-->

Peluang Usaha Menjanjikan Jasa Bengkel Las

Dari sekian banyak peluang bisnis, membuka usaha bengkel las yang melayani jasa pemesanan / pembuatan pagar, kanopi, teralis adalah salah satu jenis usaha dengan prospek menjanjikan. Baik dari segi keuntungan maupun pangsa pasar (kebutuhan konsumen). Saya tak asal bicara karena telah 9 tahun terjun berwiraswasta di bidang jasa ini di kota Malang, Jawa Timur.

foto suasana kerja di bengkel las asli jl batu amaril 8a malang
proses pengerjaan kanopi di bengkel las
Foto diatas merupakan contoh suasana bengkel las saya saat pekerja (tukang las) sedang menggarap kanopi pesanan pelangan. Sederhana dan tak terlalu besar tapi lumayan sebagai tempat mengais rezeki halal 😄

Bisnis yang bergerak di sektor jasa pengelasan material berbahan dasar logam besi, baja dan stainless steel ini punya potensi besar karena beberapa alasan berikut ini:

#1. Bangunan Makin Banyak

Lihat saja, tiap tahun makin banyak didirikan gedung, kantor, pabrik, perumahan, ruko, gudang serta bangunan lain. Berdasar data dari REI (Real Estate Indonesia), pertumbuhan properti pertahun rata-rata mencapai 10-20%. 

Dari segi pangsa pasar, artinya permintaan akan produk pendukung seperti pagar, teralis, kanopi, pintu harmonika, rolling door juga ikut terdongkrak. Imbasnya wirausahawan bengkel las dan jasa konstruksi baja juga ikut kecipratan rejeki nomplok.

Apalagi seiring makin melambungnya harga kayu, trend yang berkembang saat ini banyak pemborong beralih menggunakan bahan lain yaitu kanal C besi maupun baja ringan (galvalum) sebagai bahan rangka atap bangunan. 

Meskipun untuk pemasangan rangka atap baja ringan tak perlu pengelasan, namun produk ini masih terkait erat dengan logam sehingga merupakan lahan basah bagi pengusaha bengkel las.


#2. Produk Hasil Las Sudah Jadi Kebutuhan Penting

Dulu, produk hasil pengelasan seperti pagar, teralis, canopy dll merupakan barang mewah. Tapi kini sudah jadi kebutuhan penting yaitu:

  •  Sebagai alat pengamanan

Bengkel las makin dicari konsumen untuk memesan pagar dan teralis guna mengamankan rumahnya dari pencuri. Nah, rasa aman ini yang paling penting. Maklum tingkat kejahatan kian tinggi sehingga pemilik rumah tak akan merasa khawatir saat beraktifitas keluar rumah.

Sedang kanopi biasanya berfungsi melindungi kendaraan (mobil dan motor) dari panas dan hujan. Ini terutama untuk rumah yang tak memiliki garasi di dalam sehingga kendaraannya diparkir di halaman (carpot)

  • Untuk Mempercantik Tampilan Rumah

Selain fungsi utama sebagai pengaman, customer memesan pagar, teralis, kanopi, pintu besi dari bengkel las itu guna mempercantik tempat tinggalnya. Karena alasan estetika dan keindahan inilah kadang orang rela merogoh kocek puluhan juta rupiah untuk memesan pagar mewah.

Ini menjadi peluang bisnis yang super menjanjikan sekaligus tantangan berat bagi pelaku usaha bengkel las. Tukang las dituntut punya keahlian tingkat tingi untuk menghasilkan produk berkwalitas jempolan sehingga konsumen merasa puas. Berdasar pengalaman, konsumen type beginian tak mempermasalahkan soal harga. Berapapun tarif yang dipatok akan dibayar asal hasilnya sesuai dengan keinginannya. 

Itulah salah satu kelebihan bisnis jasa, termasuk juga jasa las. Keuntungan yang diraih cukup besar. Kuncinya: berikan pelanggan kepuasan !


