Analisa Kelebihan - Kelemahan Usaha Laundry

plus minus bisnis landry
analisa bisnis laundy kiloan
Apa kelebihan dan kekurangan usaha laundry? Bagi yang ingin membuka usaha laundry kiloan pasti menghitung untung rugi sebelum memulainya. Bagus, berarti anda termasuk tipe wirausahawan yang hati-hati sebelum melangkah. Memang sebaiknya dianalisa dulu: prospek ke depannya bagaimana | pangsa pasarnya bagaimana | cara pemasarannya bagaimana | modal awal dan biaya operasionalnya berapa | tingkat persaingannya bagaimana | apakah cepat BEP atau lama | bagaimana hambatan dan resikonya. Jangan asal ambil peluang usaha tanpa planning matang

Keuntungan dan kerugian - kelemahan usaha laundry kiloan yang perlu diketahui akan kita bahas dalam analisa usaha laundry berikut ini. Jangan sampai tergiur tetangga sebelah sukses berbisnis laundry kita ikut-ikutan buka namun yang dipikirkan hanya dari segi keuntungannya saja. Padahal semua bisnis pasti ada plus minusnya

Rangkuman singkat keuntungan dan kelemahan bisnis laundry

Berhubung uraian artikel ini sangat panjang, admin bisnis jasa akan menempakan rangkuman 9 kelebihan dan 6 kekurangan usaha laundry kilauan ini di awal. Tujuannya bagi anda yang malas baca penjelasan panjang lebar bisa langsung pada inti pembahasan

9 keuntungan bisnis laundry:


  1. Modal awal membuka usaha laundry relatif kecil
  2. Cocok sebagai usaha sampingan / bisnis rumahan
  3. Mudah dijalankan
  4. Cara promosi laundry sederhana
  5. Termasuk jenis usaha yang banyak dibutuhkan masyaakat
  6. Usaha yang bertahan lama
  7. Prosentase keuntungan lumayan besar
  8. Beban gaji karyawan kecil
  9. Resikonya kecil

6 kelemahan usaha laundry kiloan dan cara mengatasinya:


  1. Mudah ditiru sehingga banyak pesaing
  2. Hambatan cuaca
  3. Sulit berkembang
  4. Perputaran uang lambat
  5. Masalah saat listrik dan air mati
  6. Resiko komplain pelanggan

itulah kisi-kisii utama artikel ini. Jika tertarik untuk baca penjelasan lebih detail silahkan lanjut baca analisa laundry rumahan ini. Disini kami mencoba mengupas tuntas serta memberi solusi bagaimana cara mengatasi masalah yang ada. Harapannya memberi manfaat bagi pengelola atau anda yang tertarik buka usaha laundry kiloan. Tapi maaf sebelumnya, kami bukan sok keminter. Hanya ingin berbagi pengetahuan saja

9 Kelebihan usaha laundry

Kita bahas apa kelebihan jasa cuci kering + setrika pakaian terlebih dulu biar semangat. Biasanya kalau bicara soal pahitnya orang jadi malas duluan

1. Modal usaha laundry relatif kecil

Kelebihan usaha jasa laundry baju, sepatu, karpet adalah modal awal yang dibutuhkan relatif kecil. Berapa? Sekitar 20 - 30 jutaan. Saya bilang relatif kecil karena uang 20 juta bagi sebagian orang mungkin termasuk besar. Tapi nilai tersebut bisa ditekan karena cost terbesar terletak pada sewa tempat / ruko. Kalau dikerjakan dari rumah, 10 jutaan cukuplah

Apa saja alat perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuka bisnis laundry kecil-kecilan? Berikut rincian perkiraan biayanya:

  • Sewa tempat ruko (tidak mutlak) = 10.000.000,-
  • 1 unit mesin cuci + pengering pengering pakaian = 6.000.000,-
  • Seterika, timbangan, perlengkapan rak, meja kursi, ember, plastik bag, jemuran, gantungan baju dll = 4.000.000,-

