4 Tips Memenangkan Persaingan Usaha

trik cara merebut pasar dari pesaing
Cara menghadapi ketatnya percaturan bisnis
Persaingan dalam wirausaha tidak mungkin dihindari. Karena semua pengusaha pasti berusaha bagaimana cara memenangkan persaingan bisnis dan menjadi yang terdepan diantara para pesaing. Jadi siap tidak siap harus dihadapi jika ingin tetap bertahan dalam kerasnya tingkat kompetisi bisnis saat ini

Ada banyak cara agar usaha kita mampu bersaing dengan kompetitor. Strategi memenangkan persaingan mungkin tidak selalu sama. Tergantung jenis usaha dan kondisi apakah termasuk low, middle atau high competition. Tapi secara umum, inilah 4 tips menghadapi ketatnya persaingan usaha menurut Noor Shodiq Askandar dalam bukunya: 99 Great Ways - Menjadi Pengusaha Muslim Sukses

1. Perampingan struktur organisasi

Tips pertama adalah membenahi sistem organisasi intern perusahaan. Susunlah struktur organisasi usaha menjadi lebih ramping tanpa mengesampingkan segi efektifitas. Pangkas birokrasi intern agar tidak berbelit. Buat prosedur administrasi yang ringkas dan pasti. Jangan biarkan operasional perusahaan terhambat karena tersangkut masalah administrasi

Dengan sistem organisasi manajemen yang ramping, biaya gaji karyawan bisa ditekan. Pekerjaan akan lebih efisien tanpa harus mengorbankan layanan prima kepada konsumen secara terukur, pasti, dan tidak membingungkan. - Pembahasan tentang efisiensi finansial perusahaan bisa dibaca di artikel sebelumnya: cara agar keuangan usaha efisien

2. Bangun relasi jangka panjang

Jangan remehkan mitra bisnis. Jika kita berpikir menjalin kemitraan dengan relasi untuk jangka pendek saja, itu adalah kesalahan. Karena kemajuan usaha dalam jangka panjang dipengaruhi oleh relasi lama kita. Maka perlakukan semua mitra bisnis sebagai relasi jangka panjang

Bangun relasi jangka panjang saling menguntungkan atas dasar kepercayaan (trust) dengan seluruh elemen baik yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan perusahaan. Contohnya:
  • Supplier / pemasok
  • Distributor / agen pemasaran
  • Kreditur / debitur
  • Customer, dll

Bahkan jika perlu, menjalin hubungan kemitraan dengan pesaing atas dasar prinsip saling menguntungkan. Karena kompromi diantara kompetitor juga perlu guna menjaga stabilitas pasar. Jika masih bisa mengambil keuntungan dengan berjabat tangan, mengapa harus saling mematikan?

3. Ciptakan dan pertahankan keunggulan

Kunci sukses memenangkan persaingan bisnis ketiga adalah mampu menciptakan keunggulan secara terus-menerus dengan kreativitas dan inovasi. Baik itu menyangkut soal kualitas produk, juga pelayanan pada konsumen. Apabila kita cepat puas dengan produk yang kita tawarkan saat ini, bukan tidak mungkin pesaing akan menyalip dan merebut pelanggan kita

Tujuan membuat produk unggulan supaya konsumen tetap fokus pada produk yang dihasilkan perusahaan. Dengan demikian, konsumen akan terus merasa kebutuhan dan keinginannya terpenuhi

Konsumen juga akan merasa selalu mendapat nilai tambah yang tidak akan didapatkan jika mengonsumsi produk lain. Dengan begini, perusahaan dapat menjaga kesetiaan konsumen dalam jangka panjang.

4. Mampu menyesuaikan dengan kondisi

kunci sukses menjadi pemenang dalam persaingan bisnis
sumber gambar ilustrasi by pixabay
Untuk menjaga segmen pasar direbut pesaing, tips keempat adalah selalu mampu menyiasati perubahan kondisi. Baik itu lingkungan internal (terkait dengan sistem manajemen internal perusahaan) maupun kondisi eksternal (perubahan perilaku / daya beli masyarakat, situasi perekonomian dll)

Lingkungan internal mungkin lebih mudah penanganannya karena terkait langsung dengan manajemen usaha. Akan tetapi, lingkungan eksternal sangat sulit untuk  dikendalikan.

Tapi itu bukan alasan dijadikan kambing hitam. Jika tetap ingin sukses, pengusaha harus selalu dapat menyesuaikan dengan perubahan jaman. Contohnya kita ingat bukan bagaimana masa jaya bisnis wartel dulu? Lihat kondisinya sekarang mati. Nah, kondisi eksternal inilah yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari

Apapun keadaannya, sebagai wirausahawan sejati seyogyanya melihatnya dari sudut pandang positif. Semua tantangan yang terjadi adalah peluang. Kita tidak bisa menyalahkan kondisi sulit namun harus bisa merubahnya menjadi suatu keuntungan

Kesimpulan

Dari uraian singkat di atas, dapat disimpulkan bahwa secara umum setidaknya ada 4 langkah dalam menghadapi persaingan yaitu:
  1. Perampingan struktur organisasi -> sebagai langkah efisiensi kerja dan keuangan perusahaan
  2. Membangun relasi jangka panjang -> makin luas jaringan bisnis, makin banyak pihak akan membantu kelangsungan hidup sebuah usaha
  3. Menciptakan dan pertahankan keunggulan produk (barang maupun jasa) -> Konsumen hanya mau membeli produk sesuai dengan harga dan kualitas sepadan dengan uang yang mereka bayar
  4. Mampu menyesuaikan dengan kondisi -> Karena kebutuhan orang akan berubah seiring perkembangan jaman. Secara logika, produk yang tidak sesuai dengan kebutuhan, buat apa dibeli? Itu namanya pemborosan


Demikian uraian tips singkat cara memenangkan persaingan usaha ini semoga bermanfaat. Memang saya sendiri mengalami tidak mudah mempraktekan hal tersebut. Namun, tidak ada salahnya dicoba supaya bisnis kita tetap mampu bersaing di tengah percaturan bisnis yang kian ketat
This Is The Newest Post
Facebook Comments

0 komentar



This Is The Newest Post