-->

Trik Cari Pelanggan Bengkel Mobil Tanpa Promosi

Trik mencari pelanggan tetap pemilik bengkel mobil di kota Malang yang satu ini patut diacungi jempol. Bayangkan, lokasi bengkelnya masuk ke dalam gang sempit yang hanya cukup dilewati oleh 1 buah mobil saja, bukan di tepi jalan raya. Di depan bengkelnya juga tidak ada papan nama. Satu-satunya identitas yang menunjukkan keberadaan bengkel service mobil tersebut hanya papan penunjuk arah sederhana di mulut gang.

Tapi garapannya, wow...! Full, ramai sekali, tidak pernah sepi pelanggan. Nama bengkelnya adalah Toni Motor, sama dengan nama saya. Alamatnya di jl Kalpataru gang V Malang Jawa Timur. Pemiliknya, Pak Toni adalah ketua RT 05 di daerah tersebut

Saya kenal baik dengan beliau karena pernah lama jadi tetangga. Bengkel las saya dulu (sebelum pindah ke jl Batu Amaril) ada di depan gang bengkel mobil beliau. Sayang saya lupa tidak mengambil foto beliau dan suasana bengkelnya. Maklum saya sowan kesana niat awalnya memang bukan untuk melakukan reportase bisnis. Dan semoga beliau tidak keberatan rahasia suksesnya saya bagikan gratis pada pembaca

Bagaimana cara dia menaikkan omzet jasa reparasi kendaraan roda 4 miliknya? Apakah dengan promosi gencar? Dia bilang tidak. Apakah memasarkan lewat internet? Dia juga bilang tidak. Dan memang, setelah saya cari di google, ternyata nama bengkel mobil Toni Mobil di jl kalpataru Malang tidak ada. Justru nama tempat service mobil lain yang muncul. Pakai ilmu penglaris mungkin? Hus! Jangan berprasangka
strategi jaringan pemasaran untuk meningkatkan omzet jasa servis otomotif

Rahasia bengkel servis mobil berjalan lancar tanpa promosi

Lalu bagaimana caranya usaha bengkel jasa reparasi mobilnya bisa tetap eksis tanpa promosi? Awalnya dia hanya tersenyum sambil menjawab secara diplomatis, “ya biasa saja mas, perbaiki mobil orang sebaik mungkin nanti konsumen juga datang sendiri” Pernyataan ini hampir sama seperti isi artikel di blog bisnisjasa.id sebelumnya: cara membuat bengkel mobil ramai
 
Dan memang, hasil servisan para mekanik Pak Toni ini memang bagus. Banyak yang cocok dengan hasil pekerjaannya. Harga yang dipatoknya juga miring sehingga mampu bersaing dengan bengkel mobil besar di sekitarnya. Jadi meski letaknya nyelempit dalam gang, tetap saja dicari pelanggan

Tapi benarkah hanya dengan penerapan teknik “melayani dan membuat hati pelanggan puas” tersebut merupakan jurus jitu untuk menggiring pelanggan datang ke tempat servis mobilnya? Ternyata ada strategi rahasia lain yang lebih efektif. Apa itu? Rahasia... hahaha!!

Triknya: Menjalin relasi tetap dengan dealer mobil bekas

Belakangan baru saya ketahui rahasia mencari pelanggan tetap bengkel mobil beliau. Saat saya mampir ke bengkelnya, ada orang dealer mobil seken dari Kepanjen yang datang mengantar mobil yang hendak diservis, sekalian mengambil mobil yang sudah selesai diperbaiki

Jadi, rekanan showroom jual beli mobkas itulah pelanggan tetapnya. Pantas saja tidak usah repot mencari konsumen tapi bisnisnya lancar terus. Lha wong sudah menjalin kerja sama dengan dealer. Namanya dealer jual beli ya pasti rutin menserviskan mobil dagangan sebelum dijual kembali. Baru mudeng saya bagaimana strategi pemasarannya

Begini skema kerjasama antara bengkel mobil dengan showroom mobkas sebagai pelanggan tetapnya. Perhatikan gambar di bawah dan urutan nomor 1 s/d 5 untuk melihat alur kerjanya
alur kerjasama bengkel mobil dengan dealer kendaraan roda 4 seken
skema pelanggan tetap meramaikan garapan bengkel mobil
  1. Bengkel mobil menjalin kerjasama
  2. Showroom membeli mobil mobil bekas dari users
  3. Mobil tersebut dibawa ke bengkel mobil langganan untuk diperbaiki dan dipoles agar bagus dan siap dijual kembali
  4. Setelah selesai, mobil dipajang di showroom
  5. Pembeli datang ke dealer mobil bekas dan tertarik membeli karena melihat kondisi mobil yang mulus

Bayangkan jika Anda punya banyak konsumen yang pasti rutin memakai jasa Anda. Usaha laris tanpa promosi itu bukan hal yang mustail bukan? Teorinya begitu. Yang susah adalah cara mencari konsumen corporate loyal seperti itu.