Untuk biaya operasional seperti biaya listrik, air, sabun deterjen, pawangi baju, gaji karyawan tidak kita hitung karena kita anggap bisa tercover oleh hasil dari pelanggan yang mencucikan pakaian. Dan biaya tersebut mungkin sedikit berbeda tergantung merk dan harga mesin cuci / peralatan yang anda beli. Semakin bagus tentunya makin mahal

Kalau tak mau ribet beli saja paket peralatan laundry komplit seperti contoh paket laundry yang dijual di tokopedia dalam gambar ini
harga mesin laundry
contoh harga paket peralatan laundry
Kalau ternyata uangnya tidak cukup bagaimana? Tenang. Kenapa harus cash? Banyak kok yang jual mesin laundry kiloan secara kredit. Coba datang ke toko elektronik terdekat atau beli di toko online / marketplace seperti Shopee, JD.id, Bukalapak, Tokopedia, Blibli, Lazada, Bhineka, Zalora dll. Dengan beli peralatan laundry secara kredit, modal awal bisa ditekan. Hasilnya nanti bisa buat bayar cicilan perbulan. Mantap toh?

2. Cocok sebagai usaha rumahan / bisnis sampingan

Dengan modal tak terlalu besar dan bisa dikerjakan di rumah, jasa laundry bisa jadi alternatif bisnis sampingan ibu rumah tangga yang ingin menambah penghasilan. Daripada waktunya habis buat chatting gak jelas mending diisi dengan berwirausaha yang punya nilai ekonomis. Hasilnya lumayan bisa bantu uang belanja sehari-hari

Memang sih tempat usaha campur dengan rumah itu terasa kurang nyaman. Sedikit banyak pasti mengganggu privacy berumah tangga. Apalagi kalau anak masih kecil-kecil, kondisi rumah makin tampak kayak kapal pecah sehingga pelanggan juga kurang nyaman

Tapi untuk tahap awal saya kira tidak jadi masalah. Kalau ternyata laundry mulai ramai laris, ibu bisa menyewa ruko, menambah mesin cuci dan tenaga kerja. Ini yang disebut dengan pengembangan bisnis. Dari yang semula usaha rumahan / sampingan bisa jadi bisnis beneran yang menguntungkan

3. Mudah dikelola

Kelebihan usaha laundry ke 3 adalah mudah dalam pengelolaan. Ibu rumah tangga, mahasiswa, karyawan bahkan orang yang tak lulus SD sekalipun bisa menjalankannya karena tidak perlu sistem manajemen njelimet, tidak harus melek teknologi sehingga merupakan bisnis yang cocok bagi orang gaptek
Cara kerja bisnis laundry sederhana: Tunggu pelanggan -> masukkan pakaian kotor dalam mesin cuci dan pengering -> jemur -> seterika setelah kering -> baju rapi wangi siap diambil atau diantar pada pelanggan -> done! terima bayaran
Gampang bukan? Tidak butuh skill keahlian khusus mengoperaskan mesin cuci, pengering serta seterika. Kalaupun belum sanggup membayar gaji pegawai, bisa dikerjakan sendiri. Apalagi bagi ibu rumah tangga yag sehari-hari juga tak jauh dari masalah mencuci dan menyeterika

Memang capek sih kalau pekerjaan diborong sendiri. Tapi demi perbaikan ekonomi keluarga tak apa bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Kalau putra putrinya sudah agak gede tentu bisa membantu. Sekalian mengajarkan bagaimana sulitnya mencari uang biar tidak jadi anak manja yang kerjaannya narsis di instagram / facebook melulu

Terpenting ada sedikit modal serta kemauan kuat saja. Contohnya ada anak kost mahasiswi patungan modal mendirikan laundry dan mengelola bersama. Mereka berbagi tugas,gantian jaga laundry disela waktu kuliah. Keuntungan lalu dibagi rata. Lumayan kan?

