Tips Agar Bengkel Mobil Ramai Pelanggan

Bagaimana cara agar bengkel mobil ramai pelanggan? Sudah 1 bulan buka usaha servis mobil tapi masih sepi. Hanya 1-2 konsumen yang datang, itupun dari kalangan teman dekat sendiri. Kalau begini terus, bisa bangkrut bisnis bengkel mobil saya.” Begitu kata keluh kesah seorang rekan yang lagi galau karena usahanya belum menunjukkan hasil memuaskan
taktik strategi menjalankan usaha jasa servis kendaraan
strategi mencari pelanggan bengkel kendaraan bermotor
Sambil bercanda sayapun kasih tips strategi jitu. Gampang. Trik taktik paling efektif mendatangkan konsumen ke bengkel mobil kamu adalah menggratiskan semua layanan. Mulai ongkos jasa servise, ganti olie, beli spare part... semua tidak usah bayar. Dengan cara ini, tidak usah repot mencari pelanggan, mereka akan datang sendiri ke bengkel mobil kamu!

“Tanggung amat, dibakar saja sekalian biar ramai,” selorohnya seraya tersenyum kecut. Sebagai pengusaha pemula, sepertinya rekan satu ini butuh suntikan motivasi dan solusi atas masalah yang dihadapi. Yuk kita bantu menemukan jalan keluar biar usaha bengkel servis mobilnya ramai. Kalau ramai pelanggan otomatis kan laba keuntungan yang didapat juga besar
 

Tips kunci sukses bisnis bengkel mobil mengatasi masalah sepi pelanggan

Masalah sepi pelanggan pada bisnis bengkel kendaraan; mobil atau sepeda motor yang baru berdiri adalah hal biasa. Semua usaha kalau masih dalam tahap awal merintis atau memulai ya memang begitu. Semua butuh proses. Ada tahap langkah yang harus dilakoni dalam menjalankan usaha. Bagaimana mau ramai pelanggan kalau belum dikenal masyarakat luas. Diperlukan kesabaran, kerja keras dan strategi jitu untuk memasarkan bisnis bengkel mobil

Cara meramaikan usaha bengkel mobil, kuncinya hanya satu: pelayanan memuaskan pada pelanggan. Sebagai jenis usaha di bidang jasa, faktor kepuasan customer adalah kunci sukses bengkel servis mobil. Berlaku juga untuk bengkel modifikasi,ketok magic, las teter, body repair, cat, AC, salon cuci, rental mobil serta bisnis sektor jasa otomotif sejenis

Ada 4 faktor utama yang jadi tolok ukur pelayanan bengkel mobil bagus atau jelek di mata konsumen. Yaitu: kecepatan, ketepatan, keramahan dan kenyamanan. Jika ke-4 prinsip dasar tadi berhasil diterapkan dalam intern managemen, cepat atau lambat nama baik bengkel kendaraan kita akan menyebar dari mulut ke mulut. Pelanggan yang puas akan merekomendasikan pada orang yang mereka kenal. Itu adalah cara alami yang paling ampuh dan akan bertahan lama untuk menjaring pelanggan

Pertanyaannya, apa yang harus dilakukan untuk memenuhi kriteria sebagai bengkel mobil yang bagus sehingga ramai pelanggan? Jelaskan secara konkrit disertai contoh!

Rekrut mekanik / montir mobil yang benar-benar ahli

Jika Anda masih dalam taraf belajar mengutak-atik mesin mobil, jangan coba-coba menangani sendiri perbaikan kendaraan milik pelanggan. Ingat, mereka datang untuk men-serviskan mobilnya agar nyaman dikendarai, bukan untuk dijadikan sebagai bahan praktikum. Kalau hasilnya justru kerusakan makin parah, bisa dipastikan dia tidak akan pernah datang kembali. Resiko terberat apabila ketemu pelanggan nyinyir, ketidakpuasannya dishare ke sosmed. Nama usaha Anda akan hancur karenanya. Mau melaporkan ke polisi atas tuduhan pencemaran nama baik? Ngaca dulu!

Jika usaha Anda masih kecil, setidaknya harus memiliki 1 orang yang benar-benar ahli. Maka harus selektif dalam merekrut karyawan. Lebih baik menggaji sedikit tinggi 1 orang montir berpengalaman daripada membayar murah 2-3 mekanik amatiran. Karena keuntungan mempekerjakan montir ahli adalah:
  1. Pekerjaan cepat selesai -> pelanggan tidak terlalu lama menunggu
  2. Hasil pekerjaan lebih detail dan bagus -> pelanggan suka -> merekomendasikan ke teman -> banyak konsumen lain datang -> bengkel jadi ramai -> keuntungan bertambah

Hal ini terkait dengan faktor kecepatan dan ketepatan. Coba posisikan kita sebagai konsumen. Pasti akan memilih bengkel mobil yang cepat selesai dan hasilnya bagus.

Layani pelanggan dengan ramah

Karakteristik orang itu beda-beda. Ada yang ramah / judes, pendiam / cerewet, royal / pelit, baik hati / menyebalkan , lugu / sok tahu. Sebagai pengusaha jasa, kita harus sabar menghadapi berbagai karakter konsumen. Sedongkol apapun dalam hati, usahakan untuk melayani dengan senyum ramah.

