Bisnis Online Tanpa Modal: Fakta Apa Mitos?

Bisnis online modal dengkul, peluang usaha tanpa modal, download mesin pencetak uang, cara mudah untuk cepat kaya tanpa resiko... Sering baca kata-kata ajaib sejenis itu saat kita mencari info tentang bisnis di internet bukan?

Yang jadi pertanyaan adalah: apakah memang semudah itu cara mencari uang? Benarkah hanya dengan bermain hape android kita bisa sukses menghasilkan duit ratusan juta rupiah?

usaha modal dengkul di internet

Untuk membuktikan apakah fenomena bisnis tanpa modal lewat internet itu nyata atau sekedar mitos, mari kita sedikit bermain logika:
- Kalau memang ada cara mudah untuk cepat kaya, mengapa masih banyak orang miskin di Indonesia?
- Jika ada bisnis yang tanpa modal, mengapa bank masih menawarkan kredit usaha?
- Jikalau hanya dengan online beberapa jam sehari di internet mampu meraup ribuan dollar, kok masih banyak orang rela kerja keras jadi kuli sampai dengkulnya lecet demi mencari sesuap nasi?
- Seumpama mesin pencetak duit itu bisa didownload, ngapain Bank Indonesia repot mencetak pecahan mata uang rupiah sampai ke Australia segala?
Tips singkat model tanya jawab berikut ini mungkin bisa memberi gambaran atas pertanyaan di atas. Ini dia cuplikannya:

Saya ingin mulai berbisnis tapi tak punya modal, Om 

Siapa bilang calon pengusaha itu harus punya modal finansial yang besar? Untuk berwirausaha itu tidak selamanya menggunakan uang yang banyak. Modal paling utama adalah dengkul kita sendiri atas ridho dari Tuhan YME.

Punya smartphone yang bisa digunakan mengakses internet kan? Itu bisa jadi modal awal guna memulai berbisnis.

Saya masih pakai hape jadul. Cuma bisa buat nelpon sama SMSan doang, Om

Pinjam sama pacar atau saudara. Kalau malu ya kerja dulu buat beli HP android. Banyak kok yang seken seharga 500 ribuan.

Saya tidak punya produk atau keahlian untuk dijual, Om

Jual jasa kamu untuk memasarkan produk orang lain (produsen, distributor, supplier). Di internet banyak yang menawarkan kerja sama sistem dropship, affiliate marketing program, reseller dll.

Dropship itu apaan, Om? Bagaimana cara kejanya?

Dropshiper itu istilah halusnya makelar online. Sistem kerjanya gini:

1) Kamu mencari konsumen (bisa secara langsung atau lewat sosmed, forum komunitas di internet dll). Barang yang hendak dijual harganya terserah pemasar sendiri yang menentukan ->  2) jika ada yang berminat, si pembeli bayar ke kamu (penjual) -> 3) kamu order dan kirim pembayaran ke produsen sesuai pesanan pembeli -> 4) Produsen akan mengirimkan langsung ke pelanggan atas nama kamu -> 5) Silahkan nikmati hasil keuntungan dari selisih harga yang dibayar konsumen dengan yang kamu setor pada si pemilik olshop.

Lihat gambar alur sistem kerja dropshipping di bawah ini untuk lebih jelasnya
sistem kerja dropshipper

Bagaimana sistem kerja affiliate marketing?

Daftarkan diri kamu ke produsen pakai email -> kamu akan mendapat kode khusus yang disebut affiliate link (biasanya berupa alamat website seperti ini: http://www.Affiliateanu.Com/id=123blabla) -> promosikan barang yang dijual dengan menyertakan link tadi -> jika ada orang yang beli lewat link tersebut, kamu dapat komisi yang besarnya telah ditentukan dalam perjanjian -> Silahkan tunggu tranferan dari pemilik produk

Beberapa penyedia affiliate mewajibkan membernya utuk memiliki blog atau website sendiri. Jika kamu belum punya, buatlah blog berbayar atau gratisan di blogger.com, wordpress.com dll. Atau pilih affiliate yang tak mengharuskan membernya punya blog sendiri. Contohnya lazada, zalora, agoda, amazon dll

Bagaimana sistem kerja reseller? 

