4 Tips Memenangkan Persaingan Usaha
Cara menghadapi ketatnya percaturan bisnis |
Persaingan
dalam wirausaha tidak mungkin dihindari. Karena semua pengusaha pasti berusaha
bagaimana cara memenangkan persaingan bisnis dan menjadi yang terdepan diantara
para pesaing. Jadi siap tidak siap harus dihadapi jika ingin tetap bertahan
dalam kerasnya tingkat kompetisi bisnis saat ini
Ada banyak
cara agar usaha kita mampu bersaing dengan kompetitor. Strategi memenangkan
persaingan mungkin tidak selalu sama. Tergantung jenis usaha dan kondisi apakah
termasuk low, middle atau high competition. Tapi secara umum, inilah 4 tips
menghadapi ketatnya persaingan usaha menurut Noor Shodiq Askandar dalam bukunya: 99
Great Ways - Menjadi Pengusaha Muslim Sukses
1. Perampingan struktur organisasi
Tips pertama adalah membenahi sistem organisasi intern perusahaan. Susunlah
struktur organisasi usaha menjadi lebih ramping tanpa mengesampingkan segi
efektifitas. Pangkas birokrasi intern agar tidak berbelit. Buat prosedur
administrasi yang ringkas dan pasti. Jangan biarkan operasional perusahaan
terhambat karena tersangkut masalah administrasi
Dengan
sistem organisasi manajemen yang ramping, biaya gaji karyawan bisa ditekan.
Pekerjaan akan lebih efisien tanpa harus mengorbankan layanan prima kepada
konsumen secara terukur, pasti, dan tidak membingungkan. - Pembahasan tentang efisiensi finansial perusahaan bisa dibaca di artikel sebelumnya: cara agar keuangan usaha efisien
2. Bangun relasi jangka panjang
Jangan remehkan mitra bisnis. Jika kita
berpikir menjalin kemitraan dengan relasi untuk jangka pendek saja, itu adalah
kesalahan. Karena kemajuan usaha dalam jangka panjang dipengaruhi oleh relasi
lama kita. Maka perlakukan semua mitra bisnis sebagai relasi jangka panjang
Bangun
relasi jangka panjang saling menguntungkan atas dasar kepercayaan (trust)
dengan seluruh elemen baik yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan
perusahaan. Contohnya:
- Supplier / pemasok
- Distributor / agen pemasaran
- Kreditur / debitur
- Customer, dll
Bahkan jika
perlu, menjalin hubungan kemitraan dengan pesaing atas dasar prinsip saling menguntungkan. Karena kompromi diantara kompetitor juga perlu guna menjaga stabilitas pasar. Jika masih bisa mengambil keuntungan dengan berjabat tangan, mengapa harus saling mematikan?
3. Ciptakan dan pertahankan keunggulan
Kunci
sukses memenangkan persaingan bisnis ketiga adalah mampu menciptakan keunggulan
secara terus-menerus dengan kreativitas dan inovasi. Baik itu menyangkut soal kualitas
produk, juga pelayanan pada konsumen. Apabila kita cepat puas dengan produk
yang kita tawarkan saat ini, bukan tidak mungkin pesaing akan menyalip dan
merebut pelanggan kita
Tujuan
membuat produk unggulan supaya konsumen tetap fokus pada produk yang dihasilkan
perusahaan. Dengan demikian, konsumen akan terus merasa kebutuhan dan
keinginannya terpenuhi
Konsumen
juga akan merasa selalu mendapat nilai tambah yang tidak akan didapatkan jika
mengonsumsi produk lain. Dengan begini, perusahaan dapat menjaga kesetiaan
konsumen dalam jangka panjang.
4. Mampu menyesuaikan dengan kondisi
sumber gambar ilustrasi by pixabay |
Untuk
menjaga segmen pasar direbut pesaing, tips keempat adalah selalu mampu
menyiasati perubahan kondisi. Baik itu lingkungan internal (terkait dengan
sistem manajemen internal perusahaan) maupun kondisi eksternal (perubahan
perilaku / daya beli masyarakat, situasi perekonomian dll)
Lingkungan
internal mungkin lebih mudah penanganannya karena terkait langsung dengan
manajemen usaha. Akan tetapi, lingkungan eksternal sangat sulit untuk dikendalikan.
Tapi itu
bukan alasan dijadikan kambing hitam. Jika tetap ingin sukses, pengusaha harus selalu
dapat menyesuaikan dengan perubahan jaman. Contohnya kita ingat bukan bagaimana
masa jaya bisnis wartel dulu? Lihat kondisinya sekarang mati. Nah, kondisi
eksternal inilah yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari
Apapun
keadaannya, sebagai wirausahawan sejati seyogyanya melihatnya dari sudut
pandang positif. Semua tantangan yang terjadi adalah peluang. Kita tidak bisa
menyalahkan kondisi sulit namun harus bisa merubahnya menjadi suatu keuntungan
Kesimpulan
Dari uraian
singkat di atas, dapat disimpulkan bahwa secara umum setidaknya ada 4 langkah dalam
menghadapi persaingan yaitu:
- Perampingan struktur organisasi -> sebagai langkah efisiensi kerja dan keuangan perusahaan
- Membangun relasi jangka panjang -> makin luas jaringan bisnis, makin banyak pihak akan membantu kelangsungan hidup sebuah usaha
- Menciptakan dan pertahankan keunggulan produk (barang maupun jasa) -> Konsumen hanya mau membeli produk sesuai dengan harga dan kualitas sepadan dengan uang yang mereka bayar
- Mampu menyesuaikan dengan kondisi -> Karena kebutuhan orang akan berubah seiring perkembangan jaman. Secara logika, produk yang tidak sesuai dengan kebutuhan, buat apa dibeli? Itu namanya pemborosan
Demikian
uraian tips singkat cara memenangkan persaingan usaha ini semoga bermanfaat.
Memang saya sendiri mengalami tidak mudah mempraktekan hal tersebut. Namun,
tidak ada salahnya dicoba supaya bisnis kita tetap mampu bersaing di tengah
percaturan bisnis yang kian ketat