Cara Jitu Jualan Produk Wanita Laris Manis
Cara memasarkan dan menjual produk barang / jasa pada
kaum wanita, khususnya ibu-ibu rumah tangga itu kata sebagian sales penjualan merupakan
pekerjaan susah-susah mudah. Apalagi bagi pebisnis pemula yang belum punya pengalaman marketing. Butuh strategi jitu agar jualan online maupun
offline produk kebutuhan wanita yang ditawarkan laris manis diserbu pelanggan
sale! produk paling dicari kaum wanita |
Lalu bagaimana strategi promosi, pemasaran serta
cara menjual produk dan jasa kebutuhan wanita yang efektif? Ini tips jitu cara sukses jualan produk wanita di online shop, toko konvensional atau direct selling.
Contoh barang dan jasa dengan target penjualan kaum ibu rumah (IRT), wanita
karier, waria dan remaja putri diantaranya adalah:
- Produk fashion dan aksessoris wanita -> pakaian, tas, sepatu, hijab, kalung, gelang
- Kosmetik -> alat make up, bedak, lipstik, parfum, krim pemutih kulit wajah serta produk kecantikan wanita lain
- Jasa di bidang perawatan kecantikan wanita -> contoh: klinik kecantikan, salon rias wajah, salon rambut, jasa body spa serta jasa bidang lain yang banyak dibutuhkan wanita seperti butik, laundry, katering, kursus masak, les rias pengantin dsb
- Produk kesehatan -> obat pelangsing, alat terapi kesehatan
- Alat masak -> contohnya panci, wajan, kompor, piring, kitchen set serta peralatan dapur lain
- Perlengkapan perabot rumah tangga -> meja, kursi sofa, rak, seprei, taplak, tirai, mesin cuci, hiasan rumah serta peralatan rumah tangga sejenis
Cari dan sebutkan sendiri contoh produk yang biasa
dicari dan berhubungan erat dengan kehidupan sehari-hari kaum perempuan. Saya
kan pria sejati, tugasnya hanya membayar saja. Jadi silahkan pilih mana yang
kamu suka. Asalkan... harganya jangan terlalu mahal! hehehe... Baca juga bisnis sampingan yang cocok bagi ibu rumah tangga
Tips 1: Kenali pola belanja kaum wanita
Langkah pertama yang penting sebelum memasarkan produk
kebutuhan wanita adalah kita harus paham betul apa yang disukai dan tidak
disukai kaum hawa saat belanja. Dari sini kita bisa menyusun strategi yang
tepat agar barang dagangan fashion, kosmetik, jamu pelangsing serta produk keperluan
wanita yang kita jual laris manis
Hal ini terkait dengan sifat karakteristik kaum perempuan
dalam menentukan barang atau jasa yang ingin mereka beli. Pola perilaku kaum
ibu dan remaja putri saat belanja yang “bikin susah sekaligus senang” para
penjual yang memasarkan produk kebutuhan wanita itu contohnya adalah:
- Suka pada merek yang memberikan banyak pilihan varian produk yang ditawarkan meskipun sebenarnya dia sudah punya gambaran produk yang cocok dengan seleranya -> model, warna, harga
- Suka membanding-bandingkan harga produk yang satu dengan yang lainnya
- Cenderung mencari harga paling murah dengan kualitas paling bagus
- Suka dengan event diskon, big sale, cuci gudang, obral, harga coret serta kata-kata istilah yang berkonotasi iming-iming potongan harga murah lain
- Mudah tergoda dengan produk menarik yang kadang tidak terlalu penting untuk dibeli
- Bangga membeli produk yang membuat mereka nampak spesial serta bisa “dipamerkan” pada teman, tetangga dan komunitasnya
Kebiasaan kebanyakan wanita (tidak semuanya) inilah
yang bikin para bapak atau kaum cowok jadi malas kalau disuruh menemani istri
atau ceweknya belanja di mall. Mau beli gayung saja harus keliling pusat
perbelanjaan selama berjam-jam. Sudah gitu, yang dibeli sering jauh dari yang
direncanakan. Dari rumah niatnya beli sabun mandi doang, pulangnya bawa baju,
tas, sepatu dan martabak!
Tips 2: Jual produk yang memanjakan perempuan
Tips buat produsen / perusahaan yang bergerak di bidang
industri pembuatan barang kebutuhan wanita. Jika ingin produk yang Anda jual
laris manis diserbu pelanggan perempuan, buatlah produk seperti kriteria yang
diinginkan kaum emak-emak di atas
Sedangkan bagi pemilik toko konvensional dan online
shop (internet marketing), ketepatan memilih produk yang dijual akan
mempermudah kita dalam promosi, memasarkan dan menggaet pelanggan. Maka carilah
produsen / supplier yang menyediakan produk sesuai kriteria yang “memanjakan”
mereka.