4. Cara promosi laundry sederhana

Untuk usaha laundry skala rumahan, tidak perlu promosi terlalu masif dalam memasarkan usaha atau mencari pelanggan karena termasuk jenis bisnis lokal. Pangsa pasarnya hanya orang-orang yang tinggal di sekitar saja. Tidak mungkinlah orang Jakarta naruh cucian di laundry Bandung

Cara promosi usaha laundry sederhana saja. Antara lain:

  • Pasang papan nama di depan tempat usaha untuk menunjukkan pada orang yang lewat bahwa ini loh tempat cuci laundry kiloan
  • Bikin brosur dan bagikan di kawasan perumahan sekitar. Untuk konsep brosurnya bisa mencontoh yang banyak tersebar di google. Terpenting memuat info nama laundry, alamat, nomor handphone – WA, daftar harga 
  • Promosikan secara lisan pada tetangga kiri kanan atau pas acara kumpulan RT / RW. Contoh kata-katanya seperti ini: “eh bu, kalau butuh cuci baju antar ke rumah saja. Saya buka jasa laundry loh. Jangan khawatir deh harganya murah meriah mah kalo ama tetangga sendiri.”
  • Boleh juga kirim broadcast lewat WA, instagram atau facebook. Yang gratisan aja tak perlu iklan berbayar segala

Tips terkait: contoh kata kata promosi baju, tas, sepatu
Artinya hemat biaya promosi. Kecuali anda ingin ekspansi bisnis franchise / waralaba laundry memang perlu promosi gencar untuk branding. Tujuannya supaya brand laundry kita terkenal sehingga orang-orang di kota seluruh Indonesia tertarik menjadi mitra bisnis atau membeli hak franchise laundry kita

5. Termasuk jasa yang banyak dibutuhkan masyarakat

Usaha laundry potensial karena banyak orang membutuhkan jasa cuci - setrika baju. Terutama di daerah perkotaan, sebagian besar masyarakatnya sangat sibuk (atau malas) sehingga tidak sempat mencuci sendiri. Daripada merekrut pembantu rumah tangga lebih enak taruh ditempat laundry saja

Maka jika ingin konsumen jadi pelanggan tetap, tidak ada salahnya memberikan “bonus” layanan antar cempt cucian gratis. Bagi kalangan menengah ke atas seperti ini, daripada waktunya tersita untuk mengantar dan mengambil cucian ke tempat laundry lebih baik digunakan untuk kegiatan lain. Chatting misalnya...

Serius. Tahu sendiri kan bisnis ini lagi booming. Banyak yang membuka usaha laundry sehingga persaingan menjadi ketat. Kalau mau memenangkan kompetisi ya harus memberikan service memuaskan. Bisnis jasa yang dijual adalah layanan. Jika ada laundry yang memberikan pelayanan lebih baik, ngapain memilih yang pelayanannya biasa saja?

Kalau mau jeli, selain binatu - jasa cuci kiloan sebenarnya peluang usaha laundry sepatu, helm, tas, permadani cukup lumayan. Ya meskipun pangsa pasarnya terbatas tidak ada salahnya dicoba untuk melengkapi layanan laundry yang telah berjalan. Kalau belum memiliki peralatan atau tenaga bisa disubkan ke laundry rekanan

6. Bisa bertahan lama

Jasa loundry kiloan merupakan jenis usaha yang diprediksi bertahan lama. Alasannya:

  • Pakaian merupakan kebutuhan primer bagi manusia. Meskipun pakai baju tanpa dicuci atau disetrika orang masih bisa bertahan hidup, masa iya ada yang betah macak gembel tiap hari?
  • Makin banyak orang sibuk atau sok sibuk yang tidak punya banyak waktu atau malas cuci baju sendiri
  • Tidak terpengaruh trend. Model baju, celana, hijab, kain gorden, sprei, kaos kaki, sepatu boleh berganti trend mode. Tapi apapun modelnya, pakaian tetap harus dicuci sehabis dipakai
  • Harga laundry kiloan sangat terjangkau sehingga tidak terlalu membebani konsumen sehingga daripada capek nyuci mending dilaundrykan saja enak, tinggal terima bersih

