Trik Cari Pelanggan Bengkel Mobil Tanpa Promosi
Trik mencari pelanggan tetap pemilik bengkel mobil di
kota Malang yang satu ini patut diacungi jempol. Bayangkan, lokasi bengkelnya
masuk ke dalam gang sempit yang hanya cukup dilewati oleh 1 buah mobil saja,
bukan di tepi jalan raya. Di depan bengkelnya juga tidak ada papan nama.
Satu-satunya identitas yang menunjukkan keberadaan bengkel service mobil
tersebut hanya papan penunjuk arah sederhana di mulut gang.
Tapi garapannya, wow...! Full, ramai sekali, tidak
pernah sepi pelanggan. Nama bengkelnya adalah Toni Motor, sama dengan nama
saya. Alamatnya di jl Kalpataru gang V Malang Jawa Timur. Pemiliknya, Pak Toni
adalah ketua RT 05 di daerah tersebut
Saya kenal baik dengan beliau karena pernah lama jadi
tetangga. Bengkel las saya dulu (sebelum pindah ke jl Batu Amaril) ada di depan
gang bengkel mobil beliau. Sayang saya lupa tidak mengambil foto beliau dan
suasana bengkelnya. Maklum saya sowan kesana niat awalnya memang bukan untuk
melakukan reportase bisnis. Dan semoga beliau tidak keberatan rahasia suksesnya
saya bagikan gratis pada pembaca
Bagaimana cara dia menaikkan omzet jasa reparasi
kendaraan roda 4 miliknya? Apakah dengan promosi gencar? Dia bilang tidak. Apakah
memasarkan lewat internet? Dia juga bilang tidak. Dan memang, setelah saya cari
di google, ternyata nama bengkel mobil Toni Mobil di jl kalpataru Malang tidak
ada. Justru nama tempat service mobil lain yang muncul. Pakai ilmu penglaris
mungkin? Hus! Jangan berprasangka
Rahasia bengkel servis mobil berjalan lancar tanpa promosi
Lalu bagaimana caranya usaha bengkel jasa reparasi
mobilnya bisa tetap eksis tanpa promosi? Awalnya dia hanya tersenyum sambil menjawab
secara diplomatis, “ya biasa saja mas, perbaiki mobil orang sebaik mungkin
nanti konsumen juga datang sendiri” Pernyataan ini hampir sama seperti isi
artikel di blog bisnisjasa.id sebelumnya: cara membuat bengkel mobil ramai
Dan memang, hasil servisan para mekanik Pak Toni ini
memang bagus. Banyak yang cocok dengan hasil pekerjaannya. Harga yang
dipatoknya juga miring sehingga mampu bersaing dengan bengkel mobil besar di
sekitarnya. Jadi meski letaknya nyelempit dalam gang, tetap saja dicari
pelanggan
Tapi benarkah hanya dengan penerapan teknik “melayani
dan membuat hati pelanggan puas” tersebut merupakan jurus jitu untuk menggiring
pelanggan datang ke tempat servis mobilnya? Ternyata ada strategi rahasia lain
yang lebih efektif. Apa itu? Rahasia... hahaha!!
Triknya: Menjalin relasi tetap dengan dealer mobil bekas
Belakangan baru saya ketahui rahasia mencari pelanggan
tetap bengkel mobil beliau. Saat saya mampir ke bengkelnya, ada orang dealer
mobil seken dari Kepanjen yang datang mengantar mobil yang hendak diservis,
sekalian mengambil mobil yang sudah selesai diperbaiki
Jadi, rekanan showroom jual beli mobkas itulah
pelanggan tetapnya. Pantas saja tidak usah repot mencari konsumen tapi
bisnisnya lancar terus. Lha wong
sudah menjalin kerja sama dengan dealer. Namanya dealer jual beli ya pasti
rutin menserviskan mobil dagangan sebelum dijual kembali. Baru mudeng saya bagaimana strategi
pemasarannya
Begini skema kerjasama antara bengkel mobil dengan showroom mobkas sebagai pelanggan tetapnya. Perhatikan gambar di bawah dan urutan nomor 1 s/d 5 untuk melihat alur kerjanya
skema pelanggan tetap meramaikan garapan bengkel mobil |
- Bengkel mobil menjalin kerjasama
- Showroom membeli mobil mobil bekas dari users
- Mobil tersebut dibawa ke bengkel mobil langganan untuk diperbaiki dan dipoles agar bagus dan siap dijual kembali
- Setelah selesai, mobil dipajang di showroom
- Pembeli datang ke dealer mobil bekas dan tertarik membeli karena melihat kondisi mobil yang mulus
Bayangkan jika Anda punya banyak konsumen yang pasti rutin memakai jasa Anda. Usaha laris tanpa promosi itu bukan hal yang mustail bukan? Teorinya begitu. Yang susah adalah cara mencari konsumen corporate loyal seperti itu.