Dari gambaran umum pola perilaku belanja kaum perempuan
di atas, bisa kita analisa dan simpulkan:
“Produk kebutuhan wanita yang bakal laris terjual itu ciri-cirinya: murah, berkualitas, menarik, memuaskan dan membanggakan”
Bagaimana cara kita tahu produk seperti apa yang mewakili
harapan sebagian pelanggan wanita tersebut?
b. Lakukan survey
Melakukan survey pasar secara menyeluruh wajib
dilakukan oleh produsen. Dan itu pasti butuh waktu dan biaya tidak sedikit
untuk mengetahui produk seperti apa yang paling dibutuhkan konsumen sesuai
segmentasi pasar yang dibidik
Tapi bagi pedagang tingkat reseller, ada cara mudah
untuk melakukan survey pasar. Misalnya kamu ingin jualan online produk
kecantikan. Cobalah survey di toko kosmetik yang menyediakan produk paling
lengkap. Perhatikan, produk apa yang paling menarik minat pengunjung?
b. Berpikirlah sebagai konsumen
Posisikan diri kita sebagai konsumen yang ingin membeli
barang atau jasa yang kita butuhkan
Misalnya kita ingin terjun jualan produk fashion
wanita. Cobalah browsing di online shop besar semacam lazada, blibli, zalora
atau marketplace seperti tokopedia, bukalapak dll yang memajang foto produk
pakaian. Model dan merk baju apa yang menarik minat kamu untuk membelinya?
Cara ini mungkin tidak akan efektif jika kamu punya
selera fashion yang ketinggalan jaman. Tapi setidaknya memberi gambaran contoh
produk yang sekiranya laku dipasarkan
Tips 3: Display dagangan anda semenarik mungkin
Cara ketiga agar jualan produk yang berhubungan dengan
wanita laris manis adalah dengan mendisplay atau memajang produk tersebut
semenarik mungkin. Apalagi jika Anda menyasar target pembeli dari kalangan
kelas menengah ke atas
Ini terkait karakteristik wanita yang mudah tergiur
dengan sesuatu yang terlihat cantik, bagus, elegan dan menarik perhatian. Bisa
jadi cewek yang semula iseng melihat-lihat, “terjerumus” untuk membawanya
pulang. Beli maksudnya, bukan ngutil
a. Tips mendisplay produk di toko online yang baik
Jika anda menjual di onlineshop sendiri, pilih tampilan
website yang menarik. Tampilkan foto dari produk yang kita jual dengan angle
serta kualitas gambar yang bagus. Jangan pasang foto buram yang bikin sakit
mata orang yang melihatnya. Atur supaya foto produk kita terlihat menonjol
dibanding fitur lainnya
Pastikan foto tersebut benar-benar menampilkan gambar produk
yang kita jual. Misalnya kita jual baju gamis. Jangan karena kita tak mau repot
mengupload foto sendiri lantas main comot foto Nagita Slavina yang kebetulan
pakai baju gamis dari google. Selain karena beresiko kena komplain pelanggan
karena gamis yang mereka beli tidak sama dengan difoto, kita juga bisa dituntut
karena melanggar hak cipta pemilik foto tersebut. Ingat, yang kita jual itu
pakaian, bukan gambar poster!
Lengkapi foto produk kamu dengan spesifikasi serta
harga yang jelas. Pasang juga fitur yang memudahkan pelanggan mengkalkulasi
ongkos kirim ke tempat tujuan. Contohnya memasang tools form dari Tiki atau JNE
Anda bisa mencontoh tampilan online shop terkenal untuk
membuat desain web toko online yang menarik
Jika Anda jualan di sosmed atau marketplace, yang bisa
Anda lakukan adalah mengupload foto menarik serta yang paling penting,
cantumkan harga yang bersaing. Jika harga yang Anda tawarkan kalah bersaing,
sebaiknya jangan terlalu berharap banyak bakal dapat order dari market place.
Ini tempatnya perang harga, ladies!
