan murah, lebih bagus jika rela dibayar mundur
  2. Hasil pekerjaan bagus sesuai standar yang mereka buat
  3. Mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline

Jika Anda merasa memenuhi semua persyaratan tersebut, kirim proposal melalui pos atau email. Siapa tahu mereka bersedia menjalin kerjasama dalam jangka panjang sehingga Anda tidak dipusingkan dengan masalah sulitnya mencari pelanggan tetap

Tapi menjadi sub-kontraktor juga beresiko. Selain keuntungan lebih kecil, resiko tidak terbayar juga besar. Maka hati-hati memilih developer yang terpercaya. Sebaiknya pilih PT terkenal yang sudah terbukti membayar para sub-kontraktornya

6. Promosikan di berbagai media

Walau jarang ada pemborong bangunan yang mempromosikan usahanya, tidak ada salahnya kita melakukan hal tersebut. Ada banyak media promosi online maupun offline untuk mempromosikan jasa borong bangunan / renovasi rumah kita. Antara lain:
  1. Grup-grup social media dan media chat terkenal (FB, IG, WA, BBM, Twitter, G+, Linkedin dll)
  2. Pasarkan di marketplace yang memuat kategori jasa atau properti seperti sejasa
  3. Pasang iklan di situs iklan seperti OLX
  4. Aktif di forum properti
  5. Buat website company profile dan optimasi SEO-nya agar muncul di halaman pertama pencarian Google dan search engine lain
  6. Daftarkan di GoogleMyBusiness agar ditampilkan dalam peta lokasi bisnis agar mudah ditemukan di internet
  7. Berkomentar di blog / website yang membahas tentang seluk beluk dunia properti
  8. Membayar jasa review pada blog-blog properti terkenal
  9. Pasang banner, spanduk, pamflet, billboard di tempat-tempat keramaian
  10. Bagikan / titipkan brosur di toko bangunan atau toko besi kenalan kita
  11. Jadi sponsor di acara pameran / expo properti

Serta masih banyak cara promosi lain yang bisa kita lakukan. Sebaiknya jangan pelit mengeluarkan biaya untuk pasang iklan berbayar biar nama jasa kontraktor bangunan kita cepat dikenal masyarakat

Tapi harus diingat. Pasang iklan hanya salah satu media pemasaran yang dampaknya tidak bisa langsung terlihat. Dan pastinya, kualitas pekerjaan dan pelayanan kita tetap merupakan kunci utama. Mau promosi segetol apapun kalau hasil bangunan yang kita kerjakan buruk, justru akan memicu pelanggan untuk berkomentar buruk di internet. Jadi rugi kan?

So, sebelum promosi membabi buta, sebaiknya benahi dulu usaha jasa borongan renovasi rumah kita. Jika kualitas bagus plus didukung promosi efektif, pasti lebih banyak konsumen antri memakai jasa kita
Boleh juga menjalin hubungan dengan para birokrat. Tapi lakukan dengan cara-cara resmi sesuai prosedur. Jangan menyalahi aturan hukum serta kode etik bisnis. Ingat banyak kontraktor nakal terjerat kasus korupsi karena menyuap pejabat!!

Itu tadi tips sederhana dalam promosi, memasarkan, mencari dan mendapatkan pelanggan pada usaha jasa kontraktor bangunan dan renovasi rumah bagi pemborong pemula. Strategi pemasaran ini bisa juga diterapkan pada jenis bisnis jasa yang berhubungan dengan properti. Misalnya jasa tukang taman, jasa pengejatan dinding rumah, jasa pasang atap, plafon, lis gypsun, jasa bikin pagar, carpot dll. Semoga anda berhasil mendapat tender proyek besar
Facebook Comments

1 komentar:

Betull banget gan, memang pada awalnya pembisnis pemula itu memang susah mencari job atau konsumen

Solusinya cukup ampuh yang sudah agan bahas :) ..salah satunya dengan menjaga kepercayaan konsumen

Kalau konsumen percaya dengan kita, otomatis dia akan ketagihan untuk memborong atau memberikan job kepada kita

Balas