Tips Memilih Lokasi Usaha yang Tepat

pertimbangan dalam menentukan lokasi usaha
survey lokasi bisnis
Tips Memilih Tempat Usaha yang Tepat - Tempat usaha merupakan hal penting yang perlu dipersiapkan sebelum memulai bisnis. Lokasi bisnis berpengaruh besar terhadap hasil yang akan dicapai. Ingat slogan bagi murid tukang nyontek saat kita sekolah dulu: “posisi menentukan prestasi.” Hal ini juga berlaku dalam dunia wiraswasta. Semakin strategis tempat usaha, semakin besar kemungkinan akan diserbu konsumen. Contohnya, toko yang laris manis biasanya terletak di tempat keramaian dan strategis.

Untuk itu, dalam menyusun business plan, faktor mencari dan menentukan tempat usaha wajib dimasukkan sebagai unsur penting. Sama krusialnya dengan merencanakan bisnis itu sendiri. Dimana para pakar ekonomi sepakat, perencanaan bisnis secara matang sangat penting sebelum kita memulai usaha. Baik itu bisnis besar atau usaha kecil-kecilan. Planning yang bagus kemungkinan besar akan mendapat hasil sesuai harapan. Begitu pula sebaliknya. Perencanaan yang asal-asalan atau bahkan tanpa rencana, ibarat berjalan di tengah malam tanpa arah tujuan. Gelap

Kembali ke tips cara memilih tempat usaha yang tepat. Kebanyakan pebisnis pemula terbentur keterbatasan dana dalam menentukan dan menyewa lokasi bisnis sesuai keinginan. Padahal, seperti disinggung di atas, kalau tempatnya strategis, peluang berhasilnya bisnis tersebut juga semakin besar.

Tetapi, lokasi bisnis yang letaknya strategis itu kan mahal? Tentu saja. Segala sesuatu ada harganya. Untuk itulah, kita harus pikirkan 7 hal dasar pertimbangan saat mencari tempat usaha sebagai berikut:
  1. Budget anggaran yang dimiliki
  2. Lingkungan tempat usaha
  3. Sesuaikan dengan jenis usaha
  4. Akses jalan menuju lokasi
  5. Ketersediaan lahan parkir
  6. Keamanan tempat usaha
  7. Ada fasilitas penunjang kelancaran usaha (instalasi listrik, air, kamar mandi dll)
Kita bisa survei beberapa lokasi dan harga sewanya untuk menyesuaikan dengan budget. Inilah yang menentukan. Mau lokasinya strategis apa pun, kalau anggaran tidak mencukupi, ya percuma, tidak ada gunanya. Kita harus realistis. Carilah tempat sestrategis mungkin sesuai dengan budget yang kita punya. Jangan memaksakan sewa tempat di luar kemampuan. Karena modal kita bukan untuk menyewa tempat saja.

Perlu dipahami. Pengertian strategis bukan berarti sebuah tempat atau lokasi yang ramai dengan orang lalu lalang. Karena tempat yang ramai belum tentu menguntungkan. Strategis artinya memiliki pasar yang jumlahnya cukup potensial untuk membeli produk Anda. Kalau tempatnya ramai tapi tidak sesuai target pemasaran, itu bukan strategis. itu hanya tempat yang ramai. Misalnya Anda membuka salon / klinik kecantikan mewah di tengah perkampungan kumuh. Memang banyak yang tertarik, tapi siapa yang sanggup membayar biaya perawatan kulit di klinik Anda?

Kesalahan dalam memilih tempat membuka bisnis, akan menambah biaya operasional. Tidak akan sebanding antara biaya yang dikeluarkan untuk mengelola, promosi dengan omzet dan keuntungan yang akan diterima.

Jadi, tentukan lokasi bisnis kita dengan benar. Pikir dan hitung kemungkinan untung ruginya. Jangan sampai hanya karena ingin berhemat lantas menyewa tempat murah tapi lokasinya sulit ditemukan calon pelanggan. Hitung berapa besarnya biaya yang harus kita keluarkan untuk promosi agar orang tahu lokasi bisnis Anda.

Bisa jadi biaya yang dikeluarkan untuk promosi besar-besaran demi membuat orang mengenal lokasi kita, ketika dihitung-hitung ternyata jauh lebih besar daripada jika kita menyewa lokasi yang strategis. Sebaliknya, jangan sampai kita mendapatkan tempat yang sangat strategis, tapi persediaan untuk biaya lain jadi tidak ada karena semua uang sudah digunakan untuk menyewa tempat di luar kemampuan Anda.

Untuk itulah kita harus pandai mensiasati segala kemungkinan. Karena tidak semua usaha itu perlu tempat yang ramai. Beberapa bisnis tidak periu lokasi strategis, seperti bisnis online, ternak (kebanyakan harus jauh dari permukiman), atau pabrik. Bagi bisnis produksi. seperti pabnk dan ternak, mereka malah harus jauh dari tempat penduduk karena akan ada limbah yang mungkin mengganggu masyarakat sekitar. Sedangkan untuk bisnis online. yang dibutuhkan hanya kemampuan dalam mengelola web dan melayani konsumen dengan baik dalam hal pengiriman maupun komplain.

Sebagai saran, jika dana untuk modal terbatas, lebih baik memilih jenis usaha yang bisa dijalankan dari rumah. Jadi, kita tak perlu pusing mencari tempat usaha di luar. Contohnya: jasa servise panggilan, jasa rias pengantin, jasa desain website dan bisnis online sejenisnya. Bisnis-bisnis tersebut tak terlalu dipengaruhi oleh lokasi. Asal akses menuju tempat usaha bisa dilewati oleh customer, tak masalah walau usahanya nyelempit di dalam gang

Catatan: Sesuaikan lokasi dengan jenis bisnis yang hendak kita kelola. Sebab ciri-ciri lokasi usaha yang bagus untuk buka bengkel tentu beda dengan tempat usaha yang bagus buat usaha laundry, catering, jualan pakaian, usaha peternakan, persewaan, tempat hiburan dll

Demikian tips singkat mencari lokasi tempat usaha yang tepat sesuai jenis bisnis. Semoga Anda berhasil menemukan lokasi bisnis strategis sesuai keinginan. Salam sukses!!

Sumber referensi:
Ardy Wijaya, hal 20-21, “101 penyakit terparah dalam bisnis serta solusinya”, javalitera, Jogjakarta, 2015
This Is The Newest Post
Facebook Comments

0 komentar

Jika berkenan silahkan kirim komentar, memberi masukan, kritik yang membangun, share pengalaman atau promosi bisnis anda sesuai materi pembahasan

This Is The Newest Post