Cara Agar Usaha Servis Komputer Laris

Hi gan. Nih ada bocoran trik rahasia cara membuat usaha servis komputer laris diserbu pelanggan yang ingin memperbaiki komputer PC, laptop, notebook serta perangkat perlengkapannya seperti: printer, scanner, LCD dan lainnya. Bombastis banget ya kalimat pembukanya, persis kata-kata iklan promosi tukang servis keliling

Promosi yang menarik memang salah satu kunci sukses mendatangkan pelanggan. Cara meramaikan usaha servis komputer - laptop ini sudah umum. Tapi bukan itu tips rahasia yang akan admin BisnisJasa.Id bagikan secara gratis pada sobat pemilik usaha servis komputer. Strategi pemasaran ini malah bertolak belakang dari konsep diatas. Jelasnya, ini adalah teknik mendapatkan pelanggan rutin tanpa promosi apapun

Mungkin cara ini cocok bagi tukang service laptop yang malas berpromosi sana-sini. Tapi ya itu, harus berani capek di depan karena trik long life relationship ini gampang-gampang susah. Belum pernah dengar istilah long-life-relationship dalam ilmu marketing kan? Iya, ngarang sendiri soalnya wkwkwk..

trik mencari pelanggan dan meramaikan usaha service komputer

Membangun jaringan pemasaran dengan toko komputer

Bekerja sama dengan toko komputer. Itulah rahasia agar usaha jasa servis reparasi PC – laptop laris tanpa promosi. Caranya sama persis seperti trik mencari pelanggan servis HP yang telah kami bagikan kemarin. Hanya target yang akan diajak kerjasama saja yang beda. Kan menyesuaikan jenis produk yang akan direparasi

Jadi jika sudah baca artikel yang kemarin, ya tidak perlu mantengin layar netbook buat nerusin baca trik ini. Tapi bagi yang belum, monggo dilanjut, gan!

Strategi marketing-network seperti ini sangat efektif. Makin banyak punya relasi pengelola atau pemilik toko komputer akan semakin bagus. Jika partner bisnis yang satu lagi absen tidak mengirim laptop rusak untuk diperbaiki, masih ada harapan akan mendapatkan order serpisan dari toko komputer lainnya

Trik menjaring konsumen secara kolektif macam ini pastinya lebih menjamin akan mendapatkan garapan secara kotinue. Bandingkan jika agan hanya menunggu pelanggan perseorangan datang. Pasti agan perlu banyak uang, waktu dan energi untuk promosi kemana-mana. Bisa-bisa waktunya lebih sering dihabiskan buat sebar brosur, main kucing-kucingan sama satpol PP buat nempelin banner di pohon, nyampah di wall FB teman buat numpang promosi dibanding memperbaiki laptop pelanggan

Kalau berhasil mendapat pelanggan tetap kan enak. Pikiran bisa fokus mereparasi komputer konsumen tanpa terganggu aktifitas cari pelanggan. Masuk akal kan?

Cara menjalin kerja sama

Kalau soal teknis mekanisme menjalin kerjasama, sebenarnya terserah agan gimana enaknya sajalah. Lebih mudah jika sudah punya kenalan orang dalam. Tinggal speak-speak sebentar pasti mereka mau membantu. Atau jika belum punya, mulailah menawarkan kerjasama dengan toko elektronik langganan agan tempat biasa beli komponen komputer

Bisa juga terapkan langka-langkah menjajaki kemitraan dengan pemilik toko komputer berikut ini:

A) Datangi toko atau counter jual beli komputer seken yang bertebaran dimana-mana. Usahakan cari besar besar yang ramai pembeli sehingga kemungkinan dapat banyak “lemparan” order servisan makin besar

B) Jalin hubungan baik terlebih dahulu. Jangan buru-buru mengutarakan maksud tujuan utama. Usahakan mencari waktu yang tepat untuk sekedar ngobrol. Jangan maksa kalau toko pas lagi ramai pelanggan. Bisa dilempar monitor jika kita ngerecokin saat dia repot melayani pembeli

C) Setelah kenal, baru lanjut membicarakan kemungkinan kerja sama. Tawarkan beberapa alternatif sistem bagi hasil yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

D) Berikan proposal kerjasama secara tertulis jika perlu. Jelaskan merk PC, laptop, printer, scanner dan jenis kerusakan apa saja yang bisa agan kerjakan. Lengkap dengan perkiraan ongkos servis supaya pemilik counter bisa memberikan perkiraan biaya pada konsumennya

