Gojek: Kisah Sukses Pengusaha Ojek

Dalam kesempatan ini admin akan membagikan salah satu kisah pengusaha yang sukses dalam bidang bisnis jasa transportasi roda 2 yaitu Gojek. Pernah dengar Go-Jek kan? Atau malah sering diantar jemput oleh tukang ojek dari perusahaan penyedia jasa transportasi online berbasis applikasi mobile yang sangat fenomenal ini?

Kita kepoin yuk siapa pemilik dan pendirinya? Bagaimana ceritanya kok Go-Jek sampai berhasil jadi populer seperti itu?

Ini dia tokoh dibalik kesuksesan Go-Jek.

Biodata singkat Nadiem Makarim

sumber gambar: biografiku.com
Tempat / Tanggal Lahir:
Singapore, 4 Juli 1984

Pendidikan:
International Relations di Brown University, Amerika Serikat
Master of Business Administration dari Harvard Business School

Karier:
Management Consultant di Perusahaan McKinsey & Company
Co-Founder dan Managing Editor di Zalora Indonesia
Chief Innovation Officer di Kartuku
CEO PT Go-Jek (sekarang)

Kisah Kesuksesan Nadiem Makarim

PT Go-Jek didirikan pada tahun 2011 oleh Nadiem Makarim bersama Michaelangelo Moran (saat ini sudah keluar dari Gojek). Idenya datang ketika ia sering ngobrol dan berdiskusi dengan tukang ojek langganannya. Si mas ini memang akrab dengan dunia ojek karena lebih sering naik ojek ketimbang mobil. Maklumlah karena mobilitasnya yang tinggi sehingga beliau lebih suka menggunakan jasa transportasi yang bisa menerobos kemacetan lalu lintas secara cepat.

Nadiem melihat hampir sebagian besar tukang ojek di Jakarta menghabiskan waktunya hanya untuk menunggu penumpang saja dan susah untuk mencari pelanggan. Di sisi lain kemacetan Jakarta makin parah sehingga  membutuhkan sebuah layanan transportasi serta pengiriman yang cepat untuk membantu warga Jakarta.

Alasan lain Nadiem Makarim nekad keluar dari perusahaan besar tempatnya bekerja adalah keinginan untuk berwirausaha. Padahal gajinya sebagai karyawan itu tinggi loh. Ini kutipan kata-kata motivasinya:
“...Saya tidak betah kerja di perusahaan orang lain. Saya ingin mengontrol takdir saya sendiri” - Nadiem Makarim.
Berdasar tekad itulah anak muda ini mendirikan usaha sendiri yang sekarang kita kenal dengan nama GO-JEK.

Pada awal mendirikan perusahaan, ia hanya membawahi 20 orang tukang ojek. GO-JEK semakin berkembang setelah pada tahun 2014 mendapat suntikan dana dari Northstar Group, perusahaan investasi asal singapura serta Redmart Limited dan Zimplistic Pte Ltd di tahun yang sama.

Pada tahun 2015 Nadiem Makarin merilis aplikasi mobile untuk Gojek. Ia secara jenius memanfaatkan perkembangan teknologi untuk kemudahan pelanggan menggunakan jasa ojeknya. Aplikasi inovatif inilah yang menyedot pemberitaan di media sehingga Go-Jek makin populer dan banyak menarik minat pelanggan baru menggunakan jasanya.

Nilai plus yang membuat Go-Jek makin ngetop adalah jenis pelayanannya. Tidak seperti ojek konvensional lain yang rata-rata hanya melayani antar jemput orang, Go-Jek juga menawarkan jasa pengantaran barang dan makanan, transportasi, serta jasa belanja. Menariknya, semua layanan itu dapat dilakukan hanya dengan menekan tombol aplikasi dari smartphone. Mudah, cepat dan praktis. Sesuatu yang sangat disukai konsumen di era digital seperti saat ini.


Itulah kisah singkat dari Nadiem Makarim, pengusaha yang sukses di bidang jasa transportasi. Bayangin, perusahaan kecil yang awalnya hanya punya 20 tukang ojek, kini menjelma jadi perusahaan besar dengan 10 ribu lebih tukang ojek yang tersebar di kota besar seluruh Indonesia.

Kesimpulan:

Terlepas dari banyaknya masalah yang dialami seperti protes dari mitra tukang ojeknya, demo dari sopir taksi dan angkutan umum yang menolak kehadiran Go-Jek, kisah sukses Nadiem Makarim ini layak untuk dicontoh. Terutama sebagai motivasi bagi anak muda yang ingin berwirausaha, terutama di bidang bisnis jasa.

Apa sisi positif yang diambil dari kisah inspiratif ini?
Kesuksesan kadang berawal dari ide sederhana yang diyakini dan ditekuni dengan sepenuh hati - bisnisjasa.id
Semoga artikel ini bermanfaat.


Sumber: 
http://www.biografiku.com/2015/08/biografi-nadiem-makarim-pendiri-go-jek.html 
https://id.wikipedia.org/wiki/Nadiem_Makarim
http://www.dream.co.id/dinar/nadiem-makarim-tukang-ojek-modern-lulusan-harvard-150408d.html
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/07/28/224600526/Nadiem.Makarim.Lulusan.Harvard.yang.Jadi.Juragan.Go-Jek?page=all
Facebook Comments

0 komentar