Sebelum ditemukan teknologi baju sekali pakai langsung buang seperti halnya popok bayi (itu tidak akan terjadi karena bisa dibayangkan bumi bakalan penuh sampah baju), saya menganalisa usaha ini akan bertahan lama sampai puluhan tahun ke depan. Buktikan sendiri kalau tidak percaya

7. Prosentase keuntungan lumayan besar

Ya, prosentase atau margin laba usaha laundry cukup besar. Artinya selisih biaya operasional (listrik, air, sabun cuci, pewangi, tenaga kerja) yang kita keluakan dengan ongkos yang dibayar oleh konsumen bisa mencapai 30% lebih

Contoh: tarif cuci setrika perkilo adalah 10.000,-. Untuk mencuci dan menyeterika 1 kg baju biaya listrik, air, sabun cuci, pewangi dan pegawai tidak lebih dari 6.000,- Jadi laba kotor (belum diperhitungkan penyusutan nilai barang) perkilogram sekitar 4.000,-

Kita bicara soal prosentase ya bukan laba secara keseluruhan. Kalau soal penghasilan memang usaha laundry tidak bisa bikin kaya mendadak. Karena biarpun prosentasi laba besar tapi nilainya kecil kan lama juga ngumpulin duitnya. Wajarlah, keuntungan itu sebanding dengan modal yang dikeluarkan. Maunya sih modal kecil untung gede

Penjelasannya begini: 1 mesin cuci dalam sehari maksimal bisa mencuci berapa kilo pakaian? Berdasar pengalaman sepupu saya yang punya usaha laundry, sehari rata rata 25 sampai 30 kilo. Taruhlah 30 kilo x  4.000,- maka keuntungan sehari adalah 120 ribu rupiah. Sebulan 3,8 juta

Hasilnya lumayan sih. Apalagi kalau ramai dan punya banyak mesin cuci + pengering sehingga sehari mampu mencuci 200 kilo baju lebih. Tinggal mengalikan saja berapa duit yang berhasil masuk rekening.  Tapi ditengah banyaknya usaha sejenis, mampukah? Harus optimis!!

8. Beban gaji karyawan kecil

Sebagai bentuk usaha kecil, jasa laundry tidak harus mengikuti standart upah minimum regional (UMR) yang ditetapkan oleh pemerintah. Karena tidak memerlukan ijasah, mudah sekali mencari pegawai yang mau dibayar murah. Perbulan digaji 1jt – 1,5jt juga banyak yang mau (tergantung daerah masing-masing)

Saat tukang cuci keluar, mencari penggantinya lebih mudah dan tidak teralu berpengaruh terhadap kualitas karena tidak butuh keahlian khusus. Beda dengan usaha jasa catering yang tergantung pada kualitas koki dimana beda tukang masak beda juga rasa masakannya

Pendirian usaha laundry juga tidak ribet. Tidak harus mengurus ijin usaha / memiliki SIUP. Kalau tempat serta perlengkapan sudah siap bisa langsung buka saat itu juga

9 . Minim resiko 

Kelebihan lain dari usaha laundry adalah minim resiko. Dari segi keamanan kerja, jarang terdengar berita ada karyawan laundry mengalami kecelakaan kerja saat mencuci atau menyeterika. Asal instalasi listrik serta kondisi peralatan diperhatikan saya kira resiko kena setrum bisa dihindari. Resiko terbesar palingan diomelin orang karena hasilnya kurang rapi atau terlalu lama selesainya

Dari sisi keuangan, resiko rugi juga kecil. Seapes-apesnya tidak laku alias tidak ada pelanggan sama sekali toh peralatannya bisa dijual atau dipakai sendiri. Sewa tempat juga bisa dioper kontrak. Jadi ruginya tidak terlalu banyak. Bandingkan dengan jenis usaha rumahan lain, jual makanan misalnya kalau tidak laku bisa basi