E) Tunjukkan bahwa kita layak dipercaya. Sebab pihak toko pasti tidak mau mengambil resiko menyerahkan barang milik pelanggannya diservis oleh tukang servis yang kapasitasnya meragukan. Kalau ternyata rusaknya makin parah atau dibawa kabur, siapa yang tanggung jawab?
Tidak masalah jika mereka minta proses servis dilakukan di tempat mereka. Lama-lama jika sudah timbul kepercayaan, mereka tentu tidak keberatan kita membawa pulang garapan dan dikerjakan di rumah

Sistem bagi hasil jasa servis dengan toko komputer

Pembagian hasil itu tergantung kesepakatan. Yang penting sama-sama untung, Jangan sampai ada pihak yang merasa dirugikan. Kita anggap saja mereka makelar atau broker perantara untuk melancarkan pemasaran bisnis kita

Biasanya sistem bagi hasil antara tukang servis komputer dengan perantara ada 4 cara. Untuk lebih jelasnya silahkan baca: sistem kerja makelar

1. Sistem komisi
Sistem komisi artinya kita yang menetapkan harga dan memberikan fee dengan prosentase tertentu. Contoh, jika biaya servis 500 ribu dan kesepakatan fee 10%, maka hak yang harus kita berikan pada pihak counter adalah 50 ribu rupiah

2. Sistem penetapan harga pokok
Sedang sistem harga pokok adalah: kita hanya menetapkan harga pokok, pihak toko bebas cari untung sendiri dengan menaikkan harga pada konsumen. Contohnya: kita menetapkan harga servis 1 unit laptop apple sebesar 1 juta (tergantung kerusakannya). Maka bagian kita adalah 1 juta. Terserah pengelola counter mau menarik ongkos reparasi 1,5 juta atau 5 juta pada pelanggan, sisanya menjadi hak mereka

3. Sistem komisi + harga pokok
Ini adalah kombinasi dari kedua sistem bagi hasil. Artinya, selain mendapat fee komisi dari kita, mereka juga berhak menaikkan ongkos servis kepada pelanggan.

Enakan brokernya dong kalau begitu? Kalau begitu, mengapa agan tidak jadi brokernya saja? Sudah ditolong dicarikan order bukannya terima kasih kok malah ngedumel, hahaha...!

4. Sistem TST
TST adalah singkatan dari tahu sama tahu. Dalam sistem ini tidak ada patokan yang jelas berapa fee yang harus diberikan. Dikira-kira sendiri “uang bensin” yang pantas itu berapa.

Ini paling sering terjadi antar sesama teman akrab. Kadang ada rasa sungkan untuk meminta bagi hasil. Namun cara ini rentan menimbulkan rasa tidak puas yang terpendam. Dan jika ingin berbisnis secara profesional, sebaiknya dihindari biar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Ingat, ini kerjasama jangka panjang. Jangan sampai karena merasa fee yang kita kasih terlalu sedikit, diam-diam mereka melempar servisan laptopnya pada jasa servis komputer lain
👍👍👍 
Bagaimana, gampang banget kan rahasia cari pelanggan servis komputer itu? Syaratnya kita jangan malu-malu mendatangi semua toko laptop yang ada. Masa iya dari ratusan toko yang ada di daerah kita tidak ada satupun yang mau diajak kerjasama?

Tapi ingat ya. Kalau sudah punya relasi bisnis, dijaga baik-baik. Karena bukan hanya kita saja yang berusaha membangun jaringan marketing. Tukang service laptop kecil-kecilan lain juga pasti berusaha merayu pemain jual beli laptop bekas untuk diajak kerjasama untuk mengembangkan bisnis mereka jadi besar

Bagaimana kelemahan dan kelebihan sistem marketing-network seperti ini? Klik saja di artikel sebelumnya (BEFORE) yang ada di bawah postingan ini. Isinya sama persis kok


Oke gan sis, boleh coba trik cara membuat usaha jasa servis laptop jadi laris. Terapkan strategi pemasaran lain, contohnya promosi biar pelanggan makin banyak. Tapi ingat, kualitas hasil reparasi tetap nomor 1. Logikanya, siapa yang mau bantu memasarkan jasa kita jika PC / notebook tambah hancur setelah kita servis? Semoga cara mencari pelanggan bagi tukang servis komputer ini bermanfaat. Ayo ubah usaha rumahan jadi usaha gedongan, gan!
Facebook Comments

0 komentar