Hi gan. Nih ada bocoran trik rahasia cara membuat usaha
servis komputer laris diserbu pelanggan yang ingin memperbaiki komputer PC,
laptop, notebook serta perangkat perlengkapannya seperti: printer, scanner, LCD
dan lainnya. Bombastis banget ya kalimat pembukanya, persis kata-kata iklan
promosi tukang servis keliling
Promosi yang menarik memang salah satu kunci
sukses mendatangkan pelanggan. Cara meramaikan usaha servis komputer - laptop ini sudah umum. Tapi bukan itu tips rahasia yang akan admin BisnisJasa.Id
bagikan secara gratis pada sobat pemilik usaha servis komputer. Strategi
pemasaran ini malah bertolak belakang dari konsep diatas. Jelasnya, ini adalah
teknik mendapatkan pelanggan rutin tanpa promosi apapun
Mungkin cara ini cocok bagi tukang service laptop yang
malas berpromosi sana-sini. Tapi ya itu, harus berani capek di depan karena
trik long life relationship ini
gampang-gampang susah. Belum pernah dengar istilah long-life-relationship dalam ilmu marketing kan? Iya, ngarang
sendiri soalnya wkwkwk..
Bekerja sama dengan toko komputer. Itulah rahasia agar usaha
jasa servis reparasi PC – laptop laris tanpa promosi. Caranya sama persis
seperti trik mencari pelanggan servis HP yang telah kami bagikan kemarin. Hanya
target yang akan diajak kerjasama saja yang beda. Kan menyesuaikan jenis produk
yang akan direparasi
Jadi jika sudah baca artikel yang kemarin, ya tidak
perlu mantengin layar netbook buat nerusin baca trik ini. Tapi bagi yang belum,
monggo dilanjut, gan!
Strategi marketing-network seperti ini sangat efektif.
Makin banyak punya relasi pengelola atau pemilik toko komputer akan semakin
bagus. Jika partner bisnis yang satu lagi absen tidak mengirim laptop rusak
untuk diperbaiki, masih ada harapan akan mendapatkan order serpisan dari toko
komputer lainnya
Trik menjaring konsumen secara kolektif macam ini
pastinya lebih menjamin akan mendapatkan garapan secara kotinue. Bandingkan
jika agan hanya menunggu pelanggan perseorangan datang. Pasti agan perlu banyak
uang, waktu dan energi untuk promosi kemana-mana. Bisa-bisa waktunya lebih
sering dihabiskan buat sebar brosur, main kucing-kucingan sama satpol PP buat
nempelin banner di pohon, nyampah di wall FB teman buat numpang promosi
dibanding memperbaiki laptop pelanggan
Kalau berhasil mendapat pelanggan tetap kan enak.
Pikiran bisa fokus mereparasi komputer konsumen tanpa terganggu aktifitas cari
pelanggan. Masuk akal kan?
Kalau soal teknis mekanisme menjalin kerjasama,
sebenarnya terserah agan gimana enaknya sajalah. Lebih mudah jika sudah punya
kenalan orang dalam. Tinggal speak-speak sebentar pasti mereka mau membantu.
Atau jika belum punya, mulailah menawarkan kerjasama dengan toko elektronik
langganan agan tempat biasa beli komponen komputer
Bisa juga terapkan langka-langkah menjajaki kemitraan
dengan pemilik toko komputer berikut ini:
A) Datangi toko atau counter jual beli komputer seken yang
bertebaran dimana-mana. Usahakan cari besar besar yang ramai pembeli sehingga
kemungkinan dapat banyak “lemparan” order servisan makin besar
B) Jalin hubungan baik terlebih dahulu. Jangan
buru-buru mengutarakan maksud tujuan utama. Usahakan mencari waktu yang tepat
untuk sekedar ngobrol. Jangan maksa kalau toko pas lagi ramai pelanggan. Bisa
dilempar monitor jika kita ngerecokin saat dia repot melayani pembeli
C) Setelah kenal, baru lanjut membicarakan kemungkinan
kerja sama. Tawarkan beberapa alternatif sistem bagi hasil yang saling
menguntungkan kedua belah pihak.
D) Berikan proposal kerjasama secara tertulis jika
perlu. Jelaskan merk PC, laptop, printer, scanner dan jenis kerusakan apa saja
yang bisa agan kerjakan. Lengkap dengan perkiraan ongkos servis supaya pemilik
counter bisa memberikan perkiraan biaya pada konsumennya
E) Tunjukkan bahwa kita layak dipercaya. Sebab pihak
toko pasti tidak mau mengambil resiko menyerahkan barang milik pelanggannya
diservis oleh tukang servis yang kapasitasnya meragukan. Kalau ternyata
rusaknya makin parah atau dibawa kabur, siapa yang tanggung jawab?