Tapi masa iya sih buka usaha tidak mampu mendatangkan konsumen sama sekali? Selagi kita melayani pelanggan dengan baik saya kira hal itu tak akan terjadi. Kecuali anda pasang tarif terlalu tinggi, judes saat melayani, mengerjakan asal asalan sehingga hasil cuciannya kurang bersih, baju pelanggan sering tertukar serta kesalahan lain yang mengecewakan pelanggan

Maka dari itu menjaga kualitas pelayanan prima itu penting. Ingat jualan kita adalah jasa. Pandai pandailah mengambil hati konsumen supaya bisnis kita lancar

Kelebihan kelebihan inilah penyebab menjamurnya usaha laundry kiloan saat ini. Bagi anak muda yang susah mencari pekerjaan sesuai kriteria, boleh mencobanya. Anggap saja sebagai batu loncatan sampai mendapatkan sumber penghasilan yang lebih baik. Atau mungkin malah mendapat ide brillian guna mengembangkan usaha laundry anda mendunia

Kelemahan usaha laundry kiloan dan cara mengatasinya

Setelah mengupas tuntas keuntungannya, sekarang kita analisa peluang usaha laundry ini dari sudut pandang kekurangannya. Dengan mengetahui kelemahan suatu bidang bisnis diharapkan kita siap menerima resiko yang mungkin terjadi serta mengambil langkah antisipasi

Berikut analisa kelemahan / kekurangan bisnis laundry serta cara / solusi mengatasi masalah:

1. Mudah ditiru sehingga banyak pesaing

Karena mudah dijalankan, modalnya kecil serta keuntunga lain menyebabkan usaha laundry mudah untuk ditiru. Akibat banyak orang membuka jasa cuci kiloan di satu wilayah, persaingan makin tinggi. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

  • Jaga hubungan baik dengan pelanggan. Senyum ramah, sesekali mengobrol santai, berkelakuan simpatik perlu kita lakukan. Ada kalanya orang memilih memakai jasa kita karena alasan hubungan baik. Begitu juga sebaliknya. Jika sikap kita kurang menyenangkan, pastilah konsumen kabur ke laundry sebelah
  • Tingkatkan kulaitas cucian serta seterikaan lebih licin dan harum. Jangan sampai pakaian belum kering benar, setrikaan kusut, lipatan acak adul sudah dikirim ke pelanggan. Bisa kapok mereka tak mau balik lagi
  • Pasang tarif kompetitif. Maksudnya bukan banting harga loh ya. Kompetitif disini dalam arti tidak terlalu murah juga tidak mahal amat. Sesuaikan dengan kualitas. Biarpun harga sedikit mahal tapi hasilnya jauh lebih rapi dari pesaing tetntu banyak peanggan datang
  • Berikan bonus untuk menarik minat pelanggan. Contohnya cuci 5X bonus 1Xcuci. Atau program promo lain yang sekiranya membuat konsumen merasa rugi kalau melaundry bajunya di tempat lain
  • Rekrut agen untuk membantu pemasaran. Tawari komisi pada orang yang mau membantu. Caranya simpel saja. Misalnya bilang pada teman, “Jeng, kalau ada teman kantor yang mau laundry bawa ke tempat saya ya. Gampanglah ntar saya traktir atau bonus gratis laundy deh.”

