7 Kriteria Jasa Catering yang Bagus
Bisnis Jasa- Cara memilih jasa katering yang berkualitas bagus untuk
acara resepsi pernikahan, pesta ulang tahun, aqiqah, seminar dll memang
gampang-gampang susah. Karena semua penyedia jasa catering pasti mengklaim
usahanya yang paling bagus, terbaik dan aman terpercaya. Namanya juga bahasa
promosi, pasti keunggulan yang ditonjolkan. Kenyataan? Buktikan dulu...
Jadi bigung pilih catering mana yang paling baik? Tenang,
sebelum menentukan perusahaan katering mana yang akan kita pakai, yuk kenali kriteria
jasa catering yang bagus itu bagaimana. Biar tidak salah pilih. Karena
kesalahan memilih jasa penyedia aneka menu masakan, bisa membuat acara yang kita
gelar jadi berantakan.
Ini dia 7 kriteria atau ciri-ciri usaha jasa catering
yang baik. Recomended buat yang sedang mencari tempat pesan paket menu makanan,
minuman guna disajikan pada para tamu undangan pesta. Atau bagi karyawan dan
anak kost yang mencari catering harian berlangganan (rantangan).
Artikel sebelmnya: Peluang usaha bisnis katering rumahan.
Kriteria 1: Rasa masakannya enak
Tips memilih katering yang tepat adalah dengan cara
mencicipi rasa masakannya. Jika lidah kita berdecap akan kelezatannya, masukkan
dalam daftar pilih. Tapi bila rasanya kurang enak, abaikan saja. Kalau lidah
kita saja tidak cocok, kemungkinan tamu Anda juga punya penilaian sama.
Anda bisa survey cita rasa dari berbagai acara yang
Anda hadiri. Misalnya pas kondangan di resepsi pernikahan teman dan merasa
hidangannya lezat, Anda bisa minta kartu nama pada si penyedia jasa catering
tersebut. Atau bisa tanya pada si tuan rumah dimana dia pesan makanan tersebut.
Anda bisa juga pesan katering dari rumah makan
langganan yang biasa Anda datangi. Biasanya restoran, rumah makan atau warung
juga melayani pesanan untuk acara pesta. Cara ini paling direkomendasikan
karena rasa masakan dari rumah makan relatif lebih stabil, tidak berubah-ubah.
Soalnya dimasak oleh koki yang tiap hari bekerja memasak makanan yang sama
Kriteria 2: Direkomendasikan oleh banyak orang
Perusahaan katering yang direkomendasikan banyak orang,
biasanya memenuhi kriteria sebagai penyedia jasa katering yang bagus. Rasa
makanannya enak, harganya murah, pelayanannya memuaskan serta profesional.
Caranya, kita tanya pada pelanggan atau orang-orang
yang pernah pesan di sana. Atau cari informasi usaha katering bersangkutan di
sosial media atau googling di internet. Ketik nama perusahaan dan nama kota
dimana katering tersebut berada di pencarian disertai kata memuaskan atau
mengecewakan. Contoh: “katering A Jakarta memuaskan atau mengecewakan?”
Dari situ kita bisa melihat komentar-komentar pelanggan
apakah banyak yang merasa puas atau sebaliknya, kecewa berat. Ya, meskipun cara
ini tidak bisa menjamin 100% untuk mengukur kualitas usaha katering tersebut
benar-benar bagus. Setidaknya bisa jadi bahan pertimbangan dalam memilih jasa
katering yang baik
Kriteria 3: Sudah lama beroperasi dan ternama
Biasanya usaha yang sudah lama berdiri dan terkenal
memiliki kualitas memadai. Bukan berarti usaha katering yang baru berdiri
seumur jagung itu tidak berkualitas. Banyak juga kok pendatang baru di dunia bisnis
kateringan dikelola secara profesional. Tidak kalah soal mutu masakan serta
pelayanan prima
Namun dari segi pengalaman, setidaknya pemain lama sudah
tidak diragukan lagi dalam menerima pesanan masakan dari pelanggan. Sehingga jika
terjadi sedikit masalah, mereka akan cepat tanggap mengendalikan keadaan.
Contohnya, saat tamu undangan pada acara pernikaan tenyata
melebihi perkiraan. Tuan rumah pasti bingung dan pesan menu tambahan secara mendadak.
Pengusaha catering pemula mungkin akan bingung menghadapi
situasi seperti ini. Kan masak itu butuh proses, tak secepat mengucap bim
salabim. Tapi bagi pengelola yang berpengalaman, itu bisa diatur. Dengan
memanfaatkan relasi bisnisnya, mereka akan cepat memenuhi permintaan dadakan.
