Cara Sederhana Memasarkan Usaha Catering

Artikel tentang tips trik cara memasarkan usaha catering ini merupakan langkah mudah untuk mencari serta mendapatkan pelanggan. Strategi menghadapi sekaligus memenangkan persaingan. Dimana saat ini tingkat persaingan usaha yang melayani pemesanan nasi kotak, tumpeng, paket rantangan, menu prasmanan dll ketat sekali. Hal ini disebabkan karena peluang bisnis rumahan jasa katering sangat menjanjikan. Tak heran jika banyak pengusaha meliriknya. Jadi kita perlu kupas tuntas teknik promosi dan pemasaran sederhana namun ampuh guna mendongkrak omzet penjualan bisnis kuliner / makanan ini.

trik sederhana mencari konsumen usaha katering

Semua wiraswastawan pasti setuju kalau marketing merupakan salah satu faktor utama keberhasilan. Jadi pilar atau soko guru kesuksesan dalam bisnis. Dan untuk memasarkan produk apapun -termasuk juga jasa catering- harus didukung dengan teknik promosi yang efektif. Dengan penerapan strategi mencari pelanggan jitu, anda akan mudah mengalahkan bisnis katering para pesaing. 

Karena sistem pemasaran yang baik berimbas positif pada peningkatan penjualan. Kaitan dengan usaha cateringan tentunya berdampak pada banyaknya jumlah pelanggan yang memesan paket menu masakan kita. Jika ordernya banyak, otomatis laba keuntungan yang masuk dalam rekening kita juga tambah tebal kan?

Nah, strategi apa yang cocok untuk memasarkan produk katering? Ini dia beberapa trik cara sederhana yang patut dicoba. Digunakan sebagai strategi marketing usaha jasa lain juga oke. Siapa tahu, cara mendatangkan pelanggan ini cocok diterapkan bagi wirausaha jasa pemesanan nasi kotak, nasi tumpeng, nasi rantang, serta katering yang melayani paket menu untuk pesta.

1. Jadikan Konsumen Sebagai Marketing

Cara ini terbukti paling ampuh buat mendatangkan pelanggan baru. Biasanya, konsumen loyal yang puas dengan hasil masakan dan pelayanan penyedia jasa catering akan merekomendasikan pada saudara, rekan dan kenalan mereka. Dan anjuran dari orang yang dikenal pastinya lebih terpercaya.

Lalu bagaimana cara mendapat customer setia seperti ini? Mudah saja. Pendekatan secara personal. Berikan pelayanan terbaik. Kalau perlu beri hadiah kecil guna menyenangkan hatinya berupa souvenir, mengirim makanan atau bingkisan parcel saat lebaran. Tak perlu yang harganya mahal. Terpenting menjaga hubungan baik saja.

Kalau anda rela berbagi laba, dianjurkan memberi persenan pada orang (konsumen) yang jadi perantara. Ini malah lebih bagus lagi supaya mereka jadi semangat ikut mempromosikan.

Semakin banyak konsumen loyal makin cepat bisnis katering anda dikenal khalayak ramai. Dari mulut ke mulut orang akan tahu, “oh, itu loh catering si A bagus. Udah masakannya sangat lezat, orangnya ramah, servicenya memuaskan, harganya murah lagi. Kalau pas ada acara hajatan, pesan di sana aja. Dijamin tak mengecewakan deh, Jeng...”  Begitu kira-kira bunyi kasak-kusuk di antara para “marketing tak resmi” kita.

Simpel bukan?

2. Rajin Menawarkan Pada Komunitas Wanita


Tempat berkumpulnya kaum wanita merupakan lokasi paling strategis guna memasarkan catering karena para ibu merupakan ratu soal makanan. Kalau para bapak mah biasanya ngikut apa kata istri soal beginian.

Ada banyak komunitas atau perkumpulan ibu-ibu yang bisa anda “susupi”. Contoh: PKK, Dharma Wanita, arisan, majelis ta’lim dll. Kelompok macam ini sering mengadakan acara pertemuan rutin tiap seminggu atau sebulan sekali.

Cara paling efektif adalah dengan aktif ikut serta dalam komunitas tersebut. Saat datang, bawalah contoh masakan kita dan biarkan mereka mencicipi kelezatannya. Ketika lidah mereka berdecap keenakan, keluarkan jurus marketing pamungkas anda. Tapi jika ternyata sebagian langsung meringis keasinan, silahkan cepat kabur saja!

Masalahnya mungkin jika pemilik bisnis jasa catering adalah pria. Tak etis kan kalau laki-laki ikut nimbrung di acara kaum perempuan?

Tenang, tak usah panik. Ada cara sederhana untuk mengakalinya. Anda bisa minta tolong ibu, saudara atau karyawan perempuan anda untuk mengemban tugas ini. Atau bila berani nekad, berdandanlah layaknya wanita!!

3. Manfaatkan Media Online Untuk Promosi

Jaman sekarang siapa sih yang tak punya akun sosmed? Nah, ini celah paling mudah sebagai ajang promosi gratis. Buat grup dan halaman fanpage di facebook, instagram, whatsApp, BBM, Line dan jejaring sosial serta aplikasi chatting lainnya.