b. Tips mendisplay toko offline yang menarik
Jangan baca tips ini jika kamu punya asumsi: itu
pedagang di pasar Senen menumpuk barang dagangannya begitu saja tapi ramai
pembeli. Ngapain repot mendisplay segala? Tapi jika kamu jualan di mall, masalah
display sangat penting. Jika pengaturan tata letak kamu samakan dengan di pasar
tradisional untuk menjual produk apa saja, apalagi barang kebutuhan wanita,
jangan harap ada yang beli
Usahakan mendesain layout toko kamu sedemikian rupa
sehingga:
Terlihat menonjol dari toko lain di sekitarnya ->
Kamu bisa mengecat dinding toko dengan warna cerah, pasang papan nama, neon
box, neon sign dengan desain cantik dan unik
- Produk terlihat jelas dari luar toko -> pasang kaca. Jika kamu jual baju, pajang boneka dengan setelan model baju yang lagi ngetrend
- Pasang tulisan diskon sampai dengan sekian % (jika memang lagi diskon) atau harga 99.999,- ribu untuk menarik minat pengunjung
- Beri kesan luas -> Tempatkan barang yang dijual dengan jarak ideal. Jangan terlalu sempit sehingga pelanggan merasa nyamak (tidak sumpek)
Kamu bisa menyontek tampilan toko lain dan memodifikasi
tata ruang / layoutnya sehingga tampil lebih menarik
c. Tips mendesain tempat usaha jasa kebutuhan wanita
Jika kamu tertarik buka bisnis butik, salon kecantikan,
klinik kecantikan, tempat spa serta bisnis jasa untuk memanjakan wanita, faktor
kenyamanan harus diutamakan dalam mendesain ruangan.
Ruang berAC, musik melow, tempat duduk nyaman, suasana
tenang merupakan faktor penting yang membuat para wanita berpikir ulang untuk
pindah ke tempat perawatan lain. Faktor lain seperti pelayanan prima, harga
terjangkau dan lainnya tentu saja juga penting
Tips 4: Jangan segan memuji dalam melayani
Wanita mana yang tak senang kalau dipuji? Jadi jangan
segan untuk bernasa-basi dengan kata-kata pujian pada pelanggan. Kata-kata
pujian yang umum saja, jangan terlalu lebay.
- Contoh kata-kata pujian untuk pelanggan yang ingin beli perhiasan. “Gelang ini kalau dipadukan dengan kalung yang ini pasti membuat mbak terlihat makin cantik. Cobain deh”
- Contoh kata-kata memuji wanita yang ingin membeli pakaian, “baju ini membuat ibu tampil anggun. Bapak pasti terpesona melihatnya.”
- Contoh kalimat pujian untuk pelanggan habis dirias di salon kecantikan, “ya ampun cantik sekali, jeng.”
- Contoh kalimat promosi sekaligus memuji calon pembeli produk pelangsing. “Ini produk herbal yang dijamin aman dan ampuh. Coba deh minum dan lihat beberapa minggu. Hasilnya pasti bikin mbak terlihat lebih ramping dan cantik mempesona.”
- Contoh kata pujian untuk pembeli krim pemutih kulit. “Wah, sekarang kulit jeng Shinta terlihat lebih cerah merona lho setelah memakai produk ini. Mau pesan satu atau dua lagi nih buat persediaan?”
Silahkan cari kosa kata lain untuk menyampaikan pujian
pada pelanggan Anda. Tapi usahakan memuji sesuai kondisi yang wajar. Jangan
kentara banget ngegombalnya
Pujian kecil semacam ini terbukti ampuh untuk membuat
wanita membeli produk yang kamu tawarkan. Coba deh buktikan sendiri. Kalau
ternyata trik ini tidak mempan, ya mungkin Anda kurang beruntung!
Tips 4: Lakukan promosi yang tepat
Bagaimana cara mempromosikan produk kebutuhan wanita
yang tepat? Ini bagian yang paling panjang. Lain kali kita akan kupas langkah
demi langkah secara menyeluruh. Tapi ringkasnya bisa kamu lakukan cara ini:
a. Promosi offline
Melayani pelanggan dengan baik itu merupakan trik
promosi paling jitu. Seperti sudah sering saya singgung, pelanggan yang puas
akan membantu merekomendasikan produk barang maupun jasa yang kita jual pada
kolega mereka. Dan ini sangat efektif mendatangkan konsumen baru
Cara promosi lain yang bisa kita tempuh untuk
mendongkrak penjualan bisnis kecantikan, kesehatan, alat rumah tangga, alat
dapur dan produk kewanitaan lain adalah:
- Cetak brosur -> bagikan di komunitas wanita seperti acara arisan, perkumpulan ibu PKK yang anda ikuti dll
- Pasang iklan -> di koran, radio
- Pasang pamflet di tempat strategis
- Jadi sponsor pada event acara yang erat kaitannya dengan produk yang kita jual
- Jadi pemateri di acara yang banyak melibatkan kaum hawa
- Pasang sticker nama usaha kita di kendaraan
- Aktif di acara radio -> Contohnya kirim salam dengan menyebutkan nama brand di belakang nama kita. Dengan cara ini penyiar radionya akan mengatakan begini. “Ibu Gaby agen daster kirim salam buat blablabla...” Jika sehari 10 kali kita kirim salam di acara radio berbeda, maka 10 kali pula nama brand kita ikut mengudara. Bayangkan jika banyak orang yang balas titip salam ke kita
