-->

7 Tools LinkedIn Marketing Terbaik untuk Mengembangkan Bisnis Anda

tools linkedln marketing terbaik

LinkedIn bukan hanya sekedar platform untuk mencari pekerjaan. Saat ini, LinkedIn  bisa menjadi alat pemasaran yang efektif untuk bisnis, terlebih jika Anda menarget pasar B2B dan orang-orang profesional.

Menggunakan LinkedIn sebagai alat marketing tentunya memerlukan teknik dan strategi tertentu. Untuk mengembangkan bisnis, ada beberapa alat marketing yang bisa Anda gunakan untuk menarik prospek dan mengembangkan bisnis.

Kami telah merangkum beberapa LinkedIn marketing tools yang efektif untuk membantu Anda mengoptimalkan strategi. Beberapa alat berikut bahkan bisa Anda gunakan secara gratis dan dapat dikelola secara berkelompok.

1. LinkedIn Campaign Manager

LinkedIn memiliki platform iklan resmi yang bisa membantu Anda mengelola bisnis. Jika Anda ingin memanfaatkan platform secara lebih efektif, Anda bisa menggunakan LinkedIn Campaign Manager. Meskipun berbayar, platform ini akan membantu Anda memasarkan produk lebih baik.

LinkedIn Campaign Manager membantu Anda membuat, mengelola, dan menganalisis kampanye iklan di LinkedIn. Platform ini didesain untuk membantu Anda menjangkau audiens profesional yang relevan dengan bisnis Anda melalui berbagai format iklan.

Anda bisa menargetkan iklan berdasarkan berbagai kriteria, seperti lokasi, industri, perusahaan, kelompok usia, dan lain-lain. Selain itu, Anda bisa memilih format iklan yang sesuai, termasuk InMail ad. Serta memungkinkan Anda melakukan retargeting untuk meningkatkan konversi.

Fitur utama

  • Audience targeting
  • Berbagai format iklan
  • Analitik
  • Fleksibel budget and bidding
  • Retargeting

2. LinkedIn Sales Navigator

LinkedIn juga memiliki alat premium yang untuk menemukan prospek. Anda bisa menggunakan LinkedIn sales navigator untuk menemukan dan membina prospek dengan lebih efektif. Ada banyak fitur untuk membantu Anda mendapatkan sales.

Salah satu fitur yang sangat berguna adalah Advanced lead and company search. Fitur ini memungkinkan Anda mencari prospek dan perusahaan menggunakan filter yang sangat spesifik. Anda juga bisa mendapat rekomendasi prospek berdasarkan aktivitas dan jaringan di LinkedIn.

Misalnya, jika Anda menjual meja sekolah, Anda bisa menggunakan Sales Navigator untuk mencari prospek yang relevan, seperti sekolah swasta, institusi pendidikan, atau lembaga bimbingan belajar. Dengan demikian, Anda bisa menghasilkan strategi yang lebih terarah.

Selain itu, LinkedIn Sales Navigator mudah diintegrasikan dengan alat marketing lainnya. Anda bisa menyambungkan Sales Navigator dengan CRM yang Anda digunakan untuk bisnis sehingga lebih mudah untuk mengelola strategi dan menganalisis performanya.

Fitur utama

  • Advanced Lead dan Company Search
  • Lead Recommendations
  • Real-time Updates
  • InMail
  • Integrasi dengan CRM

3. Hootsuite

Hootsuite adalah alat manajemen media sosial berbayar. Anda bisa menggunakannya untuk menjadwal konten, memantau performa, dan menganalisis konten atau kampanye Anda di media sosial.

Anda bisa mengelola LinkedIn dan sosial media lainnya dalam satu platform terorganisir. Selain itu, Hootsuite mendukung kolaborasi tim yang memungkinkan banyak pengguna bekerja sama dalam satu akun.

Fitur utama

  • Penjadwalan Posting
  • Monitoring Performa
  • Analitik Mendalam
  • Kolaborasi Tim
  • Konten Kurasi

4. Buffer

Buffer merupakan alat manajemen media sosial yang mirip dengan Hootsuite. Fitur utama dari Buffer adalah konten manajemen, termasuk penjadwalan, pengelolaan, dan analisis performa konten.

