Trik Sukses Makelar Jual Beli Mobil

Update - Bagaimana cara jadi makelar mobil? Trik sukses berbisnis makelaran kendaraan bermotor sepertinya belum banyak diungkap. Mungkin karena profesi broker, calo perantara dalam jual beli mobil seken maupun baru masih dianggap sebelah mata. Padahal komisi yang diterima cukup menggiurkan jika berhasil menjualkan mobil orang lain. Inilah apa yang dimaksud dengan istilah bisnis perdagangan jual beli mobil tanpa modal
tips cara pemasaran makelar dalam jual beli mobil bekas
cara belajar jadi makelar sukses
Besarnya fee / komisi jasa makelar jual mobil itu berapa persen? Tidak seperti broker property yang prosentase komisinya telah diatur, makelar dalam jual beli otomotif belum ada aturan resmi. Tergantung kesepakatan antara pemilik mobil (penjual) dengan makelar. Tapi umumnya komisi yang diterima makelar mobil ada dikisaran angka 2% sampai 3%. Jadi misalnya Anda berhasil menjual mobil seharga 100 juta, maka komisinya sebesar 2 sampai 3 juta. Lumayan besar kan? Coba hitung berapa duit yang masuk saku jika dalam sebulan mampu menjual 10 unit? Gaji pegawai kantoran mah lewat
Mekanisme kerja makelar mobil itu simple saja: Cari penjual dan pembeli -> pertemukan -> transaksi -> deal -> komisi
Untuk info terkait perbedaan cara kerja, macam-macam sistem komisi dari makelar, broker, calo, agen pemasaran dll, selengkapnya bisa baca di artikel berjudul: Apa itu makelar, broker dan calo

Balik lagi ke topik utama. Inilah trik rahasia dari para makelar mobil sukses di Indonesia. Mulai cara pemasaran, cara menjalin relasi sampai cara transaksi brokeran mobil. Jangan berpikir ini trik curang menghalalkan segala cara untuk mencari uang loh ya. Admin BisnisJasa.Id hanya berbagi dalam kebaikan saja. Uhuy!!

Trik makelaran mobil 1: Perluas jaringan

Jaringan kuat adalah kunci utama dalam dunia marketing. Dan sebagai orang yang menjual jasa pemasaran, makelar mobil dituntut memiliki relasi dan akses informasi yang luas. Dengan memperluas jaringan, akan memudahkan kita untuk:

  • Mendapatkan mobil yang mau dijual. Makin punya banyak teman, makin banyak yang minta tolong untuk menjualkan mobilnya. Kemungkinan kita mendapat informasi siapa yang ingin jual mobil juga makin besar
  • Menemukan pembeli atau orang yang mau beli mobil. Makin punya banyak teman, makin banyak yang minta tolong untuk dicarikan mobil yang diinginkan. Kemungkinan kita mendapat informasi siapa yang ingin beli mobil juga makin besar

Logikanya, jika makelar mobil itu diumpamakan toko, makin banyak kita punya barang dagangan, tentu makin besar pula kemungkinan untuk menjualnya. Makin lengkap sebuah toko, sudah pasti makin ramai pembeli maupun penjual untuk dijual di toko kita. Nah, bagaimana bisa sukses jika mobil yang ditawarkan cuma sebiji?

Trik makelaran mobil 2: Melek teknologi informasi

Manfaatkan kecanggihan teknologi informasi untuk memperlancar bisnis makelaran Anda. Smartphone adalah senjata utama bagi seorang perantara bisnis di era modern ini. Setidaknya coba klik 10 aplikasi android untuk kepentingan bisnis yang harus Anda instal di handphone. Manfaatnya untuk kepentingan:
  • Mempromosikan mobil yang mau dijual lewat media sosial atau market place
  • Komunikasi dengan pelanggan dan rekan sesama makelar
  • Mencari dan membangun relasi bisnis

Pokoknya banyak deh manfaat benda ajaib ini. Maka, jangan pelit beli ponsel rada keren, setidaknya bisa buat memfoto dan menguploadnya di internet. Jangan sayang keluar duit beli pulsa buat isi kuota intenet yang koneksinya lancar. Bayangkan jika jaringan yang Anda pakai lemot, putus nyambung saat telpon (negosiasi) dengan pelanggan. Bisa kabur diserobot broker lain

Trik makelaran mobil 3: Rajin promosi

Tidak perlu bayar iklan untuk mempromosikan mobil yang akan dijual. Banyal situs iklan baris yang menyediakan layanan gratis di internet. Anda juga bisa buka lapak dagangan di market place macam bukalapak, tokopedia dll. Promosikan juga di grup-grup WA, Facebook, forum jual beli (FJB) kendaraan bekas dll. Lebih bagus lagi jika kita punya halaman fanspage dan punya follower bejibun. Sekali upload gambar mobil pasti banyak pembeli yang nawar

Perhatikan cara menyusun kata-kata promosi yang efektif dalam membuat konsep iklan mobil Anda. Cuci bersih dulu sebelum difoto dan diupload sehinggan tampilan gambarnya menarik minat pembeli. Jangan posting gambar mobil yang kotor kayak habis dipakai buat membajak sawah.

Trik makelaran mobil 4: Kuasai produk

Jika Anda mau beli sesuatu dan berhadapan dengan penjual yang plonga-plongo saat ditanya tentang barang yang dijualnya, kira-kira jadi beli apa tidak? Nah, itulah yang akan terjadi jika seorang makelar tidak menguasai spesifikasi mobil yang dimakelari. Bagaimana Anda bisa meyakinkan pembeli jika tampak seperti orang bodoh?

