Strategi cara mencari order borongan renovasi rumah – Untuk mendapatkan proyek bangunan bisa jadi kendala bagi para
kontraktor bangunan pemula. Jangankan dapat tender menggarap proyek besar
seperti membangun gedung kantor pemerintah, apartemen, hotel, real estate atau
perumahan elite. Dipercaya konsumen untuk sekedar renovasi rumah kecil-kecilan
saja tidak gampang
Seperti sudah disinggung dalam artikel sebelumnya, cara jadi kontraktor bangunan itu mudah dan (nyaris) tanpa modal. Hanya saja untuk
mendapatkan order garapan itu yang tak mudah. Terutama bagi pemborong pemula
yang belum punya nama. Biasa, namanya saja baru merintis usaha. Otomatis belum
dikenal sehingga susah untuk mendapat kepercayaan dari calon client
Lalu bagaimana tips strategi untuk memasarkan jasa
borongan bangunan? Berikut tips singkat cara promosi serta mencari konsumen.
Silahkan dicoba
1. Mulai membangun pribadi yang layak dipercaya konsumen
Perlu digaris-bawahi, jasa borong bangunan adalah jenis
usaha yang unik. Terutama dalam memasarkan dan mencari konsumen. Berbeda dengan
jenis bisnis lain, faktor kepercayaan sangat dominan sebagai bahan pertimbangan
calon client dalam memilih pemborong. Itu sebabnya jarang kita temui pelaku
jasa pemborong bangunan jor-joran pasang iklan promosi guna menggaet pelanggan
Hal pertama yang harus dilakukan adalah membangun
kepercayaan diri sendiri dahulu. Jika kita kurang pede dengan diri sendiri,
bagaimana client akan percaya pada kita?
2. Mulai promosikan pada orang yang kenal
Ini merupakan strategi marketing standar bagi pebisnis
pemula dan merupakan awal promosi paling mudah. Bagus sebagai tahap belajar
mempresentasikan jasa yang kita tawarkan. Kecuali Anda sudah jago dalam hal
menghadapi calon konsumen sih tidak jadi soal
Langsung menawarkan jasa borongan sama orang luar
mungkin ada rasa grogi. Tapi berbicara dengan teman, saudara, tetangga atau
kenalan membuat kita percaya diri. Kemungkinan mereka mempercayai kita juga
lebih besar karena sudah kenal sebelumnya. Atau faktor rasa sungkan jadi alasan
mereka memanggil Anda saat ingin membangun atau merenovasi rumah.
Makanya, jadi orang itu harus bersikap baik pada
sesama. Jangan baik kalau pas lagi butuh. Kalau secara pribadi kita dikenal
sebagai sosok yang baik, saat menawarkan produk barang atau jasa borongan tentu
akan mendapat feed back yang baik juga. Beda kalau di kampung kita terkenal
sebagai orang jahat, siapa yang mau memakai jasa kita. Mereka pasti mikir,
jangan jangan ntar dikasih duit malah ditilap lagi...
3. Menjaga Kepercayaan dari konsumen
Satu dua pelanggan awal dalam debut bisnis jasa
pemborong merupakan pilar yang harus dijaga tetap kokoh. Jagalah nama baik kita
untuk mendapatkan kepercayaan dari kondumen lain. Jika segelintir pelanggan
awal sudah kita bikin kecewa, itu alamat kurang baik bagi kelangsungan usaha
kita di masa depan
Bagaimana cara menjaga kepercayaan konsumen?
Selengkapnya bisa Anda baca di postingan sebelumnya. Atau ini ringkasan
singkatnya
- Memakai bahan dan takaran sesuai perjanjian. Jangan
karena ingin laba besar lantas mencampur semen dan pasir di bawah ukuran
standar; memakai besi beton esser terlalu kecil; menggunakan kayu jelek;
memasang keramik rejek dll. Intinya jangan membodohi konsumen. Jadilah
kontraktor yang jujur, jangan jadi pemborong nakal
- Mempekerjakan mandor, tukang dan kuli bangunan yang
berpengalaman sehingga hasil kerjanya kuat, rapi dan cepat selesai
- Tidak meminta biaya tambahan diluar perjanjian. Jika
ada kondisi yang menyebabkan pembengkakan biaya, sebaiknya dibicarakan
baik-baik dengan pelanggan. Misalnya karena desain bangunan berubah, faktor
cuaca, kenaikan harga material bahan bangunan dll
Menjaga nama baik itu tidak kalah penting dengan
menjaga kualitas bangunan itu sendiri. Jadi melayani dan memuaskan pelanggan
sesuai keinginan mereka itu wajib hukumnya
4. Minta rekomendasi dari pelanggan
Semua pebisnis pasti tahu bahwa rekomendasi dari
konsumen merupakan salah satu pintu gerbang masuknya konsumen yang lain. Apalagi
bisnis di bidang jasa, menjadikan pelanggan loyal sebagai marketing merupakan
keharusan. Mekanismenya jelas yaitu:
Konsumen puas -> merekomendasikan jasa renovasi /
membangun rumah kita pada kenalan mereka -> saat kenalan mereka butuh, kita
akan dihubungi -> deal -> proses pengerjaan -> pekerjaan selesai
dengan hasil bagus -> pelunasan -> kita mendapat keuntungan; pelanggan
puas -> merekomendasikan lagi pada rekan mereka -> nama bisnis jasa
borongan kita makin terkenal -> garapan laris manis
Nah, untuk mendapatkan efek viral dari konsumen, maka
kita harus menjaga kualitas dan nama baik, seperti sudah kita bicarakan di
atas. Dan itu tidak bisa dilakukan dalam semalam seperti Bandung Bondowoso
membangun 1000 candi buat Roro Jonggrang.