#3. Membuka Bengkel Las Cukup Modal Kecil

Berapa kisaran modal uang yang harus disiapkan untuk membuka usaha bengkel las? Sekitar 10 juta. Rincian estimasinya berikut ini:
  • Untuk sewa tempat 5 juta/tahunKarena bengkel las tak perlu tempat yang bagus dan lokasi yang strategis, sebaiknya pilih kontrakan yang murah saja asal cukup luas dan akses jalannya cukup untuk dilewati pick up. Idealnya bengkel las itu luasnya 7x7 meter atau lebih. Ini karena panjang pipa besi adalah 6m. Jadi jika areanya kurang dari 6m cukup merepotkan dalam penyimpanan bahan maupun proses pengerjaan.
  • Membeli peralatan dan perlengkapan bengkel: mesin las listrik inverter, gerindra, cutting (alat pemotong besi), bor, compressor (untuk pengecatan) dll kurang lebih 5 juta.

Catatan: 
- Untuk sewa tempat mungkin perkiraan tadi kurang akurat karena tiap daerah beda tarif. Jika punya tempat sendiri malah lebih bagus.
- Peralatan tersebut hanya alat utama yang wajib ada untuk kelancaran kerja. Jika usaha telah berjalan, perlu ditambah alat pendukung seperti mesin tekuk plat / pipa dll.
Pengalaman saya pertama buka bengkel las pada tahun 2008 sih hanya perlu modal 2 juta hasil gadein BPKB motor untuk beli alat tersebut. Tapi sekarang tentu harganya telah berubah.


#4. Kelebihan dan Kekurangan Usaha Bengkel Las

Untuk kelebihan atau nilai plus dari bisnis jasa las telah dibahas di atas. Saatnya kita ungkap kekurangan dari usaha jenis ini. Iyalah, tak fair dong kalau kita hanya ngomongin dari segi enaknya doang. Dimana-mana semua bisnis itu pasti ada plus minusnya kan?
  • Usaha bengkel las itu perputaran uangnya lama. Untuk menyelesaikan pesanan pagar, kanopi, pintu besi pelanggan perlu waktu 3 hari s/d 1 bulan tergantung volume dan tingkat kesulitan. Cara agar perputaran modalnya cepat: Perbanyak order yang otomatis harus menambah karyawan (tukang las) dan peralatan.
  • Rawan complain dari pelanggan jika hasil garapan tak sesuai dengan keinginan dan waktu yang dijanjikan meleset / molor jauh. Cara mengatasi: Jaga kualitas dan jangan menjanjkan waktu terlalu mepet. Misalnya perkiraan waktu pengerjaan adalah seminggu, maka kita janji ke konsumen selesainya 2 minggu. Ini untuk mengantisipasi molornya penggarapan karena kesalahan teknis atau sebab lain.
  • Banyak pesaingnya. Karena bisnis ini sangat mudah dijalankan dan tak terlalu butuh modal besar, maka banyak yang membuka bengkel las. Tukang las yang sudah agak pintar biasanya buka bengkel sendiri. Cara mengatasinya: Pergencar promosi, jaga kualitas, beri konsumen pelayanan yang beda dari pesaing. Atau bisa juga dengan cara banting harga (tapi cara ini tak dianjurkan karena bisa merusak pasaran hinga terjadi persaingan tak sehat yang ujung-ujungnya merugikan usaha sendiri)
Tips terkait: Cara Mendapatkan Ide Peluang Usaha

Info peluang usaha bisnis jasa bengkel las di atas tadi berdasar pengalaman pribadi yang menurut saya prospeknya cukup menjanjikan. Laba atau keuntungan yang saya peroleh lumayanlah untuk mencukupi perekonomian keluarga. Mungkin pembaca tidak sependapat atau punya opini lain silahkan dishare di kolom komentar. Bagi yang minat terjun ke bisnis jasa las semoga analisa ini bermanfaat. Saya doakan Anda semua jadi pengusaha sukses secara materiil maupun moril.

Facebook Comments

2 komentar

Untuk alat las pastinya membutuhkan listrik yang tinggi, bagaimana mengatasi hal tersebut, karena tidak semua tempat memiliki listrik yang memadai?

Balas

Jika berkenan silahkan kirim komentar, memberi masukan, kritik yang membangun, share pengalaman atau promosi bisnis anda sesuai materi pembahasan