Kata Kata Atasan Untuk Memotivasi Bawahan

“Apa kata-kata ucapan dari pemimpin, atasan, boss yang membuat motivasi kerja Anda sebagai karyawan meningkat?” Dalam artian mampu menghipnotis, membangkitkan semangat, menambah gairah dan etos kerja anak buah?

Pertanyaan tersebut pernah saya tanyakan pada teman-teman yang berprofesi sebagai karyawan di berbagai perusahaan swasta maupun pegawai negeri. Beberapa saya tanya langsung, lainnya melalui chat / email karena tempat tinggalnya jauh di luar kota

Maksudnya sih, bikin semacam survey kuisioner untuk mengetahui bagaimana cara para boss besar memotivasi bawahannya. Kata-kata dan kalimat kepemimpinan seperti apa sih yang bisa memberi pengaruh positif pada karyawannya. Apakah sama dengan self motivation, kata-kata bijaksana dari tokoh pemimpin perusahaan dunia. Ataupun kalimat inspiratif para motivator bisnis yang banyak tersebar luas di internet?
cara menumbuhkan semangat kerja bawahan
kata-kata motivasi pemimpin ini membuat karyawan semangat 
Dari awal saya tahu, metode survey ini kurang tepat sasaran. Karena memilih responden dari teman akrab sendiri itu beresiko mendapat jawaban kurang valid. Tapi niat saya memang sekedar iseng, sekaligus bersay hello saja. Maklum, karena kesibukan masing-masing, jadi jarang kontak
  
Benar saja. Dari sekitar 20-an orang teman yang saya jadikan responden dalam survey kecil-kecilan ini, sampai saat tulisan ini saya ketik, 15 orang membalas. Sedang 5 lainnya belum. Mungkin karena tak sempat atau emailnya tak pernah dibuka. Dan jawaban mereka, seperti sudah saya duga, tak ada yang menanggapi secara serius.

Maklum, namanya juga teman lama. Kebiasaan becanda dari masa sekolah / kuliah dulu tak pernah hilang. Orang ditanya serius, dijawab dengan kalimat guyonan.

Dan, hasil survey membuktikan. Meskipun dengan gaya bahasa beragam, ini hasilnya. Dari pertanyaan:
Apa kata ucapan dari atasan yang membuat motivasi kerja Anda meningkat?
10 dari 15 orang menjawab:
“Kerja yang rajin ya, bulan depan gaji kamu naik.”
Trarara....!!

Jawaban lain, hampir serupa, setali tiga uang. Ini ucapan kata-kata motivasi dari pemimpin / boss yang paling tokcer bikin anak buah semangat 45 dalam bekerja. Setidaknya, menurut versi sahabat-sahabat saya! Terkait: kata inspirasi pengusaha muda
“Tolong, kerjaan ini diselesaikan cepat. Kalau proyeknya deal, nanti ada bonus tambahan.”
“Jatah cuti untuk lebaran kali ini akan diperpanjang. Dengan catatan: Semua urusan kantor diselesaikan secepatnya.”
“Good job!! Nih, ada hadiah khusus buat kamu. Tingkatkan lagi kinerjanya, hadiah lebih besar menanti”
“Yang kerjaannya sudah selesai, boleh pulang duluan.”
“Kayaknya kamu berbakat di bidang ini. Jika prestasi kamu terus seperti ini, tak lama lagi bakal naik jabatan.”
Oh, ternyata begitu cara paling ampuh, efektif dan efisien bagi direktur perusahaan dalam memotivasi bawahannya. Mudah sekali cara untuk memacu spirit karyawan ya. Tak perlu menggunakan kata-kata bijak super fantastis untuk memotivasi bawahan. Cukup dengan sedikit kata-kata pujian, kalimat sederhana, tapi langsung tepat sasaran

Well... Setelah baca artikel ini, para boss, juragan, CEO, direktur, founder, manager MSDM dan jajaran top management perusahaan kayaknya tak usah mengundang motivator trainer lagi deh. Dana buat bayar jasa mentor consultant management sumber daya manusia, mending dialokasikan buat kasih reward pada karyawan berprestasi saja. Jadi, karyawan lain terlecut semangatnya biar dapat penghargaan yang sama.

Maaf, bercanda. Kan semua sudah ada budged masing-masing. Lagi pula trik ini bakal menyedot anggaran di luar gaji pokok luar biasa. Bayangkan, jika perusahaan punya ribuan karyawan, berapa besar “biaya motivasi” yang harus dikeluarkan?

Tapi meskipun dalam konteks tak serius, setidaknya, itulah gambaran dari harapan para bawahan. Sebab, tak dapat dipungkiri, motif orang bekerja itu sebagian besar karena alasan ingin mendapat income penghasilan yang layak. Munafik kalau ada yang bilang kerja itu hanya untuk mempraktekkan ilmu yang di dapat di bangku kuliah.

Jadi buat Pak Boss dan Bu Boss, boleh juga tuh dipraktekin tips ngaco dari saya. Manfaat paling nyata adalah membuat bawahan merasa jerih payahnya dihargai. Hati jadi senang diperlakukan adil. Karyawan yang bekerja dengan hepi, energinya bertambah. Konsentrasi meningkat. Rasa tanggung jawabnya jadi besar. Punya loyalitas yang tinggi

Siapa tahu, setelah diterapkan, kinerja karyawan Anda jadi berlipat ganda. Efek dominonya bisa jadi menghasilkan keuntungan berlipat, jauh lebih besar dari “bonus thank you” yang dikeluarkan. Contohnya Google. Penguasa dunia maya ini terkenal royal dalam menggaji karyawan. Hasilnya? Warbyazah!!

Anda sendiri gimana, Om? Apa sudah diterapkan sendiri di perusahaannya? Apa sudah merasa jadi pimpinan yang tidak egois, adil bijaksana di mata pegawainya?

Eh, soal itu... kita bahas yang lain saja ya? Hahaha...

Catatan: Artikel ini hanya sekedar intermezo. Bukan cerminan dari contoh kata-kata pemimpin yang baik dan bijaksana. Bukan juga kalimat sindiran untuk boss yang egois, sok berkuasa, suka marah, menyebalkan dll. Sama sekali tak ada maksud tertentu. Tapi jika beneran dipraktekkan, maka seluruh bawahan di Indonesia pasti menyambut dengan gegap gempita. Dan hari ini akan dikenang sebagai “Hari Thank You” sedunia. Catat... Baca juga: kata kata motivasi bisnis

Oke, buat pembaca yang budiman. Jika kebetulan Anda adalah karyawan, tolong bantu isi survey di kolom komentar ya? Kali ini jawabnya yang serius. Sebab hasil polling akan diserahkan ke ABSI (Asosiasi Boss Seluruh Indonesia). Pertanyaannya sama persis: “Apa kata ucapan dari atasan yang membuat motivasi kerja Anda sebagai bawahan meningkat?” Atau dengan pertanyaan sepadan: “Contoh kata-kata pemimpin untuk memotivasi karyawan paling efektif itu bagaimana?”
Facebook Comments

0 komentar