5. Menjalin kerja sama dengan developer dan kontraktor
besar
Cara mencari order dengan menawarkan jasa borongan kita
pada developer (pengembang properti) atau kontraktor besar selayaknya kita
coba. Nama-nama dan alamat PT perusahaan properti ini bisa Anda cari di google.
Cobalah kirimkan proposal kerja sama sebagai
sub-kontraktor. Cantumkan harga yang kompetitif. Sertakan portfolio kita berupa
foto-foto serta lokasi rumah yang pernah kita kerjakan. Lebih bagus jika Anda
punya website company profile. Selain terlihat profesional juga memudahkan
calon relasi untuk melihat informasi lengkap tentang usaha Anda
Developer dan PT kontraktor kelas kakap biasanya tidak
mengerjakan semua proyek raksasa sendiri. Mereka juga butuh mitra kerja untuk
membangun gedung agar cepat selesai. Dan kriteria mitra kerja yang mereka
inginkan itu diantaranya:
- Harga borongan murah, lebih bagus jika rela dibayar
mundur
- Hasil pekerjaan bagus sesuai standar yang mereka buat
- Mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline
Jika Anda merasa memenuhi semua persyaratan tersebut,
kirim proposal melalui pos atau email. Siapa tahu mereka bersedia menjalin
kerjasama dalam jangka panjang sehingga Anda tidak dipusingkan dengan masalah
sulitnya mencari pelanggan tetap
Tapi menjadi sub-kontraktor juga beresiko. Selain
keuntungan lebih kecil, resiko tidak terbayar juga besar. Maka hati-hati
memilih developer yang terpercaya. Sebaiknya pilih PT terkenal yang sudah
terbukti membayar para sub-kontraktornya
6. Promosikan di berbagai media
Walau jarang ada pemborong bangunan yang mempromosikan
usahanya, tidak ada salahnya kita melakukan hal tersebut. Ada banyak media
promosi online maupun offline untuk mempromosikan jasa borong bangunan /
renovasi rumah kita. Antara lain:
- Grup-grup social media dan media chat terkenal (FB, IG,
WA, BBM, Twitter, G+, Linkedin dll)
- Pasarkan di marketplace yang memuat kategori jasa atau
properti seperti sejasa
- Pasang iklan di situs iklan seperti OLX
- Aktif di forum properti
- Buat website company profile dan optimasi SEO-nya agar
muncul di halaman pertama pencarian Google dan search engine lain
- Daftarkan di GoogleMyBusiness agar ditampilkan dalam
peta lokasi bisnis agar mudah ditemukan di internet
- Berkomentar di blog / website yang membahas tentang
seluk beluk dunia properti
- Membayar jasa review pada blog-blog properti terkenal
- Pasang banner, spanduk, pamflet, billboard di
tempat-tempat keramaian
- Bagikan / titipkan brosur di toko bangunan atau toko
besi kenalan kita
- Jadi sponsor di acara pameran / expo properti
Serta masih banyak cara promosi lain yang bisa kita
lakukan. Sebaiknya jangan pelit mengeluarkan biaya untuk pasang iklan berbayar
biar nama jasa kontraktor bangunan kita cepat dikenal masyarakat
Tapi harus diingat. Pasang iklan hanya salah satu media
pemasaran yang dampaknya tidak bisa langsung terlihat. Dan pastinya, kualitas
pekerjaan dan pelayanan kita tetap merupakan kunci utama. Mau promosi segetol
apapun kalau hasil bangunan yang kita kerjakan buruk, justru akan memicu
pelanggan untuk berkomentar buruk di internet. Jadi rugi kan?
So, sebelum promosi membabi buta, sebaiknya benahi dulu
usaha jasa borongan renovasi rumah kita. Jika kualitas bagus plus didukung
promosi efektif, pasti lebih banyak konsumen antri memakai jasa kita
Boleh juga menjalin hubungan dengan para birokrat. Tapi
lakukan dengan cara-cara resmi sesuai prosedur. Jangan menyalahi aturan hukum
serta kode etik bisnis. Ingat banyak kontraktor nakal terjerat kasus korupsi
karena menyuap pejabat!!
Itu tadi tips sederhana dalam promosi, memasarkan,
mencari dan mendapatkan pelanggan pada usaha jasa kontraktor bangunan dan
renovasi rumah bagi pemborong pemula. Strategi pemasaran ini bisa juga
diterapkan pada jenis bisnis jasa yang berhubungan dengan properti. Misalnya
jasa tukang taman, jasa pengejatan dinding rumah, jasa pasang atap, plafon, lis
gypsun, jasa bikin pagar, carpot dll. Semoga anda berhasil mendapat tender
proyek besar