Beli produk di internet -> jual kembali secara konvensional atau online -> dapat untung
Kalau model ini kamu perlu modal lumayan karena cara kerjanya sama dengan kulakan biasa. Tapi secara bisnis lebih terpercaya karena kamu punya stock barangnya. Jadi kalau ada konsumen yang ingin melihat produknya secara langsung kamu bisa menunjukkan dengan rasa percaya diri.
Jika kamu sukses dengan bisnis dropship dan affiliate marketing, modalnya bisa buat membiayai sistem reseller dan membuka toko onlne plus offline sekaligus.

Cara memasarkannya gimana, Om?

Kan sudah dibahas di atas. Buat toko online dengan web gratisan semacam blogspot, wordpress, tumblr dll. Promosikan lewat facebook, BBM, Whatshapp, Instagram. Bisa juga pasang iklan di situs iklan gratis / marketplace macam tokopedia, olx, bukalapak, berniaga dan banyak lagi.

Tapi saya orangya pemalu, tak bisa jualan Om

Move on dong. Belajar bergaul dengan banyak orang. Aktif di forum diskusi internet semacam kaskus, bersosial, forum detik, kompasiana, viva. Kamu bisa belajar banyak tentang segala hal dari para master bisnis tanpa keluar duit.

Tapi katanya bisnis online itu pusatnya modus penipuan

Memang benar. Tapi tidak semuanya. Makanya jangan mudah tergoda jika ada penawaran menggiurkan yang tak masuk akal. Apalagi jika disuruh transfer sejumlah uang dengan iming-iming akan mendapat untung berlipat ganda. Sudah banyak kasus penipuan online yang merugikan banyak pihak. So, jangan biarkan dirimu jadi korban PHP berikutnya.

Kayaknya bisa dicoba. Tapi saya tak punya uang buat beli paket kuota internet Om
Pakai wifi corner gratis di alun-alun, nebeng hotspot tetangga atau kalau tak tau malu minta duit sama calon mertua buat beli pulsa atau buat modal sekalian.

Tapi Om...
Tapi om sudah ngantuk nih. Lain waktu disambung lagi dengan info bisnis yang lebih mantap lagi ya hehehe...

Baca juga: Tips Perencanaan Bisnis Secara Matang

Kesimpulan:

Secara teori maupun realita, bisnis tanpa modal itu tidak pernah ada alias mitos. Jangankan berbisnis. Merampokpun perlu modal coy!! Yang paling masuk akal adalah usaha dengan modal kecil, bisnis modal ketrampilan (skill) plus sedikit nekad (bonex).

Kesuksesan tak mungkin diraih secara instant. Semua perlu proses, kesabaran, keuletan, semangat pantang menyerah dan kerja keras disertai doa.

Tak ada cara cepat kaya raya tanpa resiko, kecuali kalian terlahir sebagai anaknya Bill Gates, Donald Trump atau keberuntungan luar biasa tiba-tiba dikirimi dana hibah oleh Raja Arab (mimpi kali ye...).

Akhir kata, selamat mencoba berbisnis online modal dengkul. Buktikan kalau memang ada jenis usaha yang benar-benar tanpa modal sepeserpun. Semoga tulisan singkat ini menambah wawasan kita tentang dunia bisnis online yang menjanjikan pendapatan tak terbatas. Maaf jika Anda tidak sependapat. Salam enterpreneur!!

Facebook Comments

3 komentar

This comment has been removed by a blog administrator.

Bener sekali, sy setuju dengan pendapat om. Kalo tanpa modal secuilpun itu namanya bukan bisnis tapi bohong! tp mungkin maksud dr kata2 tanpa modal itu hanya istilah utk memancing anak muda terjun berwirausaha drpd jadi pengangguran. ambil sisi positif thinking ajalah.
Btw, kajian ilmiahnya bermanfaat banget en menghibur. Meskipun kalo dibaca secara teliti artikel ini agak gimana gitu kayak ada yg rancu antara judul dgn isi. Maaf kritik dikit gak papa kan... hehe

Balas

Kritik dan saran adalah hal yang bagus sebagai bahan untuk evaluasi dan instropeksi guna meningkatkan kualitas. So, tak perlu sungkan untuk memberi masukan yang membangun.
Terima kasih banyak atas sarannya

Balas