Kelebihan Kekurangan Usaha Servis Mobil Panggilan

keuntungan dan kelemahan jadi montir mobil panggilan
suka duka montir panggilan 24 jam
Analisa kelebihan dan kekurangan usaha servis mobil panggilan ini bertujuan memberi gambaran pada anda yang tertarik memulai bisnis jasa montir panggilan di Indonesia. Dengan mengetahui keunggulan dan kelemahan bidang usaha yang bakal ditekuni, mempermudah kita menyusun strategi bisnis terbaik serta menyiapkan langkah antisipasi dan solusi jika terjadi masalah

Berikut adalah kelebihan kekurangan atau keuntungan kerugian buka usaha bengkel service mobil panggilan 24 jam yang perlu diketahui. Bisa juga dijadikan referensi analisa untung rugi bisnis service AC mobil, servis elektronik, servis dinamo, reparasi alat berat, service maintenance mesin industri dll. Dengan catatan: analisa berikut mungkin tidak 100% tepat karena kondisi tiap orang tak sama

Kelebihan usaha servis mobil panggilan

Menurut pantauan admin bisnisjasa.id, setidaknya ada 5 keunggulan jasa montir panggilan dibanding jenis usaha lain. Berikut diantaranya

Kelebihan 1: Peluang montir mobil panggilan menjanjikan

Peluang usaha bidang otomotif prospeknya memang menjanjikan. Terbukti banyak bengkel servis mobil - motor, bengkel body repair – cat mobil, toko spare part - aksesoris kendaraan bermotor, salon – cuci mobil maupun jenis bisnis otomotif lain ramai dikunjungi pelanggan

Namun masih jarang bengkel mobil yang menyediakan layanan servis panggilan yang siap meluncur saat ditelpon guna memperbaiki kerusakan kendaraan di tempat konsumen. Inilah celah yang bisa dimanfaatkan oleh bengkel baru yang masih sepi pelanggan serta montir untuk membuka usaha sendiri. Info terkait: ide usaha otomotif

Kelebihan 2: Dibutuhkan oleh pengemudi 

Kehadiran tukang sevis mobil panggilan 24 jam sangat dibutuhkan pengemudi yang mobilnya mogok di tengah jalan. Bayangkan pas tengah malam dimana bengkel terdekat sudah tutup semua tiba-tiba mobilnya mogok tak bisa distarter. Bingung pastinya. Apalagi jika sopirnya adalah wanita yang awam soal mesin

Dalam kondisi darurat seperti itulah kehadiran montir mobil panggilan 24 jam sangat membantu pengemudi. Artinya selain faktor keuntungan, menjadi tukang servis mobil panggilan adalah persoalan kemanusiaan. Bisa membantu orang lain yang mengalami kesulitan di jalan. Dan usaha ini sangat cocok dilakukan di kota kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Denpasar, Semarang serta daerah yang aktifitas berkendaranya tak kenal waktu

Kelebihan 3: Modal kecil

Kelebihan jasa servis mobil panggilan adalah modal usaha yang dibutuhkan kecil. Untuk membeli seperangkat peralatan / tools kit seperti obeng, kunci, tang, aki mobil serta perlengkapan lain estimasi modal uang kisaran 2 juta – 3 juta saja sudah cukup

Modal terbesar ada pada skill keahlian dalam memperbaiki kerusakan kendaraan. Jadi usaha bengkel mobil panggilan sangat cocok bagi montir pengalaman yang sudah lelah kerja untuk orang lain dan ingin mencoba peruntungan wirausaha sendiri. Atau lulusan SMK jurusan otomotif yang jago mengotak-atik mesin kendaraan bermotor namun masih menganggur

Kelebihan 4: Tidak perlu sewa tempat

Salah satu kendala membuka bengkel mobil adalah mahalnya sewa tempat untuk dijadikan workshop. Sedangkan bengkel panggilan tidak perlu tempat luas karena pekerjaan dilakukan di lokasi pemilik kendaraan. Selain tak perlu keluar duit buat sewa tempat juga irit biaya listrik

Kelebihan 5: Terjalin hubungan baik dengan pelanggan

Keuntungan lain dari usaha jasa servis mobil panggilan terkait komunikasi antara montir dengan pelanggan. Jika dikerjakan di bengkel, pemilik kendaraan biasanya menunggu di ruang tunggu atau ditinggal pulang sehingga mereka bahkan tidak tahu siapa montir yang mengerjakan perbaikan mobilnya