Silahkan tambahkan bagaimana cara menghadapi pesaing yang efektif menurut anda. Kan anda yang tahu sifat karakter orang di sekitar

2. Hambatan cuaca

Kendala atau hambatan yang pasti dihadapi pengelola usaha laundry adalah masalah cuaca yaitu musim penghujan. Kebanyakan laundry kiloan masih mengandalkan panas matahari untuk mengeringkan baju karena mesin pengering tidak cukup membuat jemuran benar benar kering. Apalagi untuk cucian berbahan kain tebal seperti jaket, celana jeans, karpet, gorden, selimut, bed cover dll

Bagaimana cara mengatasi masalah cuaca lembab saat musim hujan? Tips berikut mungkin bisa jadi solusi

  • Beli mesin pengering yang bagus. Kalau perlu pasang pemanas ruangan dan tempatkan jemuran di sana. Namun perhitungkan juga pembengkakan tagihan listriknya apakah balance atau tidak. Jika terpaksa tak masalah menaikkan harga
  • Beri pengertian pada pelanggan kalau cucian tebal mungkin hasilnya tidak terlalu bagus serta lebih lama karena faktor cuaca. Saya yakin mereka mau mengerti

Mungkin 2 cara diatas bukan solusi terbaik. Apalagi bagi laundry rumahan dengan budget minim pasti jadi beban kalau harus menambah mesin pemanas ruangan. Apalagi yang rumahnya kecil dan tak ada ruang tersisa tentu tidak memungkinkan. Setidaknya bisa coba solusi kedua. Atau anda punya saran untuk pembaca? Silahkan share di kolom komentar ya. Semoga kebaikan anda mendapat pahala

3. Sulit berkembang

Kekurangan usaha laundry ke 3 adalah masalah kesulitan dalam mengembangkan usaha. Faktor penyebabnya adalah karena:

  • Banyak pesaing sehingga untuk membuatnya mendominasi pasar sangat sulit. Cara mengatasinya balik lagi ke point pertama (atas)
  • Marketsharenya bersifat lokal. Solusi pengembangannya bisa buka cabang di tempat lain atau membangun franchise laundry
  • Meskipun prosentase laba besar, total pendapatan tidak terlalu besar (sudah diulas diatas) sehingga perkembangan usaha lambat

Maaf, soal usaha laundry sulit berkembang ini hanya asumsi pribadi. Anda tidak wajib setuju karena beberapa orang malah punya pendapat sebaliknya. Memang kelemahan jenis usaha jasa murni itu terletak pada pengembangan usaha

3. Perputaran uang lambat

Dibanding jenis usaha dagang atau produksi, perputaran uang dalam bisnis laundry tidak bisa cepat. Untuk menyelesaikan cucian sampai rapi terlipat butuh waktu 2 – 3 hari. Otomatis siklus transaksinya juga lambat

Beda dengan perdagangan dimana perputaran uangnya tiap saat sehingga meskipun prosentrasi laba peritem barang yang dijual lebih kecil tapi lebih cepat untung. Sedangkan jasa laundry rata rata 3 hari sampai seminggu sekali orang melaundy pakaian

Cara supaya omset perhari stabil adalah memperbanyak konsumen yang datang. Namun hal ini sering terbentur masalah persaingan, cuaca, kapasitas mesin dll. Memang seperti itulah bisnis ada saja kendala bagai lingkaran setan. Tapi kalau dijalani dengan enjoy pasti ketemu kok jalan keluarnya

4. Harga sewa tempat mahal

Masalah yang sering dihadapi pengusaha laundry saat ingin membuka cabang adalah faktor mahalnya sewa tempat. Sudah bukan rahasia lagi kalau mau sewa ruko itu mahalnya minta ampun. Apalagi untuk ruko yang letaknya strategis di kota besar macam Jakarta, Surabaya, Medan

Bagaimana cara mengatasi masalah sewa tempat? Berikut solusinya:

  • Sewa kios kecil yang harganya terjangkau. Fungsinya hanya sebagai penampungan. Untuk proses mencuci, menjemur, sterika dilakukan di rumah / tempat lain yang lebih besar. Memang agak repot dan menambah cost transportasi karena harus bolak balik
  • Sewa rumah sederhana di tepi jalan. Tidak perlu jalan raya, yang penting kendaraan roda 4 bisa keluar masuk. Usahakan cari lokasi padat penduduk biar mudah cari pelanggan
  • Ajak kerjasama toko toko kelontong sebagai agen dengan sistem komisi. Dengan cara ini kita tidak perlu sewa tempat tapi mengurangi margin laba

5. Terjadi masalah saat air dan listrik mati

Kekurangan usaha laundry kiloan nomor 5 adalah ketergantungan pada air serta listrik. Operasional akan terganggu saat ada pemadaman PLN dan pasokan air PDAM mati. Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut?