Cara menawarkan kerjasama bengkel mobil pada dealer mobkas
Sudah tahu kan trik rahasia mendapatkan pelanggan
tetap? Sederhana sekali caranya. Coba punya langganan 10 dealer mobil bekas,
ditinggal tidur juga pasti garapan montir mengalir terus.
Masalahnya adalah, bagaimana cara mendekati bos pemilik
dealer mobil untuk menjadi konsumen tetap?
Ini yang tidak bisa dibilang gampang. Sebab, hampir
semua pemain jual beli kendaraan bekas sudah punya channel langganan. Dan untuk
masuk merebut pelanggan bengkel lain itu butuh perjuangan. Ini masalah harga,
etika bisnis dan kepercayaan. Untuk bisa merebut pasar, kita harus menawarkan sesuatu
yang lebih:
- Harga lebih murah dari pesaing
- Pelayanan lebih bagus
- Tanggal jatuh tempo pembayaran lebih lama
- Pendekatan lebih intens
Setelah yakin Anda punya kelebihan tersebut, coba
datangi dealer-dealer mobil bekas di kota Anda. Bawa proposal penawaran yang
berisi daftar harga jasa servis secara detail. Dekati juga para makelar mobil
sebagai penghubung. Kalau perlu pacari juga pemilik dealer (mimpi kali ye) biar
melapangkan jalan Anda
Anda juga bisa mengintip cara saya menjalin relasi pemasaran dengan rekan-rekan salesman lapangan di artikel berjudul: Cara menjalin relasi pemasaran sales lapangan
Kelebihan dan kekurangan menjalin kerja sama langganan tetap
Setiap strategi marketing (pemasaran) pasti ada keuntungan
kerugian atau kelebihan dan kekurangannya. Termasuk juga sistem relationship dengan corporate customers semacam dealer mobil atau perusahaan lain
Keuntungan bengkel mobil punya pelanggan tetap dari corporate
- Tidak perlu repot cari pelanggan baru karena orderan selalu ada
- Tidak perlu promosi terlalu gencar sehingga hemat biaya promosi
- Tidak perlu lokasi strategis, yang penting jalan bisa diakses kendaraan roda 4 sehingga hemat biaya sewa tempat
- Income pendapatan lebih stabil
Itu kalau dinilai dari segi keuntungannya. Pokoknya si
pemilik atau pengelola tidak perlu khawatir montilnya nganggur karena tidak ada
servisan
Kekurangan bengkel mobil menjalin mitra dengan pelanggan tetap corporate
- Keuntungan (laba) lebih kecil dibanding kalau melayani jasa reparasi konsumen umum
- Pembayaran biasanya mundur sesuai kesepakatan (tidak selalu)
- Pelayanan terhadap pelanggan lain agak kurang maksimal karena lebih mendahulukan mengerjakan mobil dari relasi tetap (ini bisa diatasi dengan cara menambah karyawan / montir)
- Usaha bisa goyah jika sewaktu-waktu dealer mobil memutuskan hubungan
- Pengelola atau pemilik bengkel bisa terlena dalam zona nyaman (comfort zone) sehingga ide-ide kreatifnya tidak berkembang
Setelah mengingat, menimbang, menganalisa plus
minusnya, sistem apa yang sebaiknya diterapkan? Saya mengulas ini bukan menganjurkan anti terhadap iklan promosi. Ini hanya salah satu contoh dari sekian banyak trik marketing saja. Sebaiknya pakai semua metode yang bisa
kita usahakan sebagai langkah antisipasi. Termasuk juga promosi juga penting guna mendongkrak omzet penjualan.
“Bisnis itu ibarat perang. Bawa senjata dan amunisi sebanyak mungkin saat berangkat ke medan laga sehingga saat peluru di senapan habis, kita masih punya granat, pisau, sangkur sebagai senjata cadangan buat mengalahkan pesaing”
Anda bisa menerapkan trik strategi mendapatkan
pelanggan tetap usaha bengkel servis mobil ini untuk bidang bisnis otomotif atau sektor lain. Contohnya salon mobil, body repair, karoseri, bengkel las teter dll. Pikirkan saja siapa kira-kira konsumen kelas kakap yang membutuhkan produk jasa
maupun barang kita secara kontinue
(berkelanjutan).
- Strategi memanfaatkan jaringan marketing seperti ini sudah kami sampaikan untuk diterapkan pada usaha servis komputer dan HP. Silahkan cek di: cara supaya usaha servis laptop ramai
Tawarkan proposal kerja sama dengan calon konsumen
potensial tersebut. Percayalah, dengan kerja keras dan pendekatan tepat, kita
pasti bisa menerapkan taktik marketing yang efektif, sip, jitu, mantap,
jempolan, paten, mak nyus, top markotop, jos gandos assolole...!!
Semoga trik cara sederhana ala Pak Toni ini mampu meningkatkan omzet penghasilan bengkel mobil Anda. Ceritakan kisah suka duka mengelola usaha jasa reparasi kendaraan Anda di kontak yang tersedia dan sertakan data terkait bisnis Anda untuk kami promosikan dalam bentuk artikel