Dan ini akan memberi rasa tenang pada konsumen
Kriteria 4: Pelayanannya bagus dan memuaskan
Kriteria pelayanan memuaskan itu jika memenuhi 4 syarat
utama. Yaitu kecepatan, ketepatan, keramahan dan kenyamanan. 4 hal inilah yang
diharapkan konsumen terhadap penyedia jasa. Uraian Selengkapnya bisa dibaca:
Pelayanan prima terhadap pelanggan
Cara gampang untuk menilai apakah pelayanan jasa
katering tersebut baik atau tidak, kita
bisa mengetesnya dari awal. Coba datang ke kantornya, hubungi lewat telpon atau
whatsApp dan pura-pura jadi calon pelanggan yang super cerewet.
Jika pemilik atau customer servicenya melayani setiap
pertanyaan Anda dengan bahasa yang ramah dan sopan, berarti kesan pertama sudah
baik. Sebaliknya, jika mereka menanggapi pertanyaan menjengkelkan Anda dengan
ketus, langsung menutup telepon atau mengabaikan chat kita... Ya, nilai sendiri
pelayanan macam apa itu?
So, bagi para pengelola jasa katering, jangan mudah
terpancing emosi dengan calon konsumen yang cerewet, menanyakan hal yang sudah
dijelaskan secara berulang-ulang atau hal menjengkelkan lain. Layani saja
dengan ramah. Bisa jadi itu calon konsumen yang menyamar pura-pura o’on untuk
menguji pelayanan Anda. Yang sabar ya boss...
Kriteria 5: Berani memberi garansi dan kompensasi
Pilih jasa katering yang berani memberikan garansi dan
kompensasi jika tidak sesuai perjanjikan. Misalnya sisa pembayaran tidak usah
dibayar jika ternyata masakan yang dikirim tidak tepat waktu. Jaminan uang kembali
jika ternyata jenis masakan yang dikirim tidak sesuai pesanan. Akan menanggung
biaya pengobatan jika masakannya menyebabkan keracunan pada tamu undangan
Penyedia jasa yang berani memberi jaminan seperti ini
layak diperhitungkan untuk dijadikan pilihan utama. Mereka pasti akan berusaha
menyajikan yang terbaik. Sebab jika tidak, akan rugi membayar kompensasi atas
keteledorannya. Seandainya terjadi, mereka juga akan berpikir 1000 kali untuk
mengingkari. Bisa tambah rugi besar jika hal itu dishare di sosial media.
Kriteria 6: Memiliki banyak variasi menu masakan
Variasi makanan dan minuman yang disediakan akan
memberikan pelanggan banyak pilihan memesan masakan sesuai selera. Contoh: Ada
konsumen dari Jogja pesan gudeg, siap! Ada orang Padang pesan menu rendang,
oke! Ada tacik asal Cina pesan paket capcay, no ploblem! Ada tuan Thakur ingin
pesan masakan India, acha-acha!
Beberapa perusahaan katering besar di Jakarta,
Surabaya, Bandung dll mempunyai menu andalan tersendiri. Tapi mereka juga
menyediakan menu khas dari berbagai daerah atau negara secara lengkap. Ini
untuk mengakomodasi keinginan semua orang dari berbagai golongan. Sehingga bisa
menyasar pangsa pasar yang luas.
Catering serba bisa ini sangat cocok untuk melayani langganan
bulanan. Dengan banyaknya pilihan, menu makanan yang dikirim tiap hari dari
pagi, siang sampai malam bisa berbeda-beda. Sehingga pelanggan tidak bosan
makan itu-itu melulu.
Kriteria 7: Menggunakan bahan berkualitas sesuai standart kesehatan
Jasa katering yang baik, hanya akan memasak bahan
makanan yang memenuhi standart kesehatan. Mulai dari beras, sayur, daging,
telur, ikan dan bumbu untuk meracik masakan mengedepankan aspek gizi dan kualitas.
Peralatan masak seperti kompor, wajan, dandang, piring, sendok harus terbuat
dari bahan yang tidak mudah terkontaminasi dengan makanan. Jadi hasilnya
benar-benar higienis dan terjaga kebersihannya.
Saat memesan, usahakan mengintip isi dapurnya dulu.
Dari tampilan perabotan dapurnya pasti langsung ketahuan hasil masakannya layak
dikonsumsi atau tidak. Kalau melihat tempat masaknya saja sudah terlihat jorok,
bagaimana hasil masakannya? Membayangkan saja bisa bikin perut terasa mual.
Nah itu tadi 7 ciri-ciri atau kriteria dari usaha jasa
catering yang berkualitas. Ketujuh unsur tadi bisa kita jadikan tolok ukur
dalam memilih jasa katering yang kualitasnya bagus. Tapi tentu saja mutu
berpengaruh terhadap harga. Maunya sih mendapatkan harga murah tapi bermutu
tinggi. Ya, kalau saya sih ingin yang bagus dan gratis!
Semoga
info dan tips sederhana ini bermanfaat. Memberikan solusi bagi calon pelanggan
dalam memilih dan menentukan jasa katering yang bagus. Mengedukasi pada pengusaha
jasa di bidang kuliner agar memberikan layanan terbaik sesuai kebutuhan
pelanggan. Mana pilihan terbaik Anda?