Gunakan tutur kalimat santun dalam melayani konsumen. Kata-kata maaf, selamat pagi-siang-sore, ada yang bisa kami bantu? terima kasih akan membuat mereka merasa dihargai. Hindari ucapan kasar seperti: bawel lo!, berisik amat! gak usah ikut campur! Sudah ditungguin aja dulu ntar juga beres. Kalau sama sobat kental sih mungkin mereka tahu kita bicara seperti itu hanya bermaksud untuk bercanda. Tapi kalau customer baru? Pasti langsung balik setir kiri, bye...

Celakanya, tidak semua montir itu pandai berbasa-basi. Maka, saat konsumen bicara pada mekanik yang lagi memperbaiki mobilnya, sebaiknya Anda dampingi. Tujuannya agar Anda bisa membantu menjelaskan dengan bahasa yang sekiranya tidak menyinggung perasaan. Jangan sampai karena faktor kelelahan, montir kita bicara kasar pada pelanggan. Kita juga yang rugi. Sebab, sebagus apapun hasil pekerjaan kita, kalau dilayani dengan judes, orang ogah balik lagi. Kapok coy!

Buat suasana ruang tunggu yang nyaman

Kita bisa menyontek lay-out tata ruang bengkel mobil besar yang ramai pengunjung. Biasanya kriteria / ciri-cirinya adalah sebagai berikut:
  1. Tempatnya cukup luas dan bersih
  2. Ruang tunggu dan area service dipisah oleh sekat kaca atau bahan tembus pandang lain sehingga konsumen tidak merasa bising namun bisa melihat pengerjaan kendaraan miliknya
  3. Ruang tunggu dipisah jadi dua bagian. 1 ruangan full AC dan 1 ruang smoking area khusus buat pelanggan yang suka ngasap
  4. Kursinya nyaman buat duduk dan jaraknya tidak terlalu rapat
  5. Menyediakan fasilitas wifi gratis, TV, air minum mineral gratis, bacaan koran atau majalah otomotif dan sarana pendukung lain

Tempat yang nyaman mutlak bagi bengkel mobil yang membidik segmen pasar kalangan menengah ke atas. Tapi jika belum bisa menyewa tempat sesuai kriteria, ya usahakan menata suasana bengkel sebaik mungkin. Jangan terlalu kotor, semrawut, acak-acakan yang bikin pelanggan tidak betah

Cara mencari pelanggan dan memasarkan bisnis bengkel mobil lain:

Untuk melengkapi 4 faktor utama dalam upaya meramaikan bengkel mobil, berikut ini tips singkat cara mencari pelanggan atau strategi pemasaran yang juga penting:

Promosi / iklan

Promosikan usaha bengkel modifikasi,ketok magic, las teter, body repair, cat, AC, salon cuci, rental mobil serta bisnis sektor jasa otomotif lain. Banyak media online maupun offline yang bisa kita manfaatkan, baik itu yang gratisan atau pasang iklan berbayar.

Media offline untuk promosi bengkel mobil contohnya: pasang spanduk, baliho, banner, papan nama, iklan koran, radio, sebar brosur dll

Media online untuk promosi bengkel mobil di internet. Contohnya sosial media (FB, Instagram, Twitter, Google plus, WhatsApp, Telegram, Line, Pinterest, LinkedIn). Buat website company profile (optimasi SEOnya agar masuk halaman pertama mesin Google). Iklan di situs iklan baris gratis (OLX). Gabung dan aktif di forum diskusi otomotif di internet (kaskus, forum otomania dll). Pasarkan di marketplace Indonesia (Bukalapak, Tokopedia, Blibli)

Tapi harus diingat. Promosi gencar hanya akan efektif untuk menjaring pelanggan baru. Untuk menjadikannya sebagai pelanggan loyal, permorma, kualitas dan layanan bengkel mobil kitalah yang jadi kunci utamanya. Percuma jor-joran iklan dimana-mana jika kualitasnya buruk. Maka sebelum promosi gencar, perbaiki dulu kinerja bengkel kita.

Perhatikan harga pesaing

Sebenarnya harga bukan faktor utama pelanggan menggunakan jasa servis kita. Orang akan rela merogoh kantong membayar sedikit mahal untuk layanan yang memuaskan. Tapi, jika gap selisih harga dengan pesaing terlampau tinggi, konsumen akan mencari bengkel lain.

Konsumen cenderung memilih harga murah untuk kualitas jasa yang setara. Contohnya kita patok tarif 300 ribu untuk servis rutin kendaraan. Sedang pesaing hanya pasang harga 200 ribu untuk jenis servis dan kualitas yang tidak beda jauh. Kira-kira bisnis kita akan dilirik pelanggan tidak?

Beda lagi kalau kita punya spesifikasi jasa khusus yang tidak dimiliki pesaing. Modifikasi mobil misalnya. Mau mematok tarif selangit juga pasti dibayar asalkan mereka cocok dan puas

Jadi patok tarif yang wajar saja. Tidak terlampau murah atau mahal dari harga pasaran
“Kualitas pelayanan adalah kunci utama dalam pemasaran jasa servis mobil. Jika ingin bengkel mobil anda ramai kebanjiran pelanggan, buatlah mereka puas!”
Demikian artikel ulasan trik-tips cara menggiring pelanggan untuk meramaikan bengkel mobil. Strategi marketing sederhana ini bisa diterapkan pada jenis usaha di bidang jasa otomotif lain. Contohnya untuk memasarkan bisnis bengkel sepeda motor, modifikasi mobil, karoseri, ketok magic, las teter, body repair, cat, AC, salon cuci mobil, jasa pemasangan audio mobil, rental mobil dll. Salam sukses dalam menjalankan usaha! Baca juga: Daftar ide peluang usaha dibidang otomotif
Facebook Comments

0 komentar