Maka pengetahuan tentang dunia otomotif mutlak dipelajari oleh seorang makelar mobil. Kita harus paham hal berikut
  • Mobil yang kita tawarkan itu spesifikasinya apa saja? Kapasitas mesinnya berapa? Sistem transmisi matic atau manual?
  • Kondisi mesin dan body bagaimana? Onderdilnya orisinil atau tidak? Body udah pernah dicat ulang atau asli dari pabrik? Masih enak dikendarai atau sudah bobrok?
  • Harga umum di pasaran untuk tingkat dealer dan user berapa?
  • Surat-surat kendaraannya lengkap atau tidak?

Semakin menguasai produk, semakin mudah kita mempengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli mobil yang kita jual. Hal ini juga untuk meminimalisir kemungkinan kita menjual mobil yang tidak bener. Mobil bodong atau hasil kejahatan misalnya. Bahaya atuh, gan!!

Trik makelaran mobil 5: Perhatikan penampilan

Jika janjian ketemu dengan calon pembeli, jangan hanya mobilnya saja yang dipoles cling. Penjualnya juga harus cling. Setidaknya mandi dan gosok gigi dulu sebelum ketemuan. Apa kita tega melihat konsumen sibuk menutup hidung karena tidak tahan aroma jengkol dari mulut kita?

Yang dimaksud di sini bukan ganteng jeleknya kita. Kalau itu sih sudah dari sononya, mau diapain lagi? Penampilan disini meliputi cara berpakaian dan cara bicara kita. Saat nego dengan pelanggan hendaknya kita:
  • Berpakaian rapi -> jangan berpenampilan layaknya preman kampung. Konsumen bisa kabur karena takut bakal ditodong
  • Tutur kata sopan -> Jangan bicara dengan nada keras. Kita mau bicara soal bisnis, bukan nyanyi lagu underground
  • Jangan terlalu memaksa -> Jika konsumen keberatan dengan harga yang ditawarkan atau tidak cocok dengan kondisi mobil, ya kita tidak perlu terlalu ngotot. Kita bisa tawarkan mobil lain jika ada (itu enaknya kalau punya stok barang dagangan yang banyak)
  • Jangan berbohong -> misalnya pelanggan tanya, “ini catnya masih orisinil?” Jangan menjawab masih asli jika tahu sebenarnya itu sudah dicat ulang. Lebih baik kita sedikit ngeles, misalnya: “Wah, untuk mobil keluaran tahun 2000 ke bawah, susah cari mobil yan seperti itu.”

Trik makelaran mobil 6: Berbisnis dengan etika

Jika kita sudah berhasil memiliki jaringan luas, langkah selanjutnya adalah mempertahankan dan terus mengembangkannya. Jadilah makelar atau broker yang beretika. Hindari cara-cara curang supaya relasi yang kita bangun tidak hancur

Ada peraturan tidak resmi di kalangan para makelar yang bisa berakibat fatal jika dilanggar. Jika ingin jadi makelar sukses, Anda harus memegang prinsip: kejujuran, persaudaraan dan saling menguntungkan. Kami telah mengulas tuntas pada post terdahulu. Selengkapnya silahkan kunjungi tautan ini: Etika dunia makelar, broker, calo. Wajib dibaca karena ulasan ini adalah pelengkap dari artikel tersebut
“Tujuan utama seorang makelar memang untuk mencari keuntungan dari fee – komisi – provisi penjualan. Namun, motif ekonomi tersebut harus dijalankan sesuai prinsip saling menguntungkan semua pihak. Maka percayalah, kesuksesan yang ditempuh dengan cara nakal, sifatnya hanya sementara, tidak akan bisa bertahan lama”
Secara teori, belajar jadi makelar dalam jual beli mobil itu mudah. Tapi bisnis makelaran adalah ilmu praktis. Kita akan jadi makelar yang sukses tidak cukup mempelajarinya dari buku tutorial. Harus sering praktek terjun langsung di lapangan. So, tips trik ini tidak akan berarti jika tidak pernah dipraktekkan. Semoga kiat sederhana ini bermanfaat

Update gan! Ada teman berkata, "tiada guna punya seribu trik makelaran tapi tidak punya minat memasarkan mobil milik orang lain. Entah karena faktor gengsi, malu atau apa. Tahu sendiri, masyarakat kita ini masih banyak yang punya pola pikir negatif memandang sebelah mata. Mereka anggap profesi makelar itu identik dengan calo pemalas, suka menjerumuskan pembeli, bikin harga jadi mahal, tukang cari untung doang dan masih banyak anggapan miring lain."

Saya pribadi kurang setuju kalau makelar itu disebut merugikan konsumen. Mungkin ada beberapa oknum makelar nakal memakai cara kurang simpatik. Tapi kan hanya segelintir jumlahnya, tidak semua seperti itu (sudah dijelaskan di pembahasan terdahulu)

Jadi saya ingin menambahkan berdasar usulan rekan tadi. Bahwa kunci sukses bisnis makelaran itu ada pada niat. Jika niat awalnya sudah bulat, pasti akan berusaha semaksimal mungkin untuk belajar menemukan cara jadi broker perantara yang baik. Artinya pelan-pelan bakal menguasai teknik makelaran secara tepat. Itu saja trik tambahan kali ini gan!
Facebook Comments

0 komentar