Cara menawarkan kerjasama bengkel mobil pada dealer mobkas

Sudah tahu kan trik rahasia mendapatkan pelanggan tetap? Sederhana sekali caranya. Coba punya langganan 10 dealer mobil bekas, ditinggal tidur juga pasti garapan montir mengalir terus.

Masalahnya adalah, bagaimana cara mendekati bos pemilik dealer mobil untuk menjadi konsumen tetap?

Ini yang tidak bisa dibilang gampang. Sebab, hampir semua pemain jual beli kendaraan bekas sudah punya channel langganan. Dan untuk masuk merebut pelanggan bengkel lain itu butuh perjuangan. Ini masalah harga, etika bisnis dan kepercayaan. Untuk bisa merebut pasar, kita harus menawarkan sesuatu yang lebih:
  1. Harga lebih murah dari pesaing
  2. Pelayanan lebih bagus
  3. Tanggal jatuh tempo pembayaran lebih lama
  4. Pendekatan lebih intens

Setelah yakin Anda punya kelebihan tersebut, coba datangi dealer-dealer mobil bekas di kota Anda. Bawa proposal penawaran yang berisi daftar harga jasa servis secara detail. Dekati juga para makelar mobil sebagai penghubung. Kalau perlu pacari juga pemilik dealer (mimpi kali ye) biar melapangkan jalan Anda

Anda juga bisa mengintip cara saya menjalin relasi pemasaran dengan rekan-rekan salesman lapangan di artikel berjudul: Cara menjalin relasi pemasaran sales lapangan

Kelebihan dan kekurangan menjalin kerja sama langganan tetap

Setiap strategi marketing (pemasaran) pasti ada keuntungan kerugian atau kelebihan dan kekurangannya. Termasuk juga sistem relationship dengan corporate customers semacam dealer mobil atau perusahaan lain

Keuntungan bengkel mobil punya pelanggan tetap dari corporate

  1. Tidak perlu repot cari pelanggan baru karena orderan selalu ada
  2. Tidak perlu promosi terlalu gencar sehingga hemat biaya promosi
  3. Tidak perlu lokasi strategis, yang penting jalan bisa diakses kendaraan roda 4 sehingga hemat biaya sewa tempat
  4. Income pendapatan lebih stabil

Itu kalau dinilai dari segi keuntungannya. Pokoknya si pemilik atau pengelola tidak perlu khawatir montilnya nganggur karena tidak ada servisan

Kekurangan bengkel mobil menjalin mitra dengan pelanggan tetap corporate

  1. Keuntungan (laba) lebih kecil dibanding kalau melayani jasa reparasi konsumen umum
  2. Pembayaran biasanya mundur sesuai kesepakatan (tidak selalu)
  3. Pelayanan terhadap pelanggan lain agak kurang maksimal karena lebih mendahulukan mengerjakan mobil dari relasi tetap (ini bisa diatasi dengan cara menambah karyawan / montir)
  4. Usaha bisa goyah jika sewaktu-waktu dealer mobil memutuskan hubungan
  5. Pengelola atau pemilik bengkel bisa terlena dalam zona nyaman (comfort zone) sehingga ide-ide kreatifnya tidak berkembang

Setelah mengingat, menimbang, menganalisa plus minusnya, sistem apa yang sebaiknya diterapkan? Saya mengulas ini bukan menganjurkan anti terhadap iklan promosi. Ini hanya salah satu contoh dari sekian banyak trik marketing saja. Sebaiknya pakai semua metode yang bisa kita usahakan sebagai langkah antisipasi. Termasuk juga promosi juga penting guna mendongkrak omzet penjualan.
“Bisnis itu ibarat perang. Bawa senjata dan amunisi sebanyak mungkin saat berangkat ke medan laga sehingga saat peluru di senapan habis, kita masih punya granat, pisau, sangkur sebagai senjata cadangan buat mengalahkan pesaing”
Anda bisa menerapkan trik strategi mendapatkan pelanggan tetap usaha bengkel servis mobil ini untuk bidang bisnis otomotif atau sektor lain. Contohnya salon mobil, body repair, karoseri, bengkel las teter dll. Pikirkan saja siapa kira-kira konsumen kelas kakap yang membutuhkan produk jasa maupun barang kita secara kontinue (berkelanjutan).

Tawarkan proposal kerja sama dengan calon konsumen potensial tersebut. Percayalah, dengan kerja keras dan pendekatan tepat, kita pasti bisa menerapkan taktik marketing yang efektif, sip, jitu, mantap, jempolan, paten, mak nyus, top markotop, jos gandos assolole...!!

Semoga trik cara sederhana ala Pak Toni ini mampu meningkatkan omzet penghasilan bengkel mobil Anda. Ceritakan kisah suka duka mengelola usaha jasa reparasi kendaraan Anda di kontak yang tersedia dan sertakan data terkait bisnis Anda untuk kami promosikan dalam bentuk artikel
Facebook Comments

1 komentar:

Mantaap sangat membantu sekali

Balas

Jika berkenan silahkan kirim komentar, memberi masukan, kritik yang membangun, share pengalaman atau promosi bisnis anda sesuai materi pembahasan