-->

Cara Membersihkan Sepatu Lari dengan Benar

 

tips mencuci sepatu supaya bersih

Berolahraga lari memang menyenangkan. Dengan ini Anda dapat menyegarkan pikiran, menghilangkan stress, serta dapat menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya adalah membuat jantung tetap optimal

 

Tantangan yang dihadapi saat berlari adalah medan yang tidak mendukung salah satunya jalan yang becek. Akibatnya noda lumpur masuk di dalam dan luar sepatu sehingga meninggalkan noda saat berlari.

 

Mencuci adalah jalan keluar dalam membersihkan sepatu. Namun seringkali orang-orang salah mencuci sepatu lari yang mengakibatkan terjadinya kerusakan pada sepatu. Misalnya adanya goresan-goresan di bagian luar, pudarnya warna sepatu lari, kelonggaran sepatu bertambah hingga rusaknya sol pada sepatu.

 

Artikel ini akan menjelaskan cara mencuci sepatu lari dengan benar, supaya kualitas sepatu lari tetap awet dan terjaga setelah dibersihkan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Diamkan Sepatu Selama Beberapa Saat

Hal pertama yang dapat Anda lakukan saat mencuci sepatu adalah dengan mendiamkannya selama beberapa saat. Lumpur yang ada pada sepatu akan sulit dihilangkan bila belum mengering.

 

Jika Anda membersihkan sepatu dengan lumpur yang masih basah, maka akan menyebabkan munculnya bercak noda dalam serat sepatu, sehingga meninggalkan warna kecoklatan.

 

Langkah dalam mengeringkan noda sepatu adalah dengan menaruhnya di dalam plastik. Biarkan selama beberapa saat sampai sepatu mengering. Setelah itu tepuk atau hentak sepatu lari yang Anda miliki hingga seluruh kotoran yang ada di luar rontok dan terkelupas.

Catatan

Saat sepatu dibungkus, jangan pernah menaruhnya di tempat yang lembab. Selain itu  usahakan agar Anda tidak menaruhnya pada mesin penghangat atau hair dryer, karena dapat menyebabkan tekstur sepatu menjadi berubah.

 

Bila tidak sabar menunggu, Anda juga bisa menaruhnya di bawah sinar matahari untuk hasil yang lebih cepat.

2. Cuci Sepatu Dengan Benar

Setelah bercak lumpur sudah rontok, langkah selanjutnya adalah dengan membersihkan sisa noda di luar dan di dalam  sepatu.

Bagian Luar

Untuk membersihkan bagian luar, langkah pertama adalah dengan menyiapkan beberapa bahan dan peralatan seperti tisu basah, tisu kering, sikat gigi bekas, air hangat, dan detergen khusus sepatu.

 

Kemudian lap sepatu dengan menggunakan tisu basah, tujuannya supaya menekan kotoran yang ada pada sepatu. Setelah itu gunakan tisu kering untuk membuang sisa-sisa kotoran yang masih tersisa setelah dilap dengan tisu basah.

 

Bercak kecoklatan di sepatu masih tersisa meskipun sudah menggunakan tisu basah dan kering. Supaya kembali bersih, langkah yang dilakukan adalah dengan gosok sepatu menggunakan sikat gigi bekas yang sudah dicelup dengan air hangat dan detergen khusus. Kemudian bilas pelan dengan air bersih dan persiapkan diri untuk membersihkan bagian dalam sepatu.

Bagian Dalam

Setelah bagian luar sudah dibersihkan, langkah yang dilakukan adalah dengan melepas tali dan bagian insole sepatu.

 

Setelah itu cuci tali sepatu serta insole sepatu, kemudian sikat bagian dalam dengan menggunakan detergen dan air hangat. Langkah terakhir, bilas hingga bersih sampai sepatu tidak berbusa.

Catatan

Usahakan jangan mencuci sepatu dengan menggunakan mesin cuci. Ini dikarenakan sepatu lari memiliki beberapa material yang tidak bisa direndam dengan air dalam jangka waktu yang lama.

3. Keringkan Sepatu

Bila sepatu lari sudah bersih baik di bagian luar dan bagian dalam, langkah berikutnya adalah dengan mengeringkan sepatu. Selain itu keringkan juga tali, insole serta sepatu di bawah sinar matahari.

 

Anda juga bisa mengangin-anginkannya dengan kipas angin atau menaruh kertas koran dan tisu dalam sepatu. Menaruh kertas dan tisu sangat ampuh dalam menyerap kelembaban yang ada di dalam sepatu yang baru dibersihkan.

Catatan

Kadangkala sepatu yang baru saja dibersihkan akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Cara mencegah hal tersebut adalah dengan menaburkan baking soda di dalam sepatu dan biarkan selama beberapa jam.

Penutup

Jika Anda sudah mengetahui cara membersihkan sepatu lari dengan benar. Hal yang juga harus diketahui adalah dengan mengetahui cara menjaga sepatu lari supaya awet dan tahan lama.


Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan pastikan Anda menggunakan sepatu lari untuk berolahraga lari atau jogging saja. Di samping itu lakukan servis sepatu Anda secara berkala, dan tentunya adalah dengan selalu gunakan tangan Anda saat melepas sepatu lari, bila menggunakan kaki, maka tumit sepatu bisa hancur dan menyebabkan kehilangan keseimbangan pada sepatu.

 

Itulah cara membersihkan sepatu dengan benar, semoga Anda bisa membersihkan sepatu lari Anda dengan bersih dan Anda akan dapat percaya diri saat berolahraga lari

Tertarik buka bisnis jasa cuci sepatu? Baca ulasan untung rugi usaha laundry yang telah admin posting pada artikel sebelumnya. Terima kasih telah membaca artikel ini. Mudah mudahan memberi manfaat
This Is The Newest Post
Facebook Comments

0 komentar

Jika berkenan silahkan kirim komentar, memberi masukan, kritik yang membangun, share pengalaman atau promosi bisnis anda sesuai materi pembahasan

This Is The Newest Post