Unggah foto-foto hasil masakan anda di sana. Tambahkan caption / tulisan nama, alamat dan nomor kontak bisnis katering Anda di foto tersebut. Boleh juga dengan menambahkan resep masakan singkat untuk menarik perhatian pembaca. Tak perlu takut rahasia resep anda dicuri orang. Toh resep semacam itu juga banyak bertebaran di internet. Lagian biarpun resep sama tapi beda tangan si pemasak, rasanya juga beda.

Selain jejaring sosial, media online lain di internet yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat mempromosikan dan memasarkan bisnis adalah:
  • situs iklan gratis contohnya olx, berniaga, indonetwork
  • marketplace semisal bukalapak, tokopedia, sejasa
  • Web komunitas (bersosial.com, kaskus dll)
  • Membuat blog gratis di blogger (blogspot), wordpress, tumblr dll
Kian mantap jika anda undang kru acara masak TV untuk meliput kegiatan masak-memasan ke tempat Anda. Keren bukan? (sorry, trik terakhir barusan bukan cara sederhana kayaknya. Susah, euw!!)

4. Jalin Kerja Sama Dengan Event Organizer

Catering, persewaan sound system - alat pesta, jasa shooting & photo, jasa dekorasi, make up merupakan bagian penting bagi event organizer. Ini juga kesempatan anda memasarkan usaha. Coba jajaki kerja sama dengan mereka supaya memberikan jatah bagian konsumsi pada anda.

Caranya bisa datang langsung ke kantor EO bersangkutan. Mengirim dokumen surat penawaran via pos atau email. Meskipun mereka mungkin sudah punya rekanan lain, tak ada salahnya dicoba. Jika ternyata harga, kualitas masakan dan pelayanan Anda lebih bagus dari pesaing yang sudah lebih dulu masuk, tentu jadi bahan pertimbangan tersendiri. Sebab, penyedia jasa penyelenggara pesta juga butuh supplier yang mendukung pelayanan prima mereka agar konsumen puas.

Menjalin relasi dengan penyelenggara acara atau pengusaha lain yang berhubungan dengan kebutuhan katering itu sangat efektif. Mungkin nilai profitnya lebih kecil dibanding end user. Tapi ordernya berkelanjutan sehingga bagus untuk pemasaran jangka panjang.

5. Buat Label Brand

Memilih nama usaha atau brand merk yang unik dan mudah diingat kadang sering diabaikan. Padahal ini juga penting agar pelanggan selalu ingat dengan brand kita.

Tapi bagi yang terlanjur memilih nama “pasaran” ya lanjutkan saja. Terpenting adalah bagaimana caranya supaya konsumen familiar dengan brand kita.

Yang paling umum dilakukan oleh wirausaha catering adalah mencetak label di kotak kardus tempat makanan dan gelas minuman. Upayakan membuat warna desain menarik dengan gambar yang menggugah selera. Mungkin ini sedikit menambah biaya produksi. Tapi memberi kesan exclusive dibanding hanya membubuhkan stempel atau tanpa label sama sekali.

Fungsi dari penyematan label pada bungkus makanan adalah untuk pemberitahuan pada tamu yang menikmati masakan kita siapa si produsen peracik menu lezat tersebut. Jika lidah mereka cocok, tentu akan mencatat alamat / kontak telepon yang tertera di label tersebut. Suatu saat bila mereka hendak menggelar acara pernikahan, khitanan, aqiqah dan pesta lain pasti akan menghubungi jasa katering Anda.

Ini yang dinamakan sambil menyelam minum susu. Artinya, bisa berpromosi gratis dengan sampel yang dibayar oleh si tuan rumah (pelanggan).

Untuk pembuatan label, anda bisa mencetak langsung di bungkus wadah makanan dan minuman atau pesan sticker yang ditempel sesuai keperluan.

Cara sederhana lain untuk promosi usaha catering:

  • Cetak banner / panlet lalu di pasang di tepi jalan
  • Membuat brosur dan di bagikan dari rumah ke rumah atau titipkan ke pos satpam perumahan. Boleh juga sewa jasa sebar bosur
  • Tempel sticker di kendaraan umum (angkot, bus)
  • Jadi sponsor untuk event tertentu dengan imbalan pasang umbul-umbul nama usaha kita
  • Pasang papan nama besar (neon box) di depan tempat usaha
  • Bayar jasa review untuk memperkenalkan bisnis kita di blog / website orang lain
  • Pasang iklan berbayar di koran, radio, google adword, PPC dll (kalau ini butuh banyak biaya)
Ribet? Ya, namanya juga usaha. Mana ada yang benar-benar gampang? Tapi yang terpenting dalam bisnis kateringan nomor 1 adalah rasa masakan. Percuma juga memiliki segudang trik pemasaran dan promosi gencar jika hasil masakannya tak enak. So, cita rasa adalah kunci utama sukses dalam usaha jasa catering.

Anda punya ide cara sederhana tapi efektif lain untuk memasarkan dan mempromosikan bisnis bidang jasa catering? Monggo, berbagi info pengalaman bagaimana cara supaya paket nasi kotak Anda laris manis dipesan pelanggan. Siapa tahu tips trik pemasaran anda bermanfaat bagi pembaca. Mampu mendongkrak omset dan profit. Kalau mau kirim menu makanan lezat juga boleh.. Semoga ide pemasaran usaha katering rumahan ini membantu Anda dalam memenangkan persaingan bisnis. 
Facebook Comments

0 komentar