Kesempatan menjalin relasi ini jangan disia-siakan. Jika pelayanan anda ramah, hasil pekerjaan bagus tentu mereka akan respect dan jadi pelanggan tetap. Suatu saat kalau mobilnya rusak, pasti akan memanggil anda kembali bahkan merekomendasikan pada rekan-rekannya. Inilah aset terbesar dalam mengembangkan bisnis kedepannya

Kekurangan usaha jasa montir panggilan dan solusinya

Semua jenis bisnis pasti ada sisi positif dan negatifnya. Setelah mengulas kelebihan / keuntungan jasa montir panggilan, selanjutnya inilah beberapa kelemahan atau kekurangan usaha servis mobil panggilan yang sebaiknya anda ketahui serta solusi untuk mengatasi kendalanya

Kekurangan 1: jam kerja dan penghasilan tidak menentu 

Kelemahan jasa servis mobil panggilan terletak pada jam kerja dan penghasilan yang tidak menentu. Ketika anda memutuskan jadi tukang servis mobil panggilan, anda harus siap ditelpon dan berangkat kapan saja menuju lokasi kendaraan yang hendak direparasi. Ada kalanya pas lagi pulas tidur tiba-tiba ada konsumen minta tolong memperbaiki mobilnya yang mogok. Maka anda harus konsekwen karena jika menuruti rasa kantuk dan menolak berarti anda menyia-nyiakan kesempatan. Belum tentu saat bangun nanti ada lagi orang yang butuh jasa anda

Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Solusinya: jangan kerja sendiri. Ajak teman sesama montir terpercaya kerjasama bagi hasil. Jika misalnya anda lagi malas atau mengerjakan di tempat lain, anda bisa minta tolong pada montir rekanan untuk mewakili memperbaikinya

Kelemahan 2: Faktor kelengkapan peralatan bengkel

Kendala yang mungkin terjadi pada montir panggilan adalah faktor kelengkapan peralatan yang tidak mungkin dibawa ke lokasi. Contohnya hidrolik yang dibutuhkan untuk mengangkat mobil supaya leluasa saat memperbaiki bagian bawah body mobil

Bagaimana cara mengatasinya? Jadilah Mac Gyver: pandai mengatasi masalah dengan peralatan yang ada. Kalau memang mentok tidak bisa diperbaiki di tempat karena kerusakan terlalu parah dan harus dibawa ke bengkel , bicaralah baik-baik pada konsumen untuk memanggil mobil derek. Ini memang dilematis. Mau minta ongkos kok rasanya tidak etis. Kalau konsumennya pengertian sih biasanya ngasih “uang transport” karena menghargai jerih payah kita mau datang

Kendala 3: faktor cuaca

Kendala hujan tidak disa dihindari. Untuk mengantisipasinya bawalah terpal atau semacam tenda darurat supaya bagian mesin yang kita perbaiki tidak konslet kena air hujan. Jangan lupa jaga kondisi tubuh tetap fit biar tidak masuk angin. Jangan sampai mobil yang berhasil anda servis justru jadi ambulance yang mengantar anda ke rumah sakit

Kekurangan 4: perkembangan usaha lebih lama

Menjalankan usaha servis panggilan sebaiknya dijadikan batu loncatan untuk membuka bengkel mobil tetap. Jika terus mengandalkan telepon dari orang yang membutuhkan, akan sulit untuk berkembang jadi bengkel besar. Wajarlah, memulai usaha modal pas pasan memang butuh kerja keras dan perjuangan ekstra

Bagaimana cara mengatasinya? Dari hasil mereparasi, kumpulkan modal untuk membuka bengkel. Kasih tahu langganan bahwa sekarang anda sudah memiliki bengkel ang siap melayani mereka. Dengan memiliki bengkel permanen, anda bisa mengerjakan di bengkel dan tetap melayani servis panggilan. Atur jam kerja karyawan supaya keduanya bisa berjalan maksimal dengan cara bergiliran sehingga jadi bengkel mobil 24 jam nonstop

Tips ini juga bisa anda aplikasikan untuk jenis usaha reparasi lain. Contohnya service AC mobil, servis elektronik, servis dinamo, reparasi alat berat, service maintenance mesin industri dll


Demikian artikel bisnis otomotif tentang keuntungan dan kerugian servis mobil panggilan 24 jam. Setelah memahami apa kelebihan kekurangannya, setidaknya makin mantap dalam mengambil keputusan. Maaf jika ada kesalahan karena ini hanyalah analisa pribadi. Semoga bisnis montir panggilan anda terus maju hingga jadi pengusaha bengkel mobil sukses

Facebook Comments

0 komentar

Jika berkenan silahkan kirim komentar, memberi masukan, kritik yang membangun, share pengalaman atau promosi bisnis anda sesuai materi pembahasan