Anda bisa memasukkan beberapa akun media sosial untuk dikelola bersamaan. Misalnya, Setelah mendaftar di Buffer, Anda bisa memasukkan akun LinkedIn, Instagram, Twitter, dan media sosial lainnya yang didukung oleh platform tersebut.

Jika Anda menggunakan versi berbayar, Anda bisa mendapatkan rekomendasi waktu posting terbaik. Selain itu, Buffer menyediakan data analitik untuk melacak performa konten dan memberikan informasi metrik, seperti klik, tayanangan, dan engagement.

Fitur utama

  • Penjadwalan posting
  • Analitik kinerja
  • Rekomendasi waktu posting
  • Kolaborasi tim
  • Pengelolaan banyak akun media sosial

5. LinkedIn Analytics

Membaca analitik sangat penting jika Anda menggunakan LinkedIn sebagai salah satu alat pemasaran. LinkedIn Analytics adalah sumber informasi tentang performa halaman perusahaan dan konten yang Anda bagikan di LinkedIn.

Beberapa metrik penting seperti data followers, engagement, dan demografi audiens bisa Anda dapatkan di LinkedIn analytics. Karena merupakan bagian dari LinkedIn, fitur ini bisa Anda gunakan secara gratis.

Anda juga bisa melakukan pelaporan kustom. Fitur ini memungkinkan pembuatan laporan yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik marketing bisnis Anda.

Fitur utama

  • Analitik pengikut
  • Interaksi posting
  • Data demografis audiens
  • Analisis kinerja halaman
  • Pelaporan kustom

6. HubSpot

HubSpot adalah platform pemasaran yang komprehensif yang terintegrasi dengan LinkedIn. Alat ini membantu Anda mengelola lead, menjalankan kampanye pemasaran, dan menganalisis hasilnya.

HubSpot menawarkan alat untuk pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan. Tidak hanya LinkedIn, Anda juga mengintegrasikan alat marketing lainnya untuk mendapatkan informasi menyeluruh dan komprehensif. Namun, Anda perlu membayar biaya langganan untuk menggunakan fiturnya.

Biaya langganan termurah yakni $99.00 untuk single user. Anda bisa menggunakannya untuk team dengan membayar $249 per bulan. Hootsuite juga menyediakan layanan custom untuk bisnis dan gratis trial 30 hari.

Fitur utama

  • Integrasi CRM
  • Otomatisasi Pemasaran
  • Analitik Kinerja Kampanye
  • Personalisasi Konten
  • Manajemen Konten Sosial

7. Crystal

Crystal adalah alat yang menganalisis kepribadian untuk membantu Anda menyesuaikan komunikasi dengan prospek di LinkedIn. Alat ini akan membantu Anda membangun komunikasi yang baik dengan calon pembeli di LinkedIn.

Crystal menggunakan data dari profil LinkedIn dan aktivitas online untuk memberikan informasi tentang kepribadian dan preferensi komunikasi seseorang. Anda akan mendapat saran personalisasi terbaik untuk  berkomunikasi dengan prospek.

Alat ini juga memiliki alat manajemen untuk tim. Anda bisa menggunakannya bersama tim sales dan marketing untuk berbagi wawasan tentang kepribadian prospek.

Fitur utama

  • Profil Analisis Kepribadian
  • Tips Komunikasi Personal
  • Integrasi dengan LinkedIn
  • Rekomendasi Pesan
  • Manajemen Tim

Kesimpulan

Memanfaatkan LinkedIn untuk kebutuhan pemasaran bisnis membutuhkan lebih dari pembuat konten. Anda memerlukan strategi optimasi, konten targeting, dan penggunaan alat marketing tertentu untuk mendapat hasil yang memuaskan.

Beberapa alat di atas memerlukan langganan berbayar. Pastikan Anda mengelola keuangan perusahaan dengan baik. Anda juga bisa meminta demo dan mendapatkan trial gratis sebelum memutuskan untuk berlangganan.

Secara keseluruhan, dari alat marketing yang telah disebutkan di atas, LinkedIn Analytics dan Buffer adalah alat yang menawarkan layanan gratis. Sedangkan, Campaign Manager, Sales Navigator, dan HubSpot bisa menjadi investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang

Facebook Comments

0 komentar

Jika berkenan silahkan kirim komentar, memberi masukan, kritik yang membangun, share pengalaman atau promosi bisnis anda sesuai materi pembahasan