Tidak masalah jika mereka minta proses servis dilakukan
di tempat mereka. Lama-lama jika sudah timbul kepercayaan, mereka tentu tidak
keberatan kita membawa pulang garapan dan dikerjakan di rumah
Pembagian hasil itu tergantung kesepakatan. Yang
penting sama-sama untung, Jangan sampai ada pihak yang merasa dirugikan. Kita
anggap saja mereka makelar atau broker perantara untuk melancarkan pemasaran
bisnis kita
Biasanya sistem bagi hasil antara tukang servis
komputer dengan perantara ada 4 cara. Untuk lebih jelasnya silahkan baca:
sistem kerja makelar
1. Sistem komisi
Sistem komisi artinya kita yang menetapkan harga dan
memberikan fee dengan prosentase tertentu. Contoh, jika biaya servis 500 ribu
dan kesepakatan fee 10%, maka hak yang harus kita berikan pada pihak counter
adalah 50 ribu rupiah
2. Sistem penetapan harga pokok
Sedang sistem harga pokok adalah: kita hanya menetapkan
harga pokok, pihak toko bebas cari untung sendiri dengan menaikkan harga pada
konsumen. Contohnya: kita menetapkan harga servis 1 unit laptop apple sebesar 1
juta (tergantung kerusakannya). Maka bagian kita adalah 1 juta. Terserah
pengelola counter mau menarik ongkos reparasi 1,5 juta atau 5 juta pada
pelanggan, sisanya menjadi hak mereka
3. Sistem komisi + harga pokok
Ini adalah kombinasi dari kedua sistem bagi hasil.
Artinya, selain mendapat fee komisi dari kita, mereka juga berhak menaikkan
ongkos servis kepada pelanggan.
Enakan brokernya dong kalau begitu? Kalau begitu,
mengapa agan tidak jadi brokernya saja? Sudah ditolong dicarikan order bukannya
terima kasih kok malah ngedumel, hahaha...!
4. Sistem TST
TST adalah singkatan dari tahu sama tahu. Dalam sistem
ini tidak ada patokan yang jelas berapa fee yang harus diberikan. Dikira-kira
sendiri “uang bensin” yang pantas itu berapa.
Ini paling sering terjadi antar sesama teman akrab. Kadang
ada rasa sungkan untuk meminta bagi hasil. Namun cara ini rentan menimbulkan
rasa tidak puas yang terpendam. Dan jika ingin berbisnis secara profesional,
sebaiknya dihindari biar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Ingat, ini
kerjasama jangka panjang. Jangan sampai karena merasa fee yang kita kasih
terlalu sedikit, diam-diam mereka melempar servisan laptopnya pada jasa servis
komputer lain
👍👍👍
Bagaimana, gampang banget kan rahasia cari pelanggan servis
komputer itu? Syaratnya kita jangan malu-malu mendatangi semua toko laptop yang
ada. Masa iya dari ratusan toko yang ada di daerah kita tidak ada satupun yang
mau diajak kerjasama?
Tapi ingat ya. Kalau sudah punya relasi bisnis, dijaga baik-baik. Karena bukan hanya kita saja yang berusaha membangun jaringan marketing. Tukang service laptop kecil-kecilan lain juga pasti berusaha merayu pemain jual beli laptop bekas untuk diajak kerjasama untuk mengembangkan bisnis mereka jadi besar
Bagaimana kelemahan dan kelebihan sistem
marketing-network seperti ini? Klik saja di artikel sebelumnya (BEFORE) yang
ada di bawah postingan ini. Isinya sama persis kok
Oke gan sis, boleh coba trik cara membuat usaha jasa
servis laptop jadi laris. Terapkan strategi pemasaran lain, contohnya promosi
biar pelanggan makin banyak. Tapi ingat, kualitas hasil reparasi tetap nomor 1.
Logikanya, siapa yang mau bantu memasarkan jasa kita jika PC / notebook tambah
hancur setelah kita servis? Semoga cara mencari pelanggan bagi tukang servis komputer
ini bermanfaat. Ayo ubah usaha rumahan jadi usaha gedongan, gan!
Facebook Comments
4 komentar
ok. bisa membantu
BalasLucky Computer Solution
Servis Komputer 24 jam Bandung Timur Cibiru Hilir
Bisa di panggil 24 jam Seluruh kota Bandung
Profesional pengerjaan cepat ramah dan memuaskan juga bergaransi.
bisa di tunggu tempat nyaman untuk menunggu.
Promo dari tgl 3-5 instal ulang laptop komputer 50rb screenshoot dan perlihatkan iklan ini
WA 081220769974
Jasa service komputer cipinang besar selatan jakarta timur panggilan ditempat rumah kantor wa 0895411956072
Balaslayanan Jasa Service Komputer, laptop, Printer, Jaringan weservice.id
wa : 085776054438
Subscribe to:
Post Comments (Atom)