- Bagikan souvenir yang mencantumkan logo dan nama bisnis kita pada pelanggan -> contohnya: bagikan kalender, asbak, gantungan kunci dll
b. Promosi online
Promosi online sangat cocok untuk jenis produk yang
dijual secara online maupun offline. Dan saya kira semua wirausahawan sudah
biasa menggunakan media online untuk melakukan promosi. Jadi saya ulas sekilas
saja ya
- Promosi di sosial media dan aplikasi chat -> FB, IG, WA adalah sosmed yang saat ini lagi populer dalam dunia internet marketing
- Lakukan direct mail -> kirim email ke daftar pelanggan tetap anda jika ada produk baru atau diskon
- SMS marketing -> sama saja dengan direct mail. Hanya saja ini menggunakan media SMS. Meskipun cara ini mulai ditinggalkan dan beralih dengan pesan via grup WhatsApp, Telegram atau Line, tidak ada salahnya dicoba
- Daftarkan bisnis kamu di google my business
- Pasang iklan di google adwords
- Pasang iklan PPC
- Bikin website toko online dan optimasikan SEOnya biar anteng nangkring di page one pencarian google
Banyak sekali sebenarnya media online dan offline yang
bisa kita gunakan untuk mempromosikan bisnis kita
Tips 5: Perbanyak item varian produk yang kita jual
Memperbanyak jenis produk yang dibutuhkan wanita
memungkinkan jualan kita lebih laku di pasaran. Ini terkait kecenderungan
wanita yang suka belanja di tempat yang lengkap. Seperti sudah disinggung di awal
artikel: Cewek suka pada toko yang memberikan banyak pilihan varian produk yang
ditawarkan meskipun sebenarnya dia sudah punya gambaran produk yang cocok
dengan seleranya
Buktikan sendiri. Misalnya ada 2 toko yang menjual
barang yang sama berdiri bersebelahan, maka bisa dipastikan toko yang paling
lengkaplah yang ramai dikunjungi pembeli
Permasalahan mungkin ada pada modal. Untuk mengisi toko
dengan banyak produk pasti butuh dana tidak sedikit. Iya kalau kita kulakan dengan
harga cash. Cara mengatasinya adalah, cari distributor atau supplier yang bisa
dibayar mundur. Lebih bagus jika menggunakan sistem titip jual
Dengan cara ini kita bisa mengisi barang lengkap tanpa
banyak modal berjalan. Dan itu hanya bisa dilakukan setelah usaha kita cukup
lama berjalan dan punya track record bagus di mata prodsen. Maksudnya,
kredibilitas kita dianggap baik sehingga mendapat kepercayaan dari produsen
Tapi harus diingat, jangan berlaku curang yang membuat
nama baik kita jatuh. Contohnya:
- Sering telat bayar saat jatuh tempo
- Sering menghilang saat bagian penagihan datang
- Tidak mau bayar dengan berbagai alasan
- Menempatkan barang titipan di tempat yang tidak terlihat konsumen dan lebih menonjolkan produk yang dibeli dengan cash
Ketidakjujuran ini cepat atau lambat akan menghancurkan
bisnis kita sendiri
Tips 6: Segera naik level
Jangan lama-lama jadi reseller atau penjual eceran.
Jika segala sesuatunya telah berjalan lancar, persiapkan bisnis Anda untuk naik
pangkat ke level di atasnya yaitu agen, supplier atau distributor. Anda wajib melakukan langkah pengembangan usaha ini jika ingin maju dan sukses. Setidaknya jika lebih nyaman jadi pengecer, bukalah toko cabang di tempat lain
Mungkin prosentasi laba yang diperoleh pengecer lebih
besar dari agen. Tapi dari sisi perputaran uang (cash flow) jauh lebih besar.
Dengan omzet penjualan besar, otomatis total keuntungan juga jauh lebih besar
Apa saja yang harus dipersiapkan untuk menjadi
distributor?
- Gudang -> untuk yang bergerak di bidang perdagangan
- Sistem -> sistem manajemen, marketing, IT dan lainnya
- Karung -> untuk mengantisipasi dompet kita tidak mampu menampung kartu kredit, kartu ATM, nota tagihan serta uang hasil keuntungan kita (hahaha... amin, semoga saja!)
Demikian tips strategi cara sukses jualan produk kebutuhan wanita agar laris manis. Barang habis, untung berlipat, duit ngumpul segudang. Maaf jika penjelasan panjang lebar tadi bikin pusing ibu dan mbak semua. Saya doakan semoga kalian sukses jadi pengusaha wanita, mompreneur, womanpreneur atau apapun istilahnya. Selamat jualan baju, tas, sepatu, gamis, kosmetik, produk kesehatan, alat rumah tangga, perlengkapan dapur dll. Selamat melayani kaum cantik bagi yang buka bisnis catering, butik, salon, body care serta jasa kecantikan wanita sejenis