  • Sediakan genset. Berarti nambah biaya lagi dong... Memang iya. Tapi dibanding omelan konsumen gara-gara cuciannya tak kelar, berkorban 3 – 5 juta buat buat beli genset tak jadi masalah besar. Atau kalau belum sanggup beli generator tak ada salahnya cuci pakai tangan. Anggap saja olahraga
  • Bikin tandon air kapasitas besar. Hal ini guna mengantisipasi jika tiba tiba kran PDAM berhenti mengalir masih ada cadangan air dalam tandon
  • Bangun sumur dan beli pompa air jika memungkinkan. Faktor adanya sumur bor menjadi salah satu pertimbangan saat anda ingin menyewa tempat

Jangan khawatir. Masalah gangguan listrik dan air biasanya tidak terlalu lama dan jarang terjadi kok. Kalaupun misalnya gangguannya lama, anda bisa sub-kan pada rekan pengusaha laundry lain

6. Resiko komplain pelanggan

Mendapat komplain dari pelanggan memang tidak mengenakan. Tapi itu merupakan hal wajar yang pasti pernah dialami pengusaha bidang jasa. Maka sebaiknya sedia payung sebelum hujan. Artinya sebelum kena komplain, siapkan langkah antisipasi:

  • Terapkan 4 prinsip pelayanan prima yaitu: kecepatan, ketepatan, keramahan dan kenyamanan. Penjelasan detail tentang hal ini bisa anda baca di artikel sebelumnya: apa itu pelayanan prima
  • Kontrol pekerjaan pegawai untuk memastikan hasilnya bagus sesuai kriteria. Posisikan diri anda sebagai pelanggan sehingga fair menilai apakah hasil laundryan tersebut layak atau tidak
  • Tanggapi komplain pelanggan dengan sabar. Maklumi saja karena karakter konsumen itu tidak sama. Meskipun hati jengkel dengan omelannya, usahakan tetap tersenyum dalam menjelaskan dan minta maaf atas ketidakpuasannya. Jangan terpancing emosi apalagi sampai mengeluarkan kata kata kasar. Kalau perlu beri kompensai kalau memang kita yang salah
  • Jadikan komplain sebagai bahan evaluasi guna meningkakan mutu layanan kita agar kejadian sama tidak terulang kembali

Kesimpulan
Benar panjang sekali artikel tentang untung rugi usaha laundry ini. Maaf, semoga tidak ketiduran bacanya. Oya ada yang terlewat yaitu masalah limbah air deterjen yang mengganggu jika langsung dibuang ke selokan. Untuk mengatasi persoalan limbah sebaiknya buat bak filter penyaringan biar tidak ditegur pak RT

Dari uraian diatas dengan mempertimbangan faktor kelebihan dan kekurangannya maka dapat disimpulkan bahwa:
Peluang usaha laundry sangat menjanjikan dan cocok sebagai bisnis sampingan ibu rumah tangga
Demikian penjelasan keuntungan – kerugian usaha laundry rumahan. Kami harap analisa ini ada manfaatnya, bisa membantu memecahkan masalah bagi wirausahawan wirausahawati jasa cuci bersih pakaian. Selamat berbisnis, semoga jadi pengusaha laundry sukses. Nanti jangan lupa share kisah sukses berbisnis laundry anda ya. Jika berkenan, silahkan baca peluang usaha, tips dan artikel bisnis lain di blog ini

This Is The Newest Post
Facebook Comments

1 komentar:

Terimakasih artikelnya, sangat bermanfaat dan membantu sekali. Kunjungi juga website kami di http://javasaromachem.com/ . Sukses selalu

